5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online – Almarhum Bob Sadino pernah mengatakan bahwa “Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, Anda tetap pegawai, namun sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bosnya.”

Setelah pernyataan tersebut menjadi viral, kemudian banyak orang berlomba-lomba membuat usahanya masing-masing. Tentunya, diikuti dengan perkembangan teknologi sehingga membuat pengusaha online tumbuh dengan drastis, Anda mungkin salah satunya.

Baca Juga: 7 Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis dari Awal

Sukses dengan langkah awal dalam membuat usaha online, kemudian Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara untuk dapat menumbuhkan bisnis ke tingkat berikutnya atau bahkan langkah untuk sekedar memulainya.

Apakah Anda merasa bingung bagaimana cara untuk memulai bisnis online Anda? Berikut adalah 5 pelajaran untuk membantu Anda mengembangkan bisnis online secara efektif:

5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Pelajaran # 1: Melakukan Riset Pasar

mengembangkan bisnis online - riset pasar

Jangan pernah memasuki zona perang kecuali Anda memiliki pengetahuan yang cukup. Anda perlu melakukan riset terhadap pasar untuk memahami apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh pasar dari produk Anda sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis online dengan lebih baik.

Hasil riset akan membantu Anda untuk memiliki ide yang cemerlang guna pengembangan produk. Anda juga harus teliti untuk harus melihat apakah pasar menginginkan produk Anda atau tidak.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengubah Engagement Konsumen Menjadi Purchasing Decision

Ada beberapa cara untuk mengetahui apa yang benar-benar diinginkan pelanggan dari produk Anda. Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah dengan melakukan survei pelanggan.

Melalui metode ini Anda akan menerima masukan dari para pengguna mengenai produk Anda, dan cara memperbaiki kekurangan tersebut.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Jika Anda menjual produk secara online, membaca ulasan produk di berbagai situs website adalah salah satu hal yang harus dilakukan sebagai pemilik bisnis.

Pelajaran # 2: Segmenkan Pasar Anda untuk Pertumbuhan

Mengembangkan Bisnis Online

Ekspansi bisnis lebih mudah dicapai saat Anda telah menentukan segmentasi pasar. Identifikasikan segmen konsumen yang dapat ditargetkan; Anda bisa mencari di Internet atau bahkan membandingkannya dengan kompetitor.

Baca Juga: Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda?

Berfokuslah pada pesaing utama Anda, analisa dengan jelas. Siapa yang mereka layani, apa yang mereka tawarkan, dan area apa saja yang kurang terlayani.

Ini akan membantu Anda menentukan segmentasi pasar secara spesifik, sehingga Anda dapat fokus pada segmen pasar tersebut dan mengembangkan bisnis dengan lebih baik.

Pelajaran # 3: Rencanakan Sekarang Juga!

menciptakan portofolio investasi

Untuk mengembangkan bisnis kecil Anda, Anda memerlukan banyak waktu dan uang. Maka, dalam rangka mengembangkan bisnis Anda secara efektif, Anda perlu membuat rencana yang matang.

Baca Juga: Bagaimanakah Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UKM di Indonesia Lebih Berkembang

Cari tahu apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu, dan kapan. Apakah Anda membutuhkan banyak sumber daya dalam pengembangan bisnis? Jika jawabannya ya, maka buatlah perencanaanya secara terperinci sekarang juga.

Hal ini akan memastikan bahwa Anda tidak hanya mengikuti jadwal ekspansi bisnis, tapi juga akan membuat Anda menghabiskan sumber daya yang akan ada secara bijak dan tepat.

Baca Juga: Cara Menghitung Berapa Banyak Pinjaman Modal yang Anda Butuhkan

Perencanaan yang matang akan membuat bisnis mampu berjalan lebih efektif. Disamping itu, pengaturan cash flow juga akan berjalan dengan terarah, dan tidak terbuang untuk pembiayaan yang sia-sia.

Pelajaran # 4: Jika Anda Membutuhkan Pinjaman Uang untuk Dapat Menumbuhkan Bisnis, Carilah Dukungan Pinjaman Tersebut

mengajukan pinjaman bisnis

Untuk semakin mengembangkan bisnis online, ada kalanya pinjaman modal usaha dibutuhkan. Sebelum Anda mengajukan pinjaman kepada beberapa lembaga keuangan untuk urusan pendanaan, Anda perlu memeriksa kondisi keuangan perusahaan Anda terlebih dahulu.

Baca Juga: Mau Nambah Penghasilan Selama Bulan Ramadhan dan Lebaran? Coba 5 Peluang Ini

Analisis situasi keuangan Anda dan lihat apakah Anda memiliki cukup dana internal untuk memulai perluasan bisnis. Jika tidak memiliki cukup dana untuk mengembangkan bisnis, maka Anda dapat mulai mencari pinjaman modal usaha kepada beberapa lembaga yang ada.

Saat ini, ada banyak cara untuk mendapatkan modal kerja – terutama untuk usaha kecil menengah. Bank bukan lagi satu-satunya penyedia pembiayaan UKM, Anda bisa mulai mengajukan pinjaman melalui P2P Lending.

Saat ini, KoinWorks sebagai salah satu platform lending yang ada dan sudah terdaftar di OJK, mampu memberikan pinjaman dengan bunga hanya 0,75% – 1,67%.

Baca Juga: Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Kecilnya bunga yang diberikan ini, tentunya akan sangat membantu khususnya bagi para pemilik UKM yang ada di Indonesia. Modal kerja yang diberikan juga mampu mencapai hingga Rp 500 juta.

Untuk urusan pencairan dana, juga akan berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan lembaga tradisional lainnya. Ditambah lagi, kemudahan syarat-syarat yang diberikan saat Anda mengajukan pinjaman, karena pinjaman P2P Lending tidak membutuhkan anggunan dalam pengajuannya.

Baca Juga: 3 Keadaan Dimana Pinjaman Bisnis Bisa Sangat Membantu Pebisnis Online

Semua hal yang ditawarkan ini tentunya mampu menjadikan P2P Lending sebagai alternatif terbaik bagi Anda yang membutuhkan pinjaman modal kerja bukan?

Pelajaran # 5: Bersabarlah!

Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Menumbuhkan usaha tentunya membutuhkan waktu. Meski sulit dalam memulai sebuah usaha karena kemungkinan Anda akan membuat beberapa kesalahan di sepanjang jalan, namun Anda harus tetap tekun dalam melakukannya.

Baca Juga:
– Agar Arus Kas Bisnis Tidak Terganggu, Berikut 5 Tips Mengelola Arus Kas Bisnis Anda
– 
5 Kesalahan Bisnis yang Harus Dihindari Para Pebisnis UKM
– Bagi Pemilik Bisnis Online, 5 Tips Ini Bisa Meningkatkan Penjualan
– 3 Tahapan Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis
– 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Perhatikan setiap detail kecil yang ada karena cepat atau lambat usaha Anda akan terbayar. Kuncinya, adalah mempersiapkan dan melakukan yang terbaik. Selamat berusaha!


Ajukan Pinjaman



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?