Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Cara Riset Model Tas yang Akan Tren agar Produk Laku di Pasaran

Cara Riset Model Tas yang Akan Tren agar Produk Laku di Pasaran

·
5 menit
cara riset bisnis tas sesuai tren

Para pengusaha yang rutin melakukan riset model produk dagangan seperti tas atau sepatu, misalnya, merupakan salah satu bantuan besar bagi negara kita.

Agar pergerakan status ekonomi kita semakin meningkat, dengan harapan, yang dari negara berkembang menjadi negara maju.

Kita selaku pengusaha, menjadi salah satu roda penggerak pembangunan bangsa ini, agar ekonomi Indonesia bergerak bangkit.

Salah satu yang begitu populer saat ini adalah bisnis retail yang bergerak di bidang fashion. Riset penjualan mulai dari berbagai model baju, sepatu, topi hingga model tas juga.

Salah satu yang cukup ramai di kalangan para fashionista adalah tas. Selain sebagai tempat menyimpan barang, tas memiliki peran yang cukup penting untuk menyokong penampilan kamu agar lebih trendy

Lalu, apa dan bagaimana cara riset jenis dan model tas seperti yang bisa membuat bisnis kamu semakin berkembang pesat? Simak penjelasan berikut.


Perkembangan Riset Bisnis Berbagai Model Tas di Indonesia

Sepertinya apabila kita sering melihat berbagai produk penjualan tas di berbagai toko ataupun platform sosial media, menjual produk berupa tas terlihat mudah untuk melakukannya. 

Padahal, kita sebagai pengusaha wajib mengetahui strategi usaha untuk menjual tas agar bisnis yang kita kelola bisa berjalan lancar dan berkembang dengan pesat.

Setiap pebisnis tas memiliki strategi untuk pemasarannya sendiri.

Sesuaikan dengan visi dan misi agar bisnis fokus pada bisnis tas yang sesuai dengan ciri khas bisnis kamu. Sehingga, konsumen yaitu masyarakat lebih cepat menerima produk dari dagangan tas kamu.

Misalkan, kamu fokus untuk menjual tas kulit maka fokuskan riset  jual jenis model tas yang ada di toko kamu dengan tas kulit. Kamu bisa membuatnya variatif dari segi range harga, misalnya.

Jadi, kamu juga harus menentukan sasaran pembeli produk tas yang akan kamu jual.

Ketika nantinya kamu memilih untuk bekerjasama dengan vendor, cari vendor tas yang sesuai dengan ciri khas toko tas kamu.

Sehingga kamu tidak kehilangan konsumen yang sudah menjadi pelanggan di bisnis toko tas mu. Bahkan, bisa menambah pelanggan baru yang nantinya, bakal menambah keuntungan bagi bisnismu.


Cara Riset Produk Model Tas yang Akan Laku di Pasaran

Penggiat bisnis bebas melakukan strategi jitu dan ampuhnya untuk memajukan bisnisnya agar tidak kalah dalam persaingan bisnis yang serupa.

Banyak pebisnis tas yang tersebar di seluruh Nusantara dengan ciri khasnya masing-masing.

Berikut, cara  riset yang perlu kamu ketahui selaku penggiat bisnis agar produk model tas kamu tetap sesuai tren dan laku dipasaran, di antaranya:

1. Menguasai Target Konsumen dan Selera Pasar

Strategi riset sebagai pengusaha berbagai model tas akan termasuk berhasil apabila sebagai pengusaha kamu mampu mengetahui dengan cepat dan aktual bagaimana kondisi dan selera pasar saat ini.

Jika sasaran semakin spesifik maka semakin besar pula peluang untuk sukses.

Sebagaimana penjelasan singkat di atas tadi, riset segala selera dari berbagai model tas akan menentukan sasaran dari pembeli. Mulai dari umur, gender dan harga.

Apabila kamu sudah menentukan sasaran pembeli yang akan kamu tuju, maka kamu tinggal meriset apa saja model dan jenis tas yang mereka suka, berapa rentang harga yang paling banyak peminatnya, apakah sesuai model tas dengan harga yang tertera. 

Terlihat rumit di awal namun apabila hal seperti ini sudah mulai jalan dengan baik dan rutin akan memudahkan perjalanan bisnis retail tas kamu ke depannya.

2. Aktif Memanfaatkan Media Sosial

Di zaman serba digital, media sosial merupakan senjata yang sangat ampuh untuk menjadi media pemasaran bagi pengusaha. Sebab, sebagian besar masyarakat, sangat aktif menggunakan media sosial dengan berbagai platform.

Dan para penggunanya pun bisa sangat beragam, dari berbagai jenis lapisan masyarakat.

Luasnya pengguna sosial media, menjadikan jalan terang bagi para pengusaha untuk meramaikan usaha jual tas.

Kamu bisa mendapatkan berbagai pelanggan hingga ke seluruh negeri, bahkan bisa menyentuh pembeli hingga ke luar negara.

Selain mempermudah jalannya promosi dalam bisnis tas, dengan tetap memperhatikan estetika penjualan dan promosi yang baik jika berjualan secara online, kamu sebagai pengusaha bisa melihat perkembangan pasaran tas yang saat ini sedang tren dan ramai di kalangan konsumen.

Misalnya, apabila ingin menjual tas yang terlihat cukup khas dan berbeda dengan toko lain, berikan hasil foto atau video yang terbaik. Buat pelanggan yakin, kalau foto yang kamu upload memang benar-benar identik dengan barang aslinya. 

Buat hasil jepretanmu menarik dan berbeda agar bisa memenuhi riset dari daya saing dengan pengusaha model tas lainnya.

Melalui postingan produk tas yang kamu upload di toko kamu melalui media sosial, kamu akan melihat reaksi masyarakat, antara satu model tas dengan  model tas yang lain. 

Kamu bisa membuka kolom komentar untuk melihat respon bahkan saran dari customer di toko kamu.

Selain itu, apabila pelanggan melihat upload foto dan video tas dari toko kamu, mereka langsung notice kalau memang itu produk usahamu dan tertarik untuk kembali membeli produk tas mu yang lain. 

Melalui video yang akan kamu jadikan konten, tinjau ulang dengan melihat sasaran dari calon pembeli dari produk tas yang akan menjadi produk dagang kamu.

Ini bisa menjadi salah satu riset untuk konten marketing untuk menambah antusiasme calon pembeli. 

Kamu bisa juga mencari referensi tambahan dengan melihat video fashion desain dari para pengrajin tas dan juga desainer tas baik itu yang terkemuka dengan level nasional atau internasional hingga ke level UMKM

Ini bisa menjadi pembanding bagi hasil dari produk dagang tas kamu, untuk mengurangi resiko kerugian karena kurangnya minat beli konsumen.

Riset ini juga bisa menjadi pijakan dengan harapan toko kamu menjadi influencer bagi kompetitor sehingga meminimalisir ketakutan untuk tertinggal update mengenai selera pasar. 

3. Manfaatkan Jasa Influencer untuk Promosi 

Salah satu cara lain lainnya untuk riset model tas yang sekiranya bakal laku di pasaran adalah dengan menggunakan influencer sebagai promotor.

Tugas influencer adalah memberikan promosi dengan menggunakan produk tas kamu kemudian memberikan review kepada pengikutnya di jejaring media sosial.

Melalui influencer, kamu sebagai pengusaha tas bisa memanfaatkannya untuk memberikan promo kepada model tas keluaran terbaru kamu dan influencer wajib memberikan ajakan kepada pengikut sosial medianya untuk ikut menggunakan.

Influencer yang memiliki pengikut cukup banyak, terlebih jika dia biasanya seorang model atau memiliki pose yang fotogenik, akan membuat tas model apapun, menggunakannya akan terlihat menarik dan trendi.

Nantinya, jika followersnya mengikuti, tas produksi kamu, akan jadi laku di pasaran.

Tentunya, penting untuk memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan produk tas yang akan kamu jadikan produk dagang. 

Untuk memilih yang tepat, ada baiknya kamu selidiki dulu track record, cara dia membawakan konten produk dan sasaran dari followers yang mengikuti media sosialnya. Apakah memang sesuai dengan calon pembeli produk dagangan kamu nanti. 

Ada baiknya, kamu jeli dalam melihat influencer yang akan kamu pilih. Cek kalau memang followers dia aktif dalam merespon postingan dia.

Sebab jumlah followers yang banyak tidak menutup kemungkinan itu hanya bot. Jadi, interaksi yang terjalin antara si influencer dengan para pengikutnya tidak akan berjalan dengan baik. 

Tentunya, bakal kamu sendiri yang merugi apabila menggunakan jasa influencer yang tidak profesional seperti ini. Jadi, pikirkan matang-matang sebelum akhirnya kamu deal untuk menggunakan jasa influencer tersebut. 

4. Jalin Interaksi yang Baik dengan Pelanggan

Sudah menjalankan berbagai strategi cara riset model tas yang akan laku di pasaran dan kamu tidak ingin semua itu hanya jadi sia-sia belaka, maka solusinya tinggal menjalin komunikasi serta interaksi yang baik dengan pelanggan.  

Jika kamu sebagai pemilik usaha, jalinan komunikasi yang baik dan lancar tentunya akan memberikan feedback yang baik dalam menilai suatu produk dagang.

Kamu bisa melakukan riset dengan cara memberikan kesempatan untuk memberikan pendapat pada kolom komentar.

Salah satu cara riset model tas yang akan tren di pasaran, dengan melibatkan pelanggan, bisa juga dengan membagikan Google Form atau survei online yang nantinya hasil dari pengumpulan survei tersebut bisa menentukan produk tas yang bakal laku di pasaran. 

Pengambilan suara bisa juga menggunakan media yang sudah tersedia di berbagai platform online di sebuah media sosial, seperti instagram atau twitter.

Hasil dari pendapat tersebut bisa membantu kamu selaku pemilik usaha untuk memberikan produl dagang yang tentunya sesuai dengan selera pasar. 


Siapkah Kamu Menerapkan Cara Riset Model Tas Tersebut?

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai cara riset model tas agar produk jualan kamu tetap laris manis di pasaran dan mampu menguasai daya saing dengan penggiat bisnis yang lain.

Jangan ragu untuk membagikan ilmu yang ada di artikel ini kepada semua rekan bisnismu. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​