Fidget Spinner dan Teknik Viral Marketing – Sudah sangat familiar dengan mainan satu ini bukan? Ini adalah salah satu mainan yang saat ini sedang menjadi tren dikalangan masyarakat, yaitu fidget spinner.

Mainan yang awal mulanya beredar hanya di kalangan anak sekolah guna mengurangi kegugupan, saat ini turut disukai oleh orang dewasa.

Uniknya lagi, trend ini tidak hanya terjadi di Indonesia, akan tetapi terjadi di seluruh dunia. Lalu mengapa fidget spinner dapat menjadi begitu terkenal?

Kenali Lebih Dalam: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Jika menelusuri lebih dalam, tren dari fidget spinner ini disebabkan karena penyebaran informasi yang terjadi secara viral marketing melalui internet.

Anda dapat melihat bahwa fidget spinner memiliki lebih dari lima juta video di YouTube, dan 110 ribu pencarian per bulannya di mesin pencari Google. Dari angka diatas, maka tidak heran jika mainan ini menjadi sangat viral.

Mengapa Fidget Spinner Menjadi Viral?

Pastikan Anda menyadari bahwa perputaran informasi di zaman ini telah berbeda jika dibandingkan dengan zaman dahulu.

Kini pemasaran dan penyebaran informasi tidak lagi mengandalkan televisi atau media cetak, melainkan melalui media dengan jaringan internet, seperti portal berita online, sosial media, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Hal ini disebut dengan “24 hours news cycle”, di mana perputaran dan penyebaran informasi akan selalu berlangsung selama 24 jam penuh.

Semua konten yang dishare ke media sosial memberikan kontribusi pada siklus penyebaran informasi fidget spinner melalui online. Kondisi ini kemudian disebut sebagai viral marketing.

Namun, untuk bertahan viral, tidaklah cukup hanya mengandalkan pemberitaan mengenai fidget spinner. Dalam hal ini, dibutuhkan konten yang kreatif dan interaktif dalam berbagai macam bentuk misalnya seperti meme atau video.

Baca Juga: Ini Pentingnya Mengelola Arus Kas Bisnis Anda Dari Sekarang

Konten ini akan membuat masyarakat lebih menyadari kehadiran dari fidget spinner, secara tidak langsung membuat efek viral lebih besar. Aspek interaktif inilah yang kemudian menciptakan viral marketing dalam menciptakan suatu tren baru.

Proses Terciptanya Viral Marketing

Apa Itu Viral Marketing - memanfaatkan viral marketing untuk bisnis online

Viral Marketing

Tren yang viral hanya tercipta dengan cara:

  • Seseorang memiliki ide
  • Ide tersebut menimbulkan reaksi terhadap orang tersebut
  • Orang itu menyebarkan ide yang dimilikinya
  • Banyak orang mengetahui dan menerima ide itu
  • Setiap orang memiliki potensi untuk bereaksi dan membantu menyebarkan ide tersebut
  • Proses berulang kembali

Selama ide Anda mampu membuat orang bereaksi, maka ide tersebut akan terus tersebar sampai ada banyak orang yang turut ikut mempengaruhi orang lain.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengubah Engagement Konsumen Menjadi Purchasing Decision

Pada kasus fidget spinner, pengguna mainan ini melakukan berbagai jenis tindakan mempengaruhi orang lain dengan berfokus untuk menyampaikan informasi ini melalui beberapa cara, seperti:

  • Men-tag teman di postingan Facebook
  • Saling sharing di media sosial mengenai pengalaman menggunakan fidget spinner
  • Mendorong produsen dan penjual ikut aktif dalam penyebaran informasi
  • Menyebarkan meme sebagai bahan lelucon
  • Menciptakan pro & kontra dan mendorong orang-orang untuk berbagi pendapat yang berbeda
  • Membahas fidget spinner secara offline dan meneruskan tren ini dari mulut ke mulut

Cara Menciptakan Sesuatu Agar Viral

Ada dua pilihan dalam hal viral marketing, pilihan pertama adalah dengan membuat sebuah ide baru dan memakai cara di atas hingga berhasil menjadi viral.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan tren yang sedang ada dan mengambil peluang yang sudah tersedia. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda lakukan di tengah tren fidget spinner:

Mulai Menjual Produk Viral

Saat mulai suatu produk, keraguan mungkin akan muncul dalam benak Anda. Apakah produk ini akan viral dan bertahan lama sehingga akan banyak pembeli nantinya. Namun, selagi tren ini masih ada, pasti akan ada banyak permintaan terhadap produk ini.

Untuk produ fidget spinner, saat ini beberapa produsen bahkan mulai menambahkan kreatifitasnya lebih lagi dengan membuat inovasi baru. 

Baca Juga: 7 Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis dari Awal

Contohnya Anda akan dengan mudah menemukan fidget spinner dengan variasi menggunakan LED, bluetooth, ataupun fidget spinner dengan desain mewah yang harganya mencapai ratusan juta.

Di samping itu, Anda juga dapat menciptakan produk lain yang masih terkait, seperti kaos yang bergambarkan meme tentang fidget spinner untuk dapat meraih keuntungan dari trend yang sudah ada tersebut.

Mulai Menarik Perhatian Konsumen Offline

Di zaman yang serba online saat ini, membuat bisnis offline mungkin akan menjadi sulit. Namun toko offline ini akan menjadi pilihan yang baik untuk dilakukan saat viral marketing telah terjadi.

Pastikan Anda menampilkan konten menarik mengenai produk fidget spinner yang Anda jual (gambar atau video) beserta informasi harga atau promo.

Berkreasi Dengan Konten yang Berhubungan Dengan Tren Viral

Cara termudah untuk memanfaatkan tren viral yang ada adalah dengan mulai berkreasi dalam konten dan menjalankan viral marketing Anda sendiri.

Baca Juga: Bagaimanakah Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UKM di Indonesia Lebih Berkembang

Contohnya: Anda dapat membuat video YouTube berisikan review terhadap fidget spinner, atau konten lainnya mengenai fidget spinner.

Setiap konten kreatif yang dibuat berguna untuk memancing perhatian masyarakat lebih lagi. Perhatian dari masyarakat ini dikonversikan menjadi permintaan pasar.

Ciptakan Viral Marketing Untuk Pelanggan Baru

Salah satu strategi untuk bisnis online terbaik adalah dengan cara membuat pelanggan baru Anda dapat menghasilkan lebih banyak lagi pelanggan baru. Contoh paling umum yang dapat Anda temui untu hal ini adalah dengan metode promosi Uber. 

Baca Juga: Ketahui Lebih Dalam, Ini 5 Keuntungan P2P Lending yang Perlu Diketahui

Perusahaan ini menggunakan metode viral marketing dimana jika Anda mengajak pelanggan baru untuk turut menggunakan Uber, maka Anda beserta dengan pelanggan baru yang diajak akan mendapatkan potongan diskon.

Dapat dilihat bahwa teknik viral marketing ini sangat berhasil, dan mampu membuat banyak orang tertarik mencoba Uber.

Dalam hal ini, Anda harus mampu memikirkan strategi untuk mengefektifkan viral marketing untuk bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Nah, setelah membaca artikel di atas sekarang Anda sudah mengerti bukan bagaimana fidget spinner dapat menjadi trend dalam waktu cepat melalui teknik viral marketing.

Setiap metode yang digunakan dalam viral marketing ini tentunya sangat mungkin untuk diaplikasikan dalam bisnis online Anda. Atau di sisi lain, Anda juga dapat memanfaatkan tren untuk mendapatkan keuntungan yang besar.


Jangan Lupa Bahwa Mengadopsi dan Memanfaatkan Tren Baru Mungkin Membuat Anda Butuh Modal Bisnis Tambahan

Modal bisnis tambahan selalu berguna untuk meningkatkan kegiatan operasional penjualan, menerapkan strategi marketing, terutama untuk melakukan ekspansi bisnis, sehingga ada kalanya Anda harus menjaga arus kas yang ada saat ini dengan modal tambahan.

Bila Anda sudah siap memanfaatkan viral marketing untuk bisnis online Anda, mungkin modal bisnis tambahannya belum siap. Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman online lewat KoinWorks dengan akses yang mudah dan cepat, tanpa jaminan, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% – 1,67% per bulan.


Ajukan Pinjaman



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?