7 Tips Membuat Bisnis Sepatu Berkualitas yang Disukai Konsumen

cara membuat kualitas sepatu yang disukai konsumen

Menjadi seorang pengusaha bukanlah hal mudah, lho!

Pengusaha dapat mengembangkan produknya dengan cara memiliki sifat-sifat baik seperti menjadi inovatif dan mengikuti tren.

Tren tidak pernah berhenti, bahkan setiap tahun pun memiliki tren sendiri-sendiri.

Ketika seorang pebisnis bergerak dan mau berinovasi dalam produk sepatu yang mereka miliki, maka produk mereka akan selalu berevolusi dengan berbagai macam model dan gaya.


Tips Kualitas Produk Sepatu Disukai Konsumen

Nah, apakah kamu termasuk dalam pebisnis yang ingin produkmu semakin dikenal karena kualitasnya? Yuk simak tips kualitas produk sepatumu meningkat dan semakin disukai oleh konsumen di bawah ini.

1. Tingkatkan Kualitas Produk Sepatumu

Tips kualitas produk sepatu pertama agar semakin disukai konsumen adalah dengan meningkatkan kualitas produk sepatumu. Ketika sebuah produk memiliki masa ketahanan yang kuat dan lebih lama, maka konsumen akan tertarik untuk membeli.

Terutama sepatu adalah barang yang kita gunakan setiap hari, dalam banyak acara lebih banyak orang yang memilih untuk menggunakan sepatu. 

Dalam hal ini, sepatu memiliki kelebihan lebih seperti dapat melindungi kaki dari panas dan debu serta polusi. Jadi, meningkatkan ketahanan umur produk sepatumu harus melalui pertimbangan yang matang. 

Ketika ingin meningkatkan kualitas, kamu juga harus memperhatikan harga yang akan kamu tawarkan. Ketika kualitas sebuah produk baik, maka konsumen pun tidak akan goyah dengan penawaran harga yang kamu berikan.

Pastikan harga yang kamu tawarkan tidak berbanding terbalik dengan kualitas yang kamu berikan, ya!

2. Utamakan Kenyamanan

Ketika akan membeli sepatu, konsumen akan memastikan beberapa hal. Walaupun model memang menjadi salah satu faktor, namun konsumen juga akan mengecek seberapa nyaman sepatu itu apabila ia gunakan.

Arti dari kata nyaman adalah suatu keadaan ketika memakai produk tidak merepotkan si konsumen. 

Tidak hanya dari tekstur sepatu, model, namun juga kemudahan dalam membersihkan dan membenarkan apabila ada kerusakan.

Beberapa kerusakan tidak mudah untuk dibenarkan, hal tersebut membuat si konsumen merasa malas dan tidak akan menggunakan sepatu itu lagi.

Kebencian akan suatu produk dapat membuat konsumen berhenti membeli brand yang sama, lho. 

Pastikan kamu memilih bahan terbaik untuk sepatumu, dan jangan lupa pastikan bahwa kenyamanan dan kepuasan konsumen adalah prioritas. Ketika produkmu memberikan kenyamanan, konsumen pun akan berbondong-bondong membeli produkmu, lho!

3. Inovatif dalam Menciptakan Produk

Ketiga, tips agar kualitas produk sepatu disukai konsumen adalah memiliki sifat inovatif. Ketika pebisnis memiliki sifat ini, maka akan ada banyak produk baru yang dapat kamu buat dan kamu rilis ke konsumen. 

Menjadi trendi adalah salah satu sifat yang wajib kamu miliki sebab konsumen selalu menyukai hal-hal yang baru. Dari model yang baru, desain baru, dan lain sebagainya. 

Sebelum menyiapkan desain dan model yang baru, kamu juga harus memperhatikan target pasarmu, lho.

Sebab setiap target pasar akan memiliki selera model dan desain yang berbeda. Apabila target pasarmu anak muda, kamu boleh membuat model dan desain terbaru menurut tren yang anak muda sukai. 

Namun apabila target pasarmu adalah para pekerja kantor, pastikan juga model dan desain terbarumu cocok mereka gunakan ketika harus selalu mondar-mandir di kantor.

Jadi, tetap ikuti tren terbaru agar bisa membuat model dan desain terbaik, ya!  

4. Melengkapi Produkmu dengan Brosur Cara Merawat Sepatu

Salah satu hal yang pengusaha sepatu sering lupakan adalah tidak memberikan bimbingan cara merawat sepatu kepada konsumen.

Sejatinya brosur atau informasi singkat tentang cara merawat sepatu yang baik dan benar akan sangat bermanfaat bagi para konsumen.

Terutama apabila bahan sepatu tersebut dari kulit atau bahan lain yang butuh perawatan ekstra. 

Tidak banyak konsumen yang tahu bagaimana cara merawat sepatu dengan benar, sedangkan mereka ingin sepatu mereka awet dan tahan lama.

Memberikan sebuah brosur yang berisi informasi singkat tentang cara merawat sepatu yang baik akan sangat membantu bahkan meningkatkan kualitas produkmu, lho. 

5. Lakukanlah Kolaborasi dengan Partner yang Menjanjikan

Setiap orang memiliki idola atau orang yang mereka jadikan panutan. Di zaman yang semakin modern ini, influencer atau tokoh public figure  memiliki pengaruh tersendiri, lho.

Banyak brand yang melakukan kolaborasi dengan influencer atau public figure sebab pengaruh mereka yang luar biasa. 

Apabila kamu ingin melakukannya, pilihlah seorang influencer atau public figure yang memiliki ketertarikan dalam sepatu.

Pastikan yang kamu pilih memiliki pengaruh yang baik ya. Karena dengan testimoni dari influencer atau public figure yang baik, tanpa sadar kualitas produkmu juga akan meningkat.

Yuk berkolaborasi, kamu untung, partnermu pun untung!

6. Gunakan Prinsip #SaveTheEarth

Di masa pemanasan global ini, adalah kewajiban bagi kita untuk merawat bumi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk yang tidak mencemari lingkungan.

Begitu pula dengan produk sepatu buatanmu, kamu harus memastikan bahan dan alat yang kamu gunakan untuk memproduksinya ramah lingkungan. 

Pastikan selama proses produksi kamu tidak mencemari lingkungan, ya.

Gunakan bahan terbaik dan lakukan proses produksi yang ramah lingkungan.

Sebab, konsumen saat ini juga memperhatikan bagaimana popularitas dan background dari brand yang akan mereka konsumsi, lho. Yuk ramaikan kampanye #SaveTheEarth versimu! 

7. Lakukan Branding untuk Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Memiliki reputasi yang baik adalah impian setiap pengusaha. Namun tidak semua pengusaha memiliki reputasi yang baik, lho.

Kamu harus memperhatikan setiap pergerakan dari memilih bahan, proses produksi, proses pemasaran hingga proses penjualan.

Salah satu cara yang dapat meningkatkan reputasi kualitas produk sepatu adalah melakukan branding terhadap produkmu. 

Branding dapat dilakukan dengan cara memberikan pengaruh yang baik. Salah satunya dengan memperbaiki feed sosial media dan website yang dimana kamu menjual produk sepatumu.

Tidak perlu banyak gimmick, berikan reaksi terbaik dengan ikhlas dan jujur maka banyak yang akan percaya dengan produkmu. 

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah melaksanakan lomba atau memberikan giveaway bagi mereka yang sudah setia menggunakan produk sepatumu.

Lomba yang dapat kamu laksanakan bisa seperti lomba mendesain sepatu, lomba membuat konten yang berhubungan dengan sepatu, atau lomba memberikan testimoni terbaik untuk produk sepatumu. 

Manfaatkan sosial media dengan baik karena ia dapat membuat reputasi brandmu semakin baik dan masyarakat luas pun akan semakin mengenal produkmu.

Dengan cara itu maka kualitas produk sepatumu akan semakin disukai oleh konsumen. 


Siap Meningkatkan Kualitas Produk Sepatumu Sekarang Juga?

Tips sudah kamu kantongi, langkah selanjutnya adalah melakukan tips tersebut. Jangan lupa untuk menjadi konsisten ya!

Karena dengan konsisten dan inovasilah produkmu akan terus berkembang dan dapat disukai konsumen. Semoga berhasil!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Friska

Friska

Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.