4 Tips Membeli Secara Pintar yang Dilakukan Orang-Orang Kaya

4 Tips Membeli Secara Pintar yang Dilakukan Orang-Orang Kaya - 4 Konsep Zen yang Bisa Membantu Anda Meningkatkan Kondisi Keuangan

4 Tips Membeli Secara Pintar yang Dilakukan Orang-Orang Kaya – Setiap orang pasti memiliki kebiasaan konsumsi yang berbeda-beda. Ada yang bersifat konsumtif, ada juga yang tidak.

Sebagian orang mungkin hanya membeli barang kebutuhannya, tapi sebagian orang selalu membeli setiap barang yang diinginkannya, walupun bukan menjadi kebutuhan.

Terkadang mengendalikan pola konsumsi atau membeli memang sangat sulit, jika tidak ada batasan tertentu yang Anda tetapkan. Akan tetapi, untuk mencapai financial freedom di masa mendatang Anda perlu memberi perhatian lebih untuk masalah ini.

Baca Juga: Menabung dan Investasi Hanya Dengan Gaji UMR, Mungkinkah?

Perlu diperhatikan juga, bahwa berhemat bukan berarti Anda tidak dapat membeli apa-apa. Sesungguhnya arti berhemat adalah membeli yang diperlukan bukan diinginkan. Lalu bagaimana dengan hal-hal yang menjadi keinginan?

Jika Anda memperhatikan pola konsumsi dari orang-orang kaya, sesungguhnya mereka juga turut membeli hal-hal yang menjadi keinginan. Biasanya mereka membeli barang yang menjadi keinginan dengan menggunakan strategi tertentu.

Menggunakan strategi yang biasa digunakan oleh orang-orang kaya tentunya akan membuat Anda menjadi lebih hemat. Berikut adalah tips membeli atau konsumsi secara pintar yang dilakukan orang-orang kaya:

4 Tips Membeli Secara Pintar yang Dilakukan Orang-Orang Kaya

Tips yang Pertama: Membeli Pada Saat DISKON

membeli pada saat diskon

Setiap barang yang menjadi new arrival biasanya akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga setelah 2-3 bulan berlalu. Setelah suatu barang berada di toko selama 2-3 bulan, biasanya akan diadakan sale atau diskon untuk barang tersebut.

Menariknya adalah, kebanyakan orang kaya selalu membeli saat diadakan diskon besar, karena biasanya setiap barang yang di diskon tetap memiliki kualitas yang bagus.

Baca Juga: Cegah Sebelum Terlambat: Cara Agar Terhindar dari Lilitan Hutang

Anda tetap akan mendapatkan kualitas produk yang baik dengan harga yang lebih hemat, jadi jangan anti dengan barang diskon ya!

Yuk mulai membiasakan diri untuk tidak langsung membeli barang-barang new arrival, karena tentunya Anda akan merogoh kocek lebih banyak untuk itu.

Selalu Cek Toko Sebelah atau Selalu Cek Harga Lebih dari 2 Toko

selalu Cek Toko Sebelah Atau Selalu Cek Harga Lebih Dari 2 Toko

Terkadang disaat Anda menyukai suatu barang, secara emosional Anda akan cenderung ingin segera memiliki barang tersebut. Alhasil, keputusan cepat dan mendadak pun turut diambil tanpa berpikir panjang lagi.

Setelah Anda membeli, kemudian barulah Anda mulai cek harga ke toko sebelah yang memang menjual barang yang sama. Tidak jarang, kemudian toko sebelah yang Anda cek memberikan Anda harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang Anda telah beli.

Baca Juga: Kebiasaan Buang Duit yang Sering Tak Disadari

Sungguh disayangkan bukan? Untuk meminimalisir terjadinya hal ini, pastikan untuk melakukan cek harga dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membeli sesuatu.

Jangan mengambil keputusan tanpa melakukan research terlebih dahulu jika Anda memang ingin mendapatkan harga yang terbaik.


Gunakan Cicilan Kartu Kredit 0% Tenor 3 Bulan, 6 Bulan, atau 12 Bulan

Gunakan Cicilan Kartu Kredit 0% Tenor 3 Bulan, 6 Bulan Atau 12 Bulan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia takut untuk menggunakan kartu kredit. Ketakutan ini biasanya didasari karena mereka takut untuk terlilit hutang akibat penggunaan kartu kredit.

Baca Juga: Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi dan Seperti Apa Manfaatnya?

Namun, tahukah Anda bahwa sesungguhnya dengan memiliki kartu kredit dapat membantu Anda dalam mengatur cash flow keuangan dengan baik melalui fitur cicilan yang dimiliki?

Sebagai contoh:  Jika Anda membeli kacamata yang harganya 3 juta, dengan menggunakan cicilan 12 x 0% maka Anda akan mengeluarkan Rp 250 ribu per bulan.

Sedangkan, dalam waktu yang bersamaan uang Rp 3 juta yang harusnya digunakan untuk membayar kemudian Anda investasikan melalui investasi peer-to-peer lending di KoinWorks, maka setidaknya Anda akan mendapatkan bunga sebesar 19% setahun. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 570 ribu.

Baca Juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Melalui contoh di atas, dapat dilihat perbedaan antara metode bayar langsung tunai dibandingkan metode cicilan 12 bulan 0%. Dengan menggunakan cicilan kartu kredit, Anda akan mendapatkan kacamata ditambah dengan uang Rp 570 ribu.

Sangat menarik bukan?

Akan tetapi, pastikan Anda membayar cicilan dengan tepat waktu untuk mengindari terkena bunga keterlambatan dari kartu kredit.  Melalui hal ini, dapat disimpulkan bahwa kartu kredit itu tidak selalu berbahaya, tergantung kebijaksanaan penggunanya.


Membeli yang Benar-Benar Penting Sesuai Takarannya

 Membeli Yang Benar-Benar Penting Sesuai Takaran Yang Sesuai

Terkadang Anda akan membeli banyak barang yang terlihat bagus saat melihatnya di toko, namun ternyata setelah sampai di rumah, Anda mulai menyesal karena telah membeli barang tersebut. Pernahkah Anda merasa seperti itu?

Baca Juga: Agar Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Tentunya itu adalah hal yang sangat normal untuk dialami, karena sesungguhnya dengan berbelanja akan secara tidak langsung menaikan enzim adrenaline Anda dan membuatnya terpompa dengan kencang.

Akibatnya adalah timbulnya perasaan senang yang berlebih, sehingga keputusan pembelian akan menjadi bias dan tidak optimal.

Pastikan Anda dapat menahan diri untuk hal ini. Belilah barang-barang yang penting sesuai dengan takaran yang sesuai. Jangan membeli sesuatu dengan berlebihan, dan merasa kecewa setelah membelinya.

Nah, demikianlah tips membeli secara pintar yang sering dilakukan orang kaya untuk membeli atau mengkonsumsi secara pintar yang dilakukan orang-orang kaya yang tentunya akan membuat Anda menjadi lebih hemat.

Dengan menerapkan tips-tips berikut, Anda akan memiliki uang lebih banyak untuk dapat ditabung dan melakukan investasi.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Untuk masalah investasi, saat ini KoinWorks.com hadir memberikan peluang bagi Anda untuk berinvestasi dengan bunga mencapai 19% per tahun. Anda dapat mulai melakukan investasi pertama Anda hanya dengan nominal Rp 100 ribu saja. Yuk mari mulai mendanai untuk lebih memaksimalkan financial freedom Anda di masa depan!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.