5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018 – Mudik merupakan salah satu tradisi yang sering dilakukan masyarakat di Hari Lebaran. Mungkin Anda juga melakukannya setiap tahun.

Ya, siapa sih, yang tidak ingin pulang ke kampung halaman? Apalagi, bisa berkumpul bersama keluarga sambil menikmati panganan khas Lebaran yang bikin kangen.

Baca Juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Namun nyatanya, mendapatkan tiket pesawat murah untuk mudik Lebaran 2018 ini tidak semudah biasanya. Anda harus belomba-lomba dengan yang lain supaya kebagian tiket.

Nah, berikut ini 5 tips yang bisa Anda terapkan supaya bisa dapat tiket yang harganya tidak bikin kantong kempes.

5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018

1. Tentukan budget dan pesan tiket pesawat jauh-jauh hari

5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018 (7)

Libur Lebaran kali ini akan berlangsung lebih lama dari biasanya, yakni mulai dari 11-19 Juni 2018. Nah, tentukan tanggal berapa Anda akan mudik dan pesanlah tiket pesawat jauh-jauh hari.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik

Selain itu, tentukan juga budget yang akan Anda keluarkan untuk membeli tiket mudik Lebaran 2018 sehingga tidak mengganggu pengeluaran Anda.

Nah, apabila Anda merasa bahwa Anda sudah menemukan harga yang pas, jangan tunda-tunda lagi untuk membelinya.

Kebiasaan menunda hanya akan membuat Anda semakin menunda lagi, sembari berharap bisa mendpaatkan harga yang lebih murah.

Baca Juga: Jaga Kondisi Keuangan, Ini 10 Cara Berhemat Saat Musim Liburan

Namun, bagaimana jika semakin lama harganya semakin naik? Wah, bisa-bisa tidak mendapat tiket pesawat murah, tuh.

Jangan lupa, rencanakanlah mudik Anda dengan matang dan mendetail supaya Anda bisa merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta dengan lebih menyenangkan.


2. Rajin mencari promo tiket murah

5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018

Coba deh, follow akun-akun maskapai penerbangan atau travel agent di media sosial. Biasanya, mereka sudah gencar mempromosikan tiket pesawat murah.

Anda juga bisa mendaftarkan email untuk berlangganan newsletter sehingga apabila ada promosi tiket murah, Anda bisa langsung mengetahuinya.

Baca Juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Memang, terkeadang newsletter sangat mengganggu karena email yang masuk seolah bertubi-tubi. Namun, informasi soal tiket pesawat pasti akan berguna sekali di kala Anda ingin mudik atau berpelesir ke destinasi lainnya.


3. Pilihlah rute alternatif

Biasanya, tiket pesawat harganya akan lebih murah jika bukan direct flight. Jadi, Anda harus transit dulu ke kota lain sebelum sampai di tujuan Anda. Poin ini bisa Anda coba jika tidak ingin membuang banyak uang demi tiket transportasi.

Selain memilih transit di kota lain, Anda juga bisa mencoba untuk mendarat di kota terdekat tujuan Anda.

Baca Juga: Agar Tidak Malah Merugi, 7 Cara Berhemat yang Salah Ini Tidak Boleh Anda Lakukan

Misalnya, Anda hendak mudik ke Yogyakarta, tetapi tidak dapat tiketnya. Nah, Anda bisa memilih Solo sebagai kota tujuan terdekat, lalu dari sana Anda bisa menyambung dengan transportasi lain.

Siapa tahu, dibanding membeli tiket direct flight ke kota tujuan, malah lebih murah jika transit dahulu.


4. Pesan tiket dalam jumlah sedikit

5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018

Sedikit bocoran, banyak maskapai yang menyediakan promo tiket murah untuk penumpang tunggal atau yang berpasangan.

Karenanya, apabila Anda memilih pesanan dalam jumlah banyak, nominal harganya akan berubah lebih mahal. Bahkan, bisa tertera tulisan tidak tersedia.

Baca juga: Jangan Heran, Ini 5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa

Sebaliknya, apabila Anda hanya membeli satu atau dua tiket saja, kemungkinan Anda bisa mendapat tiket pesawat murah yang Anda incar.


5. Berburu tiket pada tengah malam

5 Tips Men5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018dapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018 (6)

Tips selanjutnya, Anda harus rela bergadang demi mendapatkan tiket mudik Lebaran 2018. Berdasarkan sebuh survey, diketahui bahwa lebih dari 60% calon penumpang memesan tiket secara online.

Baca juga: Ayo, Berhemat di Bulan Puasa dengan Memangkas 4 Pengeluaran Sehari-hari Ini

Separuh dari angka tersebut sering melakukan pemesanan pada pagi hingga malam. Biasanya, maskapai Low Cost Carrier mulai menjual tiket murah di atas jam 11 malam.

Ya, bisa disimpulkan bahwa yang berburu tiket murah pada tengah malam tak banyak. Nah, jangan ragu untuk memanfaatkan kesempatan ini. Tidak apa-apa kan, mengorbankan sedikit waktu tidur Anda untuk mendapat tiket pesawat murah?

Baca  juga: Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Itulah dia 5 tips yang bisa Anda terapkan jika memilih pesawat sebagai moda transportasi Anda untuk pulang ke kampung halaman.

Ya, membeli tiket mudik bisa menjadi salah satu sumber pengeluaran tambahan di bulan puasa. Nah, karena sudah mengalokasikan uang lebih dibanding biasanya, yuk coba berhemat dari sekarang.


Ini Cara Menghemat Pengeluaran Setiap Bulan

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Menghemat pengeluaran tidak sesulit yang Anda kira. Anda bisa memulainya dengan menmbuat anggaran bulanan, serta mencatat penegluaran dan pemasukan Anda.

Di sisi lain, Anda juga harus menekan napsu Anda untuk membeli barang-barang yang bukan menjadi kebutuhan utama.

Baca juga: 5 Pengeluaran Tambahan Saat Bulan Puasa yang Harus Anda Waspadai

Di sisi lain, penting juga untuk menghindarkan diri dari berhutang. Cara konkret yang paling sederhana ialah dengan tidak menggunakan kartu kredit.

Menggunakan kartu kredit malah bisa menguras pendapatan karena Anda harus membayar cicilan bulanan beserta bunga yang dikenakan.

Baca juga: Rumah Jauh dari Kantor? Ini 5 Manfaat Ngekos Ketimbang Pergi-Pulang

Yang paling penting, alokasikanlah pendapatan bulanan Anda untuk hal-hal yang produktif. Misalnya, untuk mencicil rumah, mempersiapkan biaya pernikahan, merintis bisnis sendiri, mempersiapkan dana pensiun, dana darurat, atau bisa juga diinvestasikan.

Dengan berinvestasi, Anda bisa menambah nilai uang Anda dari waktu ke waktu. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp100.000.

Anda pun bisa menggandakan keuntungan dengan memanfaatkan efek compounding, di mana bunga yang diperoleh dari investasi kembali diinvestasikan sehingga menghasilkan bunga lagi. Bisa dikatakan, bunga berbunga.

Baca juga: 5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Simulasikan hitungannya dengan menggunakan kalkulator di bawah ini.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Yuk, buat rencana keuangan Anda lebih stabil dengan investasi. Meski nantinya Anda mendapatkan tiket pesawat yang sedikit lebih mahal, tak perlu khawatir karena Anda punya “pegangan” lain yang jadi sumber pemasukan Anda, yaitu investasi.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.