Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an Pasti Anda setuju bahwa tindakan menghemat uang sejak dini akan sangat berharga bagi masa depan. Bukankah begitu?

Namun, di zaman sekarang, sangat sulit untuk menyisihkan uang lantaran adanya pergesaran gaya hidup yang mengarah menjadi konsumtif. Diperlukan tekad kuat untuk mewujudkan pola hidup menabung.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Jika Anda saat ini termotivasi untuk mulai menabung tapi merasa tidak tahu harus mulai dari mana, berikut adalah 10 cara untuk menghemat uang di usia 20-an yang bisa dilakukan.

Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

1. Berlatih menunda pembelian

belanja - engagement konsumen menjadi purchasing decision - Tips Mendapatkan Pelanggan Setia

Anda bisa menggunakan metode ini dalam beberapa cara. Pertama, Anda bisa berlatih menahan diri untuk membeli sesuatu.

Apabila Anda adalah seorang pemboros yang tidak bisa menahan diri, cobalah untuk selalu mengambil beberapa hari ekstra untuk berpikir sebelum membeli. Anda mungkin merasa tidak sungguh-sungguh menginginkannya, yang memungkinkan Anda menghemat uang.

Baca juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Kedua, menunggu beberapa waktu akan membuat Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Seiring barang yang diinginkan sudah bukan model terbaru lagi, biasanya harganya juga akan lebih turun dibandingkan harga pertama kali.

Terlebih jika Anda ingin membeli barang elektronik. Tunggulah sesaat hingga harganya turun. Jangan langsung membeli di saat barang tersebut baru saja launching.

Baca juga: Bagi yang Berkepribadian Introvert, Ini 7 Kerja Sampingan yang Cocok untuk Anda

Ketiga, berpuaslah dengan apa yang sudah Anda miliki dan tunda untuk membeli barang yang bukan merupakan kebutuhan.

Contoh, gunakan mobil Anda sampai tidak bisa digunakan lagi meskipun dengan teknologi yang ketinggalan zaman, bila itu masih sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau gunakan gadget tanpa merasa wajib mengikuti perkembangan terbaru.

Baca juga: 3 Hal Yang Membuat Millenial Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya


2. Gunakan kupon bila memungkinkan

diskon - promo

Seiring perkembangan zaman, banyak pula kupon diskon yang dibagikan guna menarik pengunjung untuk membeli.

Sebelum membeli sesuatu, periksa dahulu apakah ada kupon diskon yang tersedia untuk apa yang ingin Anda beli. Untuk hal ini, cobalah untuk cek beberapa website dan aplikasi penyedia kupon diskon.

Baca juga: 8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah

Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan loyalty member sebagai alternatif. Biasanya loyalty member ini akan memberikan Anda diskon yang cukup menarik.


3. Hilangkan langganan TV kabel Anda

menonton biosko - menonton - menonton tv

Untuk Anda yang jarang berada di rumah, juga jarang menoton TV, lebih baik tidak perlu berlangganan TV kabel.

Dengan menghilangkan langganan TV kabel Anda, akan ada banyak uang yang dapat dihemat untuk itu.

Sebagai alternatif, pilihlah aplikasi yang memungkinkan Anda bisa streaming film secara gratis atau dengan harga yang lebih murah. Kelebihannya, Anda pun bisa menonton tayangan-tayangan yang disukai lewat gadget, kapan saja dan di mana saja.


4. Gunakan penawaran saldo 0%

karakter konsumen

Apakah Anda memiliki utang kartu kredit dengan suku bunga tinggi? Selalu gunakan kartu kredit untuk membayar sesuatu apabila ia memberikan suku bunga 0% untuk pembelanjaan yang dilakukan.

Baca juga: Krisis Keuangan? Don’t Worry Be Happy Selama Anda Melakukan 6 Tips ini

Banyak kartu kredit biasanya mengenakan biaya sekitar 3% setiap kali berbelanja. Jika Anda berbelanja sebesar Rp 10 juta, itu berarti Anda harus membayar Rp 300 ribu lebih banyak dari harga yang seharusnya dibayarkan.


5. Fokus pada hiburan gratis

Wahai Para Jomlo, Ini 7 Kegiatan Seru yang Bikin Valentine Tetap Berkesan

Sebagai orang dewasa muda biasanya akan sangat mudah tergoda untuk melakukan kegiatan mahal yang sama berulang-ulang.

Pergi menonton film, pergi makan malam di tempat mewah, pergi ke bar, atau pergi ke konser biasanya adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh anak muda.

Baca juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Jika ingin berhemat, cobalah untuk meminimalisirkan kunjungan Anda ke tempat-tempat tersebut. Bila perlu, carilah hiburan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Misal, menikmati live music gratis di mal atau menonton film-film gratis yang diadakan komunitas tertentu.


6. Ucapkan selamat tinggal kepada gym

dapatkan secara gratis - fitness diet gym

Apakah Anda menjadi member di tempat gym tertentu, tapi Anda tidak pernah atau jarang hadir untuk berolahraga? Well, ucapkan selamat tinggal dan hemat uang Anda untuk berolahraga.

Ada banyak latihan berat badan berbeda yang tersedia, lho. Berlari sore-sore di kompleks rumah, berjalan kaki ke kantor, juga hiking akan selalu menjadi pilihan gratis.

Baca juga: 8 Tips Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

Jika Anda hanya ingin memiliki pola hidup sehat, cobalah untuk berolahraga secara cuma-cuma.

Namun, jika ingin membentuk tubuh menjadi berotot, Anda juga bisa membeli alatnya untuk dibawa ke rumah. Dalam hal ini gunakan cicilan 0% kartu kredit untuk memudahkan Anda.


7. Bawa makan siang Anda ke tempat kerja

bekal makanan

Ini adalah sebuah tips yang sangat masuk akal untuk dilakukan. Setidaknya Anda akan mengeluarkan Rp 20 ribu per hari untuk jatah makan siang, yang jika dikalikan dalam 5 hari berarti Rp 100 ribu per minggu.

Baca juga: 8 Cara Menghasilkan Uang Tambahan di 2018

Berarti dalam 1 bulan, Anda dapat menghemat Rp 400 ribu, atau setara dengan Rp 4,8 juta dalam satu tahun. Bawalah bekal dari rumah dan simpan uang jatah makan Anda.


8. Gunakan transportasi umum

Biaya Transportasi

Jika Anda tinggal di dekat kota, cobalah berjalan kaki atau menaikki transportasi umum ke tempat tujuan, dibandingkan dengan mengemudi sendiri.

Transportasi adalah biaya yang besar jika tidak dicek. Dengan menggunakan mobil lebih jarang, maka Anda juga akan menghemat uang untuk membayar uang tol, membeli bensin, perawatan, dan stres jika Anda menemui kemacetan.

Baca juga: Gaji Minim? Ikuti Tips Menabung Untuk Anak Muda Usia 20-an

Tentunya menggunakan transportasi umum juga tidak kalah enaknya kan, dibandingkan harus mengemudi sendiri?


9. Fokus pada barang berkualitas

pinjaman di koinworks - 1pinjaman di koinworks - 1

Membeli barang berkualitas lebih mahal mungkin terdengar melawan intuisi. Namun, pikirkanlah hal ini.

Jika Anda menghabiskan Rp 100 ribu untuk membeli sesuatu sekarang, lalu Anda akan membelinya lagi setiap dua bulan, maka Anda akan menghabiskan Rp 600 ribu selama setahun untuk membeli barang tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Membeli Secara Pintar yang Dilakukan Orang-Orang Kaya

Sebagai gantinya, mengapa tidak berbelanja secara royal untuk barang berkualitas yang mungkin menghabiskan biaya Rp 400 ribu, tapi bisa bertahan bertahun-tahun?


10. Prioritaskan kesehatan Anda

medical checkup - checkup medis - periksa kesehatan

Pada usia 20-an, Anda mungkin merasa tak terkalahkan, seperti Anda tidak perlu memikirkan dua kali tentang kesehatan atau asuransi jiwa apapun. Anda masih memiliki umur panjang.

Namun, bagaimana dengan kebiasaan hidup yang dijalankan? Apakah Anda makan banyak makanan cepat saji, sering minum alkohol, sering merokok, dan memiliki jam tidur yang tidak normal?

Baca juga: 4 Zodiak Kurang Beruntung di Tahun 2018, Semoga Bukan Anda Salah Satunya…

Meskipun masih muda, Anda akan rentan terkena penyakit dengan pola hidup seperti di atas. Mungkin, Anda tidak merasakannya sekarang, tapi bagaimana dengan masa depan?

Jadikan prioritas kesehatan Anda sekarang dengan menghabiskan sedikit lebih banyak untuk makanan sehat, pastikan Anda berolahraga cukup banyak, dan pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk benar-benar menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Anda Lakukan Sekarang Juga Jika Tidak Ingin Menyesal Di Masa Depan

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ditambah lagi, jika memungkinkan, cobalah untuk mengambil asuransi kesehatan dan jiwa untuk perlindungan. Asuransi akan memastikan bahwa tabungan dan investasi yang dimiliki tidak akan habis karena sakit yang terjadi secara tidak terduga.

Ingat, jika Anda tidak menahan diri, Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah yang Anda habiskan di restoran, bar, toko bahan makanan, atau e-commerce. Perhatikan dan fokuskan pengeluaran Anda untuk sesuatu yang berguna bagi Anda.

Baca Juga: Bagi Anda Anak Muda, Ingin Mulai Berinvestasi? Pelajari Dulu Seluk-Beluknya!

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Perlu diingat juga, Anda tidak dapat hanya sekadar menabung, tapi juga perlu melakukan investasi. Salah satu jenis investasi yang paling sesuai dengan generasi millennial saat ini adalah investasi peer to peer lending. Mengapa demikian?

Karena contohnya saja, investasi peer to peer lending dari KoinWorks bisa memberikan bunga efektif hingga 18% per tahun dengan risiko yang terjangkau.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Investasi juga dapat dimulai dari nominal Rp 100 ribu saja, lho. Sangat sesuai dengan anak muda yang ingin hasil cepat dan besar, tapi dengan dana yang murah, kan?

Jadi, jangan pernah lagi membuang uang untuk hal-hal yang membuat Anda kehabisan uang, ya! Miliki prinsip untuk menghasilkan lebih dibandingkan dengan menghabiskan lebih.

Baca juga: Investasi Dengan Modal Rp 1 Juta? Mungkin Kok! Begini Caranya

So, sudah siap untuk menghasilkan lebih? Yuk segera mulai investasi peer to peer lending dari KoinWorks, sudah terdaftar di OJK juga, lho!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.