5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan 2018 – Pemberian parsel menjadi salah satu tradisi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia saat Lebaran.

Parsel yang biasa dijadikan sebagai simbol silaturahmi ini biasanya dikirimkan kepada teman atau rekan-rekan bisnis.

Baca juga: 5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018

Ya, dari waktu ke waktu, parsel dibuat semakin menarik dan kreatif. Isinya bukan hanya buah-buahan atau makanan saja, tapi bisa mencakup alat-alat makan hingga alat mandi.

Namun, di Lebaran kali ini, tentu saja makanan atau kue kering sering menjadi isi parsel yang banyak dipilih.

Baca juga: Jangan Heran, Ini 5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa

Nah, apakah Anda tertarik untuk berbisnis parsel Lebaran? Kalau Anda adalah orang yang kreatif dan senang membuat sesuatu, jangan lewatkan peluang usaha yang satu ini. Berikut ini caranya.

 5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan 2018

1. Ketahui siapa calon pembeli Anda

Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Apabila ingin berbisnis parsel Lebaran, Anda mesti tahu dulu siapa yang nantinya akan membeli produk Anda. Apakah tetangga-tetangga Anda? Rekan-rekan kerja di kantor? Atau mungkin teman arisan Anda?

Ketahui juga, apakah target market Anda memang suka mengirimkan parsel kepada orang lain? Parsel jenis apa yang mereka suka?

Baca juga: Wajib Tahu, 5 Tahap Menjalankan Bisnis Kue Kering di Bulan Ramadhan

Untuk mencari tahu hal-hal tersebut, berbincanglah kepada mereka sembari melakukan survey kecil-kecilan.

Jika sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi marketing yang dilakukan sehingga bisa lebih fokus untuk memasarkan produk kepada target market Anda.


2. Tentukan jenis, ukuran, dan harga parsel yang akan dijual

7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Coba

Kreasikanlah beberapa jenis parsel dengan ukuran yang berbeda-beda, kemudian sesuaikanlah dengan harga di pasaran.

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Coba

Misalnya, ukuran small isinya hanya empat  toples kue kering beraneka ragam dan boneka beruang bertema Idul Fitri, dikenai harga Rp250.000.

Kemudian, ukuran medium berisi berabagi jenis snack, cokelat, kopi bubuk, dan satu botol minuman Anda jual dengan harga Rp500.000.

Baca juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

Adapula ukuran large yang isinya lebih beragam dan lebih banyak lagi. Harga yang dibanderol ialah Rp750.000.

Selain menghias parsel, Anda juga bisa memberikan kartu ucapan gratis untuk si penerima parsel Lebaran sebagai bonus.


3. Antarlah pesanan tepat waktu

jasa pengiriman barang - jasa ekspedisi

Tingkatkan kepercayaan para pelanggan terhadap bisnis Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengantarkan pesanan ke tempat tujuan dengan tepat waktu.

Baca juga: Para Pebisnis Wanita Bisa Lebih Sukses Jika Memiliki 5 Sifat Kartini Berikut Ini

Untuk mengantar parsel yang sudah dibuat, Anda bisa memanfaatkan jasa layanan antar dari transportasi online supaya lebih praktis dan tidak merepotkan.

Pastikan, parsel Lebaran yang dipesan sampai ke tempat penerima dalam kondisi baik dan tidak terlambat. Sebab bila demikian, pelanggan bisa kecewa dan kepercayaan mereka akan bisnis Anda menurun.

Baca juga: Wajib Follow di LinkedIn! Ini 4 Wanita Inspiratif yang Boleh Anda Curi Ilmunya

Oleh karena itu, berikan pelayanan memuaskan dan jalinlah hubungan yang baik dengan mereka. Siapa tahu, bisnis parsel ini bisa berjalan berkelanjutan, bahkan hingga Lebaran 2018 sudah selesai.


4. Pasarkan produk Anda, mulai dari lingkungan terdekat

5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa

Andalkan kekuatan word of mouth untuk mempromosikan parsel Lebaran buatan Anda karena ini merupakan salah satu strategi marketing yang sangat memengaruhi kesuksesan bisnis.

Baca juga: Pasti Untung! Ini 5 Tahap Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan

Biarkan tetangga-tetangga, rekan-rekan kerja, hingga teman arisan tahu bahwa Anda sedang mengelola bisnis baru jelang Ramadhan 2018 kali ini.

Jangan sungkan meminta mereka untuk mempromosikan atau merekomendasikan parsel Anda ke kenalan-kenalan mereka yang lain supaya makin dikenal.


5. Buatlah toko online dan optimalkan media sosial

manfaat ngekos - rumah jauh dari kantor

Untuk poin kelima, ini wajib hukumnya. Anda sudah memanfaatkan metode promosi offline, kini saatnya Anda merambah ke dunia online.

Selain bisa mempromosikan parsel Anda lewat grup WhatsApp, Line, atau BBM, Anda juga bisa membuat toko online sendiri.

Baca juga: Ingin Membuat Online Shop? Eitss… Jawab 4 Pertanyaan Penting Ini Dulu!

Seperti yang diketahui, promosi melalui internet akan semakin menambah exposure suatu produk sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Satu hal yang tak boleh terlupakan, optimalkan penggunaan sosial. Gunakan berbagai hashtag yang berkaitan, misalnya #parsellebaran2018, #jualparselmurah, dan #jualparsellebaran sehingga bisnis Anda bisa lebih mudah ditemukan.

Baca juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

Nah, itulah dia 5 tips berbisnis parsel Lebaran yang bisa Anda terapkan. Nah, kebanyakan pebisnis seringnya melanjutkan usaha mereka ini, bahkan setelah Ramadhan 2018 usai. Rupanya, jasa pembuatan parsel ini bukan hanya sekadar bisnis musiman saja.

Bagi Anda yang juga berniat untuk menseriusi bisnis ini untuk tujuan jangka panjang, jangan biarkan bisnis Anda stuck di tengah jalan dan menghasilkan keuntungan yang segitu-segitu saja. Yuk, lipat gandakan uang di tabungan Anda dengan cara di bawah ini.


Maksimalkan Keuntungan Bisnis Lewat Permodalan Usaha

tips mengembangkan bisnis - pinjaman modal usaha - Mencari Investor Individu Untuk Modal Awal Bisnis

Faktanya, permodalan usaha menjadi hal vital dalam suatu pengembangan bisnis. Tanpa adanya tambahan modal, Anda laju bisnis akan berjalan lambat, bahkan cenderung stagnan. Tidak ingin hal tersebut terjadi pada bisnis Anda, kan?

Jika permodalan usaha adalah suatu hal yang penting, lantas dari mana bisa mendapatkannya dengan mudah dan cepat?

Baca juga: 6 Tanda Bahwa Anda Punya Bakat Menjadi Entrepreneur Sukses

Ya, manfaatkanlah permodalan usaha dari platform P2P Lending seperti KoinWorks, yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Semua proses dilakukan secara online dan Anda bisa mendapatkan modal mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Semua bergantung pada kebutuhan bisnis Anda.

Dengan adanya tambahan modal, Anda bisa menjaga arus kas, inventaris, hingga merawat dan memperluas perlengkapan bisnis.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman di KoinWorks dan Tips Agar Pinjaman Disetujui

Harapannya, bisnis parsel Lebaran Anda bisa semakin luas dan dikenal masyarakat. Bisa jadi, target market Anda bukan hanya lagi tetangga, rekan kantor, atau teman arisan. Siapa tahu, kelak Anda bisa menjual parsel buatan Anda ke kota-kota lain di Indonesia.

Ayo, jangan ragu mengembangkan bisnis lewat permodalan usaha karena setiap pebisnis berhak untuk meraih kesuksesan, begitu juga dengan Anda.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.