Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Majukan Bisnis Online Kamu Dengan Aplikasi dan Layanan Ini

Majukan Bisnis Online Kamu Dengan Aplikasi dan Layanan Ini

·
5 menit
aplikasi bisnis online - koinworks - 2 Cara Memaksimalkan Proses Belajar Bahasa Secara Online

Dalam menjalankan bisnis online, akan sangat baik bila kita juga memanfaatkan aplikasi bisnis online dan layanan serupa lainnya dalam mempermudah kita mengoperasikan sekaligus mempermudah alur kerja kegiatan bisnis.

Selain itu, aplikasi dan layanan yang tepat akan membuat alur kerja bisnis kamu menjadi lebih efektif dan efisien.

Di jaman serba digital seperti ini, tidak susah untuk mencari sesuatu, baik berupa aplikasi maupun layanan, yang mampu mendukung bisnis online kamu.

Dari sekian banyak aplikasi dan layanan yang ada di luar sana, lima di antaranya kita bahas di artikel ini dan bagaimana ia mampu membantu kamu dalam mendongkrak penjualan bisnis online.


Aplikasi Akuntansi/Finansial

Arus kas keuangan bisnis yang sehat harus selalu dijaga.

Untuk itu, kamu membutuhkan aplikasi akuntansi maupun finansial lainnya yang bisa membantu kamu memantau pengeluaran, laba, hingga membuat anggaran dan perencanaan keuangan.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu coba:

MoneyLover

Aplikasi Moneylover ini cukup ringan dan memiliki tampilan UI yang bagus.

Pemakaiannya pun sangat mudah.

Tersedia di Play Store, dan iOS App Store.

Aplikasi serupa seperti Wallet by BudgetBakers dan Expensify pun bisa menjadi pilihan.

QuickBooks

Dengan layanan akuntansi dan keuangan oleh QuickBooks, kamu bisa mengotomasikan beragam hal tanpa harus mengurusnya secara manual sehingga kamu bisa fokus ke hal-hal lain.

Layanan serupa yang bisa kamu coba adalah Freshbook.

Google Spreadsheet

Alat gratis milik Google ini memungkinkan kamu untuk mencatat segala hal yang berkaitan dengan keuangan dalam tampilan yang minimalis dan tentunya familiar.

Semua hal yang kamu lakukan di dalamnya akan secara otomatis tersimpan ke dalam akun Google kamu, jadi bisa diakses di mana pun.

Alternatif yang bisa kamu gunakan yang pastinya sudah sangat akrab dengan kamu adalah Microsoft Excel.

Xero

Xero mungkin dikatakan sebagai salah satu aplikasi pembantu bisnis terbaik khususnya sangat unggul dalam bidang akunting bahkan Xero dapat digunakan oleh mereka yang tergolong sebagai akuntan awam atau pemula.

Aplikasi ini akan langsung menghubungkan kamu dengan bank sehingga mampu mempermudah para konsumen untuk melakukan pembayaran seperti menggunakan paypal.

Uniknya lagi, aplikasi ini juga dapat digunakan dalam penggajian karyawan, anggaran dan sebagainya yang berhubungan dengan keuangan.


Layanan Pembuatan Toko Online

Sekarang ini, tidak butuh keahlian pemrograman untuk membuat toko online yang fungsional dengan tampilan yang memikat.

Ada layanan pembuatan toko online lokal yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan sebuah toko online yang tentunya bisa mendongkrak penjualan bisnis online kamu.

Sirclo

Layanan pembuatan toko online Sirclo siap mendukung kamu untuk membuat toko online yang mudah dikelola dengan tampilan yang menarik.

Dengan beberapa langkah mudah saja, kamu sudah bisa memiliki toko online dan memajang berbagai produk kamu di dalamnya.

Pun berikutnya, kamu siap menjajal pasar yang lebih luas sekaligus meningkatkan penjualan.


Desain Grafis

Sebagus apapun produk yang kamu hasilkan dari bisnis online kamu tidak akan terdengar ‘gaungnya’ apabila kamu tidak aktif dalam melakukan pemasaran.

Di dunia internet dikenal istilah online marketing.

Karena pemasaran yang dilakukan sepenuhnya secara online, maka kamu perlu memiliki digital asset seperti konten video maupun konten visual grafis lainnya.

Coba beberapa alat berikut untuk membuat digital asset:

Canva

Layanan Canva ini bisa digunakan secara gratis yang memungkinkan kamu untuk membuat desain grafis untuk kepentingan posting media sosial maupun konten di website kamu.

PicMonkey

Sama fungsinya seperti Canva, dengan tampilan dan penggunaan yang mudah tentunya PicMonkey akan memudahkan kamu untuk membuat postingan media sosial yang keren.


Media Sosial & Email Marketing

Bisnis online sekarang ini direkomendasikan untuk memiliki profil media sosial demi mencakup pasar yang lebih luas dan membangun relasi baik dengan pelanggan, begitu juga dengan email marketing.

Oleh karena itu, gunakan aplikasi/layanan berikut untuk memudahkan kamu terhubung dengan mereka:

Hootsuite

Dengan aplikasi Hootsuite ini, kamu bisa mengorganisir dan menjadwalkan postingan ke beragam media sosial Kamu.

Buffer

Sama seperti Hootsuite, kamu bisa menentukan jadwal setiap postingan ke beragam media sosial kamu dan Buffer akan memostingnya untuk kamu secara otomatis.

Mailchimp

Kumpulkan email pelanggan kamu dan tetaplah terhubung dengan mereka lewat email marketing.

Mailchimp akan membantu Kamu memudahkan prosesnya.


Ide dan Perencanaan/Strategi

Ada kalanya kamu mendapatkan ide saat sedang bepergian.

Hanya saja, ide yang muncul secara spontan biasanya lebih cepat terlupakan.

Kamu mungkin akan merasa ribet bila mengantongi catatan kecil lengkap dengan penanya.

Oleh karena itu, gunakan aplikasi berikut untuk menyimpan ide kamu sekaligus untuk membuat perencanaan/strategi pengaplikasiannya sehingga bisa mendongkrak kemajuan bisnis kamu:

OneNote

Aplikasi OneNote ini tersedia di Android, iOS, hingga PC, sehingga akan singkron satu dengan yang lain sehingga amu bisa dengan mudah mencatat ide dan menyusun strategi dengannya.

Evernote

Sama seperti OneNote, Evernote juga tersedia di beragam jenis perangkat.

Tampilannya pun akan membuat kamu semakin semangat dalam membuat perencanaan bisnis.


Project Management

Ada kalanya kamu harus membagi tugas dengan karyawan atau rekan dalam mengembangkan sebuah bisnis karena memang tidak mungkin kamu bisa mengerjakan semuanya.

Agar seluruh proses dapat dipantau, kamu bisa gunakan aplikasi project management seperti:

Trello

Aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengatur berbagai proyek dalam satu tempat.

Melalui Trello, kamu bisa mengetahui bagaimana berjalannya sebuah proyek.

Bisa mengetahui siapa saja semua orang yang terlibat, apa saja yang sedang mereka kerjakan, siapa PIC nya, dan sudah sejauh mana dikerjakannya.

Asana

Aplikasi ini konsepnya sama seperti Trello, hanya saja desain dari Asana lebih modern.

Asana diciptakan oleh “alumni”  Facebook yaitu Dustin Moskovitz (co-founder Facebook) dan Justin Rosenstein (tech lead and engineering manager Facebook).

Tempo Al

Tempo Al merupakan salah satu aplikasi yang dapat disebut sebagai asisten pribadi dari ponsel pintar milik kamu.

Tempo Al berupa sebuah kalender digital yang akan bertindak sebagai reminder atau pengingat kamu sekaligus Tempo Al akan langsung berhubungan dengan email kamu.

Bila kamu memiliki acara tertentu di tanggal-tanggal tertentu pula, maka tempo akan langsung mengingatkannya untuk kamu setelah kamu mencatat kegiatan itu dalam kalender yang tersedia.

Namun bukan hanya mengingatkan event saja melainkan juga akan membantu kamu mengingat alamat, nomor telepon dan hal lain yang telah dicatat oleh kamu dalam Tempo.

Dengan menggunakan aplikasi project management, kamu bisa terus memantau pengaplikasian strategi bisnis kamu dan memantau pekerjaan karyawan kamu.


Aplikasi untuk Menata Feed Instagram

Banyak sekali sekarang toko online yang berjualan lewat instagram berlomba-lomba agar memiliki feed instagram yang bagus untuk menarik pembeli.

Agar tampilan katalog produk pada halaman instagram kamu terlihat lebih menarik, kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi ini untuk mengatur feed instagram:

Planoly

Dengan planoly kamu bisa rencanakan lebih dahulu foto atau gambar yang akan kamu posting, sehingga feed Instagram kamu akan menjadi lebih rapi dan terlihat profesional.

Kamu juga bisa membuat caption pada aplikasi Planoly sebelum mempostingnya ke Instagram.

Selain itu dengan memanfaatkan Planoly yang terhubung dengan beberapa medsos kamu, seperti Instagram, Pinterest, Facebook & Twitter, kamu bisa membalas komentar langsung dari aplikasi Planoly.

Plann

Hampir sama dengan fitur yang ditawarkan Planoly, Plann memiliki kelebihan dibandingkan Planoly, yaitu terhubung dengan Canva (aplikasi untuk membuat template posting Feed & Story Instagram).

Selain itu, Plann juga menyediakn fasilitas buat kamu untuk bisa mempelajari strategi posting dari para ahli Media Sosial.

Preview

Selain Instagram, buat kamu yang juga berjualan menggunakan Carousel, kamu bisa banget coba aplikasi Preview yang juga menyediakan fitur untuk mengatur feed Carousel kamu supaya lebih estetis.

Mirip dengan dua aplikasi di atas, Preview juga menyediakan fitur untuk mengedit filter foto / gambar kamu supaya katalog kamu punya pallete warna yang serupa.

Selain itu, Preview juga menyediakan template caption yang bisa kamu jadikan referensi saat kamu butuh ide.


Platform omnichannel

Kamu pernah dengar apa itu platform omnichannel?

Platform omnichannel adalah sebuah platform yang mengintegrasi semua bisnis e-commerce yang kamu miliki ke dalam satu situs saja.

Dengan aplikasi omnichannel kamu tidak perlu masuk satu-satu ke halaman e-commerce kamu.

Cukup dengan satu situs kamu bisa mendata barang, memasukkan deskripsi dan harga barang, serta memproses pesanan masuk.

Jubelio

Jubelio merupakan salah platform omnichannel yang saat ini sedang naik daun.

Jubelio bisa menghubungkan kamu ke beberapa aplikasi e-commerce, seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya.

Selain itu Jubelio juga mempunyai layanan POS (Point of Sale) atau layanan kasir modern yang bisa membantu proses penjualan offline kamu lebih mudah.

Genie

Genie juga merupakan salah satu platform omnichannel yang terintegrasi dengan beberapa e-commerce di Indonesia.

Salah satu fitur yang ditawarkan Genie selain manajemen barang, adalah fitur Manajemen Pelanggan.

Buat kamu yang mau menganalisa riwayat transaksi pelanggan setia toko kamu, mungkin kamu bisa mencoba Genie sebagai solusi omnichannel kamu.


Aplikasi untuk Modal Usaha

Dalam melakukan sebuah bisnis, tentu saja modal adalah hal yang penting.

Dengan adanya modal, seluruh kegiatan bisnis mulai dari produksi hingga operasinal bisa berjalan dengan baik.

Maka dari itu, kamu juga harus memiliki aplikasi yang memudahkan kamu dalam mengakses pinjaman modal usaha.

KoinWorks – Super Financial App

KoinWorks adalah super financial app, yang memberikan segala macam solusi keuangan mulai dari keuangan pribadi hingga bisnis.

Melalui produknya yaitu KoinBisnis, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan mudah hanya melalui aplikasi ponsel.

Seluruh proses dilakukan secara online.

Kamu bisa mendapatkan modal usaha mulai dari Rp5 juta hingga Rp2 miliar, dengan bunga rendah yaitu 0,75% per bulan.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Walter P.
Aktif juga di Seni Berpikir, A Rookie Traveler, GEN20, Payung Merah, dan De Quixote.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat