9 Praktik Yang Dapat Dilakukan untuk Mengembangkan Bisnis

·
4 menit
Praktik untuk Mengembangkan Bisnis

Apakah kamu sedang menjalankan sebuah bisnis? menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah.

Untuk meningkatkan dan mengembangkan sebuah perusahaan adalah tugas dari seluruh anggota perusahaan.

Sehingga, dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang dan strategi yang jitu. Seperti dalam kondisi yang tidak menentu seperti ini. Terkadang perusahaan mengalami penurunan dalam hal pemasaran.

Ketidakstabilan ini bisa menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi perusahaan. Bahkan, kerugian pun tidak bisa dihindari.

Perusahaan dalam situasi sulit harus berani mengambil keputusan untuk tetep mengembangkan bisnis.

Dengan begitu, kelangsungan perusahaan akan tetap terjamin. Untuk itu, sebaiknya kamu memiliki praktik yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis.

Sehingga, kamu akan lebih siap menghadapi situasi seperti apapun. Berikut adalah praktik yang bisa kamu lakukan untuk tetap mengembangkan bisnis.

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Ketika perusahaan dikatakan sudah berjalan maka Langkah berikutnya membuat perusahaan kamu semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Salah satunya dengan meningkatkan dan memperluas jangkauan pasar. Dengan begitu, bisa memperbesar bisnis yang dijalankan.

Permintaan semakin meningkat, jumlah produksi semakin meningkat dan tenaga produksi juga semakin meningkat.

Untuk itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Seperti menambah layanan baru dalam penjualan.

Sebaiknya kamu memberikan pelayanan yang memudahkan konsumen dan bisa di jangkau dimanapun.

Seperti memanfaatkan media online yang saat ini digemari oleh masyarakat. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah memperluas pangsa pasar.

Sebelum kamu melakukan perluasan pangsa pasar, sebaiknya kamu melakukan segmentasi pasar untuk mengidentifikasi segmen konsumen yang membeli paling banyak. Berikut adalah Langkah-langkah strategi penerapan pemasaran yang bisa kamu ikuti.

  • Segmentasi pasar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya segmentasi pasar juga memiliki peran penting dalam perluasan jangkauan pasar.

Segmentasi pasar merupakan Tindakan mengelompokkan pembeli berdasarkan kebutuhan dan karakteristik konsumen. Karena, mereka pasti memerlukan produk yang berbeda-beda.

  • Menetapkan target pasar

Praktik yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis tidak lepas dari penetapan sasaran pasar.

Selanjutnya kamu bisa merancang strategi untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan yang tepat. Segmen pasar bisa sangat bermacam-macam. Mulai dari umur konsumen, kondisi konsumen maupun status sosial konsumen.

Perusahaan yang sudah besar biasanya akan menawarkan berbagai macam produk yang lengkap. Namun, ada juga perusahaan yang memfokuskan satu segmen pasar. Jika sudah berhasil, baru mereka akan menambah pangsa pasar baru.

  • Diferensiasi dan posisi pasar

Posisi produk harus mengembangkan kondisi pasar yang unik untuk sebuah produk. Selanjutnya, kamu perlu memikirkan bagaimana diferensiasi penawaran untuk setiap segmen pasar.

Bila sebuah produk sangat dibutuhkan oleh konsumen yang dituju maka tidak ada alasan konsumen menolak untuk membeli produk tersebut.

2. Mempertahankan Pelanggan Lama

Mempertahankan pelanggan lama memang sangat penting. Di sini kamu akan mendapatkan kepercayaan seutuhnya oleh konsumen.

Karena, pada dasarnya lebih mudah membuat pelanggan lama untuk mencoba produk baru kamu dari pada harus mencari pelanggan baru.

Namun, mencari pelanggan baru juga perlu dilakukan oleh perusahaan. Hal ini bisa lebih mengembangkan perusahaan kamu dalam hal pemasaran.

Semakin banyak pelanggan yang kamu dapat maka akan semakin berkembang perusahaan yang kamu jalankan.

3. Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Setiap perusahaan akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk kenyamanan konsumen. Karena, pelanggan adalah aset pemasukan perusahaan.

Seperti memberikan perlakukan yang baik saat menawarkan produk maupun setelah membeli produk.

Selain itu, berikan solusi terbaik jika pelanggan kamu mengalami masalah. Selesaikan secara baik-baik untuk tetap menjaga nama baik perusahaan.

Dengan begitu, konsumen kamu akan selalu berpikir positif kepada perusahaan . Di sini kamu perlu melatih para karyawan dalam melayani pelanggan dengan baik.

4. Menciptakan Inovasi Baru dalam Produk

Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan pun akan semakin berubah. Kamu harus berusaha beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

Jangan sampai kamu malah menciptakan produk yang sama sekali tidak dibutuhkan. Jadi, sebaiknya kamu menciptakan inovasi baru dalam produk.

Kamu bisa membuat perubahan yang lebih modern dari produk yang kamu ciptakan. Sehingga, produk kamu akan tetap eksis di pasaran.

5. Meminta Pelanggan untuk Merekomendasikan Usaha Kamu

Meminta konsumen merekomendasikan produk yang kamu jual sangat lah penting. Ini bisa menjadi praktik yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis kamu.

Karena, kamu akan mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dari sebuah produk. Dengan begitu, kamu dapat terus mempertahankan kualitas produk atau membuat perubahan bila dirasa produk ada kekurangan.

Selain produk, kamu juga bisa meminta rekomendasi dari pelayanan yang diberikan. Apakah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kamu membuat nyaman pelanggan atau tidak.

6. Mengikuti Pameran Kewirausahaan

Pemeran kewirausahaan yang biasanya diadakan setiap tahun atau bulan kamu bisa ikuti dan turut berpartisipasi.

Karena, ini menjadi salah satu cara memperkenalkan bisnis kamu kepada masyarakat luas. Umumnya acara tersebut akan dihadiri oleh ribuan orang dan liputan media nasional.

Selain itu, pemeran kewirausahaan juga memberikan kesempatan untuk kamu bergabung dengan perusahaan lain dan bekerja sama dengan calon investor.

Mungkin diantara mereka ada yang tertarik untuk bergabung dalam mengembangkan bisnis kamu.

Untuk memulainya kamu bisa bergabung dengan komunitas lokal setempat. Misalnya pemberdayaan usaha yang dikelola oleh pemerintah.

Jika, usaha kamu berpotensi dan bisa menyejahterakan masyarakat sekitar maka tidak mungkin usaha kamu tidak akan di dukung.

7. Mengelola Keuangan dengan Benar

Mengembangkan usaha bukanlah perkara yang mudah. Semua membutuhkan proses yang tidak singkat.

Untuk itu, pastikan kamu dapat mengelola keuangan perusahaan dengan benar. Olahlah pendapatan, piutang dan biaya produksi dengan baik. Dengan begitu, proses keluar masuk keuangan perusahaan kamu akan lancar setiap bulanya.

8. Memperkerjakan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Perusahaan tidak hanya berfokus pada produk yang ditawarkan. Di sisi lain perusahaan juga perlu memperhatikan dan memilih sumber daya manusia yang berkualitas.

Perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang memiliki kinerja yang baik untuk membantu mengembangkan sebuah perusahaan. Bahkan bisa dibilang karyawan adalah aset sebuah perusahaan.

Agar kualitas karyawan tetap bertahan dan berkembang, dibutuhkan peran pemimpin perusahaan. Pemimpin perusahaan yang baik akan terus memberikan motivasi penyemangat untuk karyawan.

9. Melakukan Riset terhadap Kompetitor

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor. Praktik yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis selanjutnya adalah melakukan riset terhadap pesaing atau kompetitor. Dalam strategi digital marketing riset kompetitor akan membantu perusahaan menganalisis jenis bisnis apa yang tengah dijalankan ataupun memilih strategi yang cocok untuk melakukan pemasaran.

Adapun manfaat melakukan riset terhadap kompetitor adalah sebagai berikut:

  • Menguatkan brand positioning

Dengan ini kamu akan mengetahui alasan kenapa konsumen memilih produk tersebut. Kamu bisa menemukan celah untuk menonjolkan produk kamu

  • Mencermati trend

Temukan brand yang tengah naik daun dari kompetitor dan bagaimana produk tersebut bisa populer

  • Melihat referensi konsumen

Melihat komentar konsumen dari produk kompetitor, akan membuat inspirasi untuk kamu menciptakan produk yang lebih unggul.

Mengembangkan bisnis dengan mengimplementasikan beberapa praktik di atas mungkin akan membutuhkan pendanaan, kamu hanya perlu memanfaatkan pinjaman usaha dari KoinWorks saja.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih