5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online

Hal-Hal Positif Lain yang Bisa Ditiru

5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online – Konten sejatinya menjadi salah satu faktor vital yang mampu meningkatkan brand awareness.

Konten sendiri memiliki berbagai macam bentuk, misalnya foto, gambar, tulisan, video, permainan, dan sebagainya. Konten tersebut pun bisa dipublikasikan di berbagai platform berbeda, seperti media sosial, yang mana perlu disesuaikan dengan tujuan masing-masing.

Nah, untuk mendalami soal konten yang tepat demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu brand, komunitas Online Seller Meetup mengadakan sebuah talkshow bertajuk “Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten yang Kreatif dan Inovatif” di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2018).

Materi pada acara ini dibawakan oleh Patrix Tenario (Creative Content Director, Connect Part of GroupM) serta diikuti dengan diskusi panel bersama Sintia Astarina (Creative Content Creator KoinWorks).

Lewat pembahasan yang dipaparkan, setidaknya ada 5 kunci penting membuat konten yang tepat untuk bisnis online. Berikut ini bocorannya.

5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online

Mulailah dengan membuat content plan Anda

konten marketing - content marketing - 5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online

Ketika ingin membuat sebuah konten, bayangkan di dalam kepala, kira-kira Anda ingin membuat konten yang seperti apa. Tentukan juga ada berapa banyak konten yang hendak Anda publikasikan dalam sebulan.

Jangan lupa untuk menganalisis konten Anda guna mengetahui apakah memang benar-benar bekerja. Lakukan evaluasi konten setidaknya tiga bulan sekali.


The Golden Rule: know your audience

Komunikator Hebat dan Luar Biasa Pasti Memiliki 5 Kualitas Berikut Ini

Langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten adalah ketahui siapa yang menjadi audiens Anda. Penting sekali untuk memosisikan diri Anda sebagai audiens sehingga Anda bisa mengetahui apakah konten yang dibuat memang cocok atau tidak


Terapkan prinsip ATM

membuat konten marketing sesuai tren

Yang dimaksud dengan prinsip ATM adalah Amati, Tiru, Modifikasi. Apabila Anda kehabisan ide, tidak tahu ingin membuat konten apa, atau bosan dengan konten yang itu-itu saja, jangan lupa untuk menerapkan prinsip ATM.

Yang perlu diperhatikan dalam hal ini, terutama dalam “Tiru” ialah bukan meniru ide seseorang sama persis. Yang perlu Anda tiru adalah dasar pemikirannya.

Bagaimana seorang content creator bisa membuat konten sekeren itu? Bagaimana mereka bisa menciptakan konten yang impactful, yang mampu mengundang banyak komen dan likes di media sosial?

Trial and error dalam pembuatan konten adalah hal yang lumrah. Yuk, cipatakan konten-konten yang memang tepat untuk bisnis online Anda.


Konsistensi adalah kunci

Pembuatan konten sebenarnya tidak hanya dapat berbentuk hard selling saja, tetapi soft selling juga. Nah, dalam menemukan konten yang tepat, konsistensi merupakan kunci penting yang perlu dilakukan.

Sebab, konsistensi akan membuat audiens mengenal produk bisnsi Anda dengan mudah. Di sisi lain, konsistensi juga akan memberikan ciri khas tersendiri untuk Anda.


Jangan takut pamer kekreativitasan Anda

menerapkan yang dipelajari cara belajar

Patrix Tenario berujar bahwa pada dasarnya, siapa saja adalah orang yang kreatif. Oleh karena itu, jangan takut untuk memamerkan kekreativitasan Anda, terutama dalam membuat konten.

Ingin membuat konten yang “gila” sekali pun, tidak masalah bukan? Siapa tahu, konten yang dibuat malah bukan cuma bisa meningkatkan brand awareness saja, melainkan meningkatkan penjualan.

Baca juga: 5 Keahlian yang Perlu Dimiliki Agar Bisnis Kuliner Anda Tidak Gulung Tikar

Nah, untuk membuat konten yang memang benar-benar tepat sasaran, terkadang pebisnis online butuh modal usaha lebih. Entah untuk membayar gaji pegawai yang akan membuat konten tersebut, membayar jasa yang dilakukan pihak creative agency, membayar ads di media sosial, dan sebagainya.

Jika Anda belum memiliki budget khusus untuk pembuatan konten, jangan ragu untuk mengajkan pinjaman modal usaha kepada KoinWorks. KoinWorks bisa menyediakan pinjaman modal usaha mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut, ya.

Ini saatnya bisins Anda dikenal masyarakat lebih luas lagi!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.