5 Keuntungan P2P Lending yang Perlu Diketahui – Sudahkah Anda tau apa itu pembiayaan peer-to-peer lendingPembiayaan peer-to-peer lending atau biasa disingkat dengan P2P Lending, saat ini sedang sangat ramai diperbincangkan baik dikalangan pebisnis maupun investor.

Pembiayaan jenis ini dianggap sebagai alternatif pilihan pendanaan yang berasal dari lembaga keuangan tradisional, terutama untuk UKM dan usaha kecil. Pembiayaan P2P Lending saat ini dipilih sebagai metode baru untuk mendapatkan modal, termasuk mampu memberikan keuntungan besar bagi usaha kecil.

Lalu, sebenarnya apa sajakah keuntungan dari model pembiayaan seperti ini? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pembiayaan P2P Lending:

5 Keuntungan P2P Lending yang Perlu Diketahui

1. Menyediakan Akses Mudah Terhadap Pinjaman

mengajukan pinjaman bisnis

Keuntungan P2P Lending pertama adalah memudahkan akses terhadap peminjaman. Alasan utama mengapa pembiayaan P2P Lending telah menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan modal adalah karena kemudahan proses aplikasi dalam pengajuan pinjaman, baik untuk modal usaha, pinjaman pendidikan hingga pinjaman kesehatan.

Baca Juga: 5 Cara Bagaimana Fintech Mampu Membantu Perkembangan UKM

Dengan pendanaan P2P Lending , bank dan pemodal ventura bukan lagi satu-satunya sumber modal dalam hal ini. Biasanya, setiap investor yang tergabung di dalam suatu platform P2P Lending akan diberi kebebasan untuk memilih sendiri jenis UKM yang akan dibantunya.

Setiap UKM akan cenderung memiliki tingkat resiko dan tingkat pengembalian yang berbeda untuk investor. Semakin besar resiko dari sebuah UKM yang dipilih, tentunya akan memberikan bunga pengembalian yang juga lebih besar.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Jika dari sisi peminjam, pembiayaan P2P Lending ini dianggap sangat sesuai untuk usaha kecil karena produknya tidak memerlukan aset atau jaminan. Kelayakan kredit yang diberikan sebagian besar dinilai melalui data kesehatan sebuah bisnis dan keuangan dari bisnis tersebut.

2. Sebagai Salah Satu Alat Pemasaran Untuk Membantu Bisnis Anda

kesalahan bisnis yang harus dihindari - pelaku bisnis ukm koinworks

Ini adalah keuntungan yang lebih sesuai dengan P2P Lending. Pembiayaan jenis ini adalah cara terbaik untuk mengenalkan produk baru atau bisnis Anda ke pasar melalui platform berbasis online.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Ini adalah cara yang mudah dan gratis untuk menjangkau berbagai saluran untuk menyebarkan kampanye Anda, terutama karena banyak platform P2P Lending terintegrasi dengan mekanisme media sosial sehingga akan lebih mudah menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda dan halaman media sosial lainnya.

P2P Lending dapat membantu pengusaha mendapatkan kunjungan organik dari target pasar, termasuk juga untuk menarik investor potensial.

3. Quick Funding

menabung

Keuntungan P2P Lending yang perlu diketahui selanjutnya adalah bahwa pembiayaan P2P Lending akan memudahkan Anda selama melewati proses pengisian aplikasi. Tidak akan ada proses panjang yang merepotkan, dari awal Anda mengajukan hingga cairnya pembiayaan yang diberikan.

Umumnya, jika Anda mengajukan pembiayaan kepada bank, akan diperlukan waktu berbulan-bulan sebelum dana yang disetujui dapat dicairkan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Sebaliknya, pembiayaan P2P Lending dapat memenuhi pinjaman dalam hitungan hari, bahkan berjam-jam asalkan ada cukup banyak pelaku bisnis, dan investor yang berminat.

4. Diversifikasi Investasi

Diversifikasi Portofolio Investasi - diversifikasi investasi p2p lending - koinworks

Pembiayaan P2P Lending saat ini tidak hanya mampu menarik perhatian para pemilik bisnis, namun juga perhatian para investor. Dengan P2P Lending, sebagian besar investor akan mendapatkan tawaran berupa sebuah instrumen investasi.

Dengan membiayai usaha kecil yang berkualitas, investor bisa mendapatkan pengembalian investasi yang tinggi dalam periodik tertentu yang telah ditetapkan. Di samping itu, keuntungan tambahan seperti hambatan masuk yang rendah dan fleksibilitas juga akan menjadi sangat menarik bagi para investor.

Pada platform pembiayaan P2P Lending, investor bebas memilih perusahaan dan bisnis mana yang akan diinvestasikan dan berapa banyak yang ingin mereka investasikan. Jenis investasi ini akan menyebarkan risiko yang ada kepada banyak investor, dimana akan sangat bagus untuk menjadi pembelajaran bagi para investor awal tentang pentingnya diversifikasi.

Baca Juga: Begini Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks

Dengan P2P Lending, investor bisa dengan mudah memperluas portofolio investasinya dengan menyebarkan atau mendistribusikan dananya ke berbagai peminjam. Hal tersebut pun mengurangi risiko kerugian apabila terjadi gagal bayar pada peminjam yang diinvestasikan.

5. Membantu Pertumbuhan UKM di Indonesia

jumlah pengusaha di indonesia meningkat

Terlepas dari semua manfaat yang ada baik dari sisi investor maupun peminjam modal, pembiayaan peer-to-peer lending ini tentunya menjadi salah satu instrumen pembantu dalam penyokong pertumbuhan UKM di Indonesia.

Sebagai investor, Anda akan membantu para pelaku bisnis kecil maupun menengah untuk dapat mengembangkan bisnisnya melalui pembiayaan yang diberikan. Semakin besar Anda memulai investasi Anda melalui ­peer-to-peer lending, maka semakin banyak juga UKM yang akan terbantu.

Baca Juga: Bagaimana P2P Fintech Lending Mampu Memberdayakan Masyarakat?

Jadi, selain mendapatkan keuntungan dari segi bunga investasi, Anda juga secara tidak langsung akan menjadi seorang warga negara yang turut berperan dalam pembangunan perekonomian negara melalui pertumbuhan UKM yang ada.

Nah, sekarang sudah tau bukan manfaat dari Di atas adalah manfaat pendanaan P2P Lending yang harus Anda ketahui sebelum Anda mulai untuk mencoba pembiayaan jenis ini.

Klik disini jika anda tertarik untuk mengajukan pembiayaan usaha atau disini jika anda tertarik untuk berinvestasi!

Baik Anda sebagai calon peminjam yang ingin mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah dengan proses yang mudah dan biaya yang terjangkau atau Anda yang ingin mendanai kebutuhan peminjam sekaligus mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan, daftar sekarang di KoinWorks.


Daftar Sekarang


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.