5 Jenis Layanan dan Aplikasi Bisnis Online yang Cocok Untuk Mendukung Bisnis Online Anda – Dalam menjalankan bisnis online, akan sangat baik bila kita juga memanfaatkan aplikasi bisnis online dan layanan serupa lainnya dalam mempermudah kita mengoperasikan sekaligus mempermudah alur kerja kegiatan bisnis.

Selain itu, aplikasi dan layanan yang tepat akan membuat alur kerja bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Di jaman serba digital seperti ini, tidak susah untuk mencari sesuatu, baik berupa aplikasi maupun layanan, yang mampu mendukung bisnis online Anda.

Dari sekian banyak aplikasi dan layanan yang ada di luar sana, lima di antaranya kita bahas di artikel ini dan bagaimana ia mampu membantu Anda dalam mendongkrak penjualan bisnis online.

5 Jenis Layanan dan Aplikasi Bisnis Online yang Cocok Untuk Mendukung Bisnis Online Anda

1. Aplikasi Akuntansi/Finansial

catatan keuangan - rekening bank - koinworks - perencanaan keuangan

Arus kas keuangan bisnis yang sehat harus selalu dijaga. Untuk itu, Anda membutuhkan aplikasi akuntansi maupun finansial lainnya yang bisa membantu Anda memantau pengeluaran, laba, hingga membuat anggaran dan perencanaan keuangan.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda coba:

  • MoneyLover: aplikasi ini cukup ringan dan memiliki tampilan UI yang bagus. Pemakaiannya pun sangat mudah.
    Tersedia di Google Play, iOS App Store, dan Windows Store. Aplikasi serupa seperti
    Wallet by BudgetBakers dan Expensify pun bisa menjadi pilihan.
  • QuickBooks: dengan layanan akuntansi dan keuangan oleh QuickBooks, Anda bisa mengotomasikan beragam hal tanpa harus mengurusnya secara manual sehingga Anda bisa fokus ke hal-hal lain. Layanan serupa yang bisa Anda coba adalah Freshbooks.
  • Google Spreadsheet: alat gratis milik Google ini memungkinkan Anda untuk mencatat segala hal yang berkaitan dengan keuangan dalam tampilan yang minimalis dan tentunya familiar.
    Semua hal yang Anda lakukan di dalamnya akan secara otomatis tersimpan ke dalam akun Google Anda, jadi bisa diakses di mana pun.
    Alternatif yang bisa Anda gunakan yang pastinya sudah sangat akrab dengan Anda adalah Microsoft Excel.

2. Layanan Pembuatan Toko Online

Peluang Bisnis - aplikasi bisnis online

Sekarang ini, tidak butuh keahlian pemrograman untuk membuat toko online yang fungsional dengan tampilan yang memikat.

Ada layanan pembuatan toko online lokal yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan sebuah toko online yang tentunya bisa mendongkrak penjualan bisnis online Anda.

Baca Juga: Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online

Sirclo yang kini hadir sebagai layanan pembuatan toko online siap mendukung Anda untuk membuat toko online yang mudah dikelola dengan tampilan yang menarik.

Dengan beberapa langkah mudah saja, Anda sudah bisa memiliki toko online dan memajang berbagai produk Anda di dalamnya. Pun berikutnya, Anda siap menjajal pasar yang lebih luas sekaligus meningkatkan penjualan.

Buat Toko Online

3. Marketing dan Desain Grafis

membangun brand bisnis

Sebagus apapun produk yang Anda hasilkan dari bisnis online Anda tidak akan terdengar ‘gaungnya’ apabila Anda tidak aktif dalam melakukan pemasaran. Di dunia internet dikenal istilah online marketing.

Baca Juga: Perbesar Bisnis Online Anda dengan Memahami Konsep SEO

Karena pemasaran yang dilakukan sepenuhnya secara online, maka Anda perlu memiliki digital asset seperti konten video maupun konten visual grafis lainnya. Coba beberapa alat berikut untuk membuat digital asset:

Desain Grafis

  • Canva: layanan ini bisa digunakan secara gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat desain grafis untuk kepentingan posting media sosial maupun konten di website Anda.
  • PicMonkey: sama fungsinya seperti Canva, dengan tampilan dan penggunaan yang mudah tentunya akan memudahkan Anda untuk membuat postingan media sosial yang keren.

Media Sosial & Email Marketing

Bisnis online sekarang ini direkomendasikan untuk memiliki profil media sosial demi mencakup pasar yang lebih luas dan membangun relasi dengan pelanggan dengan baik, begitu juga dengan email marketing.

Oleh karena itu, gunakan aplikasi/layanan berikut untuk memudahkan Anda terhubung dengan mereka:

  • Hootsuite: dengan aplikasi ini, Anda bisa mengorganisir dan menjadwalkan postingan ke beragam media sosial Anda.
  • Buffer: sama seperti Hootsuite, Anda bisa menentukan jadwal setiap postingan ke beragam media sosial Anda dan Buffer akan memostingnya untuk Anda secara otomatis.
  • Mailchimp: kumpulkan email pelanggan Anda dan tetaplah terhubung dengan mereka lewat email marketing. Mailchimp akan membantu Anda memudahkan prosesnya.

4. Ide dan Perencanaan/Strategi

investasi terhadap diri sendiri - self development

Ada kalanya Anda mendapatkan ide saat sedang bepergian. Hanya saja, ide yang muncul secara spontan biasanya lebih cepat terlupakan. Anda mungkin akan merasa ribet bila mengantongi catatan kecil lengkap dengan penanya.

Baca Juga: Bagi Pemilik Bisnis Online, 5 Tips Ini Bisa Meningkatkan Penjualan

Oleh karena itu, gunakan aplikasi berikut untuk menyimpan ide Anda sekaligus untuk membuat perencanaan/strategi pengaplikasiannya sehingga bisa mendongkrak kemajuan bisnis Anda:

  • OneNote: aplikasi ini tersedia di Android, iOS, hingga PC, sehingga akan singkron satu dengan yang lain. Anda bisa dengan mudah mencatat ide dan menyusun strategi dengannya.
  • Evernote: sama seperti OneNote dan tersedia di beragam jenis perangkat. Tampilannya pun akan membuat Anda semakin semangat dalam membuat perencanaan bisnis.

5. Project Management

aplikasi bisnis online - project management

Ada kalanya Anda harus membagi tugas dengan karyawan atau rekan Anda dalam megembangkan sebuah bisnis karena memang tidak mungkin Anda bisa mengerjakan semuanya.

Baca Juga: 5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Agar seluruh proses dapat dipantau, gunakan aplikasi project management seperti Trello, Asana, hingga Wunderlist. Dengan menggunakan aplikasi project management, Anda bisa terus memantau pengaplikasian strategi bisnis Anda dan memantau pekerjaan karyawan Anda.

Nah, itulah 5 jenis aplikasi dan layanan yang cocok untuk mendukung bisnis online Anda. Aplikasi dan layanan tersebut tentu wajib Anda manfaatkan demi membuat seluruh kegiatan bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, dan Anda pun bisa fokus mengerjakan hal lain yang pastinya dapat meningkatkan penjualan hingga memajukan bisnis.

Setelahnya, Anda pun bisa mengajukan pinjaman modal usaha demi terus mengembangkan bisnis onlne Anda.


Ajukan Pinjaman



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?