5 Strategi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda – Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dijual.

Konsumen harus memiliki kepercayaan bahwa produk atau jasa yang dipilihnya mampu memberikan manfaat yang terbaik baginya.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Di saat Anda sebagai pemilik bisnis telah berhasil membangun kepercayaan dari konsumen, bisnis Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang kembali, termasuk rekomendasi secara gratis dari konsumen kepada orang-orang terdekatnya.

Konsumen akan secara sukarela mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual terhadap orang-orang disekitarnya karena mereka telah memiliki pengalaman yang baik dengan produk atau jasa dari Anda.

Baca Juga: Demi Memajukan Bisnis Online Anda, Coba 5 Jenis Aplikasi dan Layanan Ini

Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen akan bisnis Anda. Berikut adalah 5 strategi yang dapat Anda gunakan dalam memunculkan kepercayaan konsumen akan bisnis Anda:

5 Strategi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda

1. Komunikasi

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - komunikasi kontak

Komunikasi adalah hal terpenting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Alih-alih hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan dengan mereka.

Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, lalu tunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.

Baca Juga: Agar Lancar Mendapatkan Konsumen, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Jika Anda memiliki karyawan, ajari mereka cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Alih-alih menunggu layanan customer service, kembangkan keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan.

Pastikan Anda memberikan tanggapan yang cepat terhadap segala kritik dan saran dari pelanggan Anda, termasuk juga kepekaan yang wajib dimiliki demi memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

2. Buatlah Produk Ataupun Jasa Anda Melebihi Harapan dari Pelanggan

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - komunikasi

Pelanggan Anda mengharapkan produk atau jasa yang dibelinya dari Anda merupakan produk atau jasa terbaik baginya.

Singkatnya, jika Anda berhasil membuat pelanggan merasa senang dengan kualitas dari bisnis Anda, maka pelanggan akan kembali dan menggunakan produk atau jasa Anda secara terus menerus.

Baca Juga: Renaldy Philipus: Dari Hobi Jadi Bisnis dengan Penjualan Tinggi

Untuk membuat pelanggan yakin bahwa telah memilih produk atau jasa yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa hal ini, seperti; mengantarkan produk atau jasa lebih cepat dari yang diantisipasi, memberikan packaging yang bagus.

Bila Anda memberikan lebih awal dari yang diharapkan, pelanggan akan senang dengan pelayanan yang Anda berikan.

3. Mintalah Kritik dan Saran

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - feedback

Apakah pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda? Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan akan menunjukkan bahwa Anda peduli akan kebutuhan mereka.

Cobalah untuk melakukan survei singkat baik melalui online ataupun offline, mintalah kritik dan saran dari pelanggan akan produk atau jasa yang baru dibelinya dari Anda.

Baca Juga: Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online

Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka.

Semakin baik penawaran Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar peluang adanya peningkatan penjualan.

Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada dan tanggapi dengan segera. Termasuk apabila komentar yang diberikan merupakan komentar yang negatif.

Baca Juga: 5 Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui Agar Dapat Meningkatkan Penjualan

Melalui komentar inilah Anda dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat dalam bisnis.

4. Lakukan Komunikasi Dua Arah Dengan Pelanggan

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - komunikasi dua arah

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada lebih banyak cara untuk dapat memulai percakapan dengan pelanggan Anda dibandingkan sebelumnya.

Ada banyak medium online dan media sosial yang dapat Anda gunakan untuk dapat menjangkau pelanggan.

Tindakan komunikasi dua arah dengan pelanggan ini bertujuan untuk menumbuhkan hubungan diantara bisnis Anda dengan pelanggan.

 

Baca Juga: Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Pelanggan cenderung akan bersifat transparan dan lebih terbuka akan kekurangan dari produk Anda yang tidak ia suka.

Dengan metode ini, Anda akan selalu menjadi terdepan diantara competitor, karena dengan cepat Anda dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada tersebut.

5. Tunjukkan Apresiasi

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - apresiasi

Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan program loyalitas untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Brand Bisnis Anda Dengan Gratis Melalui Online

Dengan program loyalitas ini, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, maka pelanggan berhak mendapatkan hadiah. Misalnya, Anda bisa memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.

Juga berikan barang bermerek murah, seperti pulpen atau notes, atau bahkan barang mahal, seperti kaos, topi atau jaket dengan logo Anda di atasnya.

Ini adalah cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus menjaga bisnis Anda tetap menjadi pilihan utama bagi pelangggan.

Baca Juga: Pelajari Tips Ini Sebelum Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer

Nah, dengan melakukan kelima hal diatas maka Anda sudah berada satu langkah dari para kompetitor Anda. Tanpa harus melakukan usaha yang berlebih, disaat Anda telah berhasil membuat pelanggan percaya akan bisnis Anda, maka pelanggan akan selalu memilih Anda.

Selalu jadikan pelayanan pelanggan menjadi prioritas utama dari bisnis Anda. Salah satu hal penting dalam pelayanan termasuk akan ketersediannya barang yang ada, sehingga Anda dapat memberikan barang yang dipesan untuk sampai dengan cepat kepada pelanggan.

Baca Juga: 5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Namun, minimnya stok barang masih menjadi kendala bagi beberapa penjual online. Jika Anda merasa mengalami hal ini, dan merasa tidak memiliki biaya apabila harus melakukan stock dalam jumlah banyak, maka peer to peer lending dapat menjadi jawaban yang tepat.

Anda dapat mengajukan pinjaman dengan mudah kapan saja dan dimana saja  melalui platform online peer to peer lending dari KoinWorks yang mampu memberikan pinjaman hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam pembiayaan bisnis Anda bukan? Ajukan pinjaman Anda sekarang juga!


Ajukan Pinjaman


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?