4 Kesalahan Dalam Pelatihan Karyawan yang Harus Dihindari – Setiap pemilik bisnis atau manajer perusahaan sangat mengetahui bahwa tim merupakan salah satu aset terbesar yang dimiliki.

Meskipun memiliki karyawan membutuhkan biaya yang besar, tetapi keberadaan mereka bisa menjadi pendukung untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga: 5 Keterampilan Komunikasi untuk Menjadi Salesman Sukses

Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas bisnis adalah melalui pelatihan dan pendidikan karyawan yang baik.

Hal yang menjadi masalah adalah banyak pelatihan yang dilakukan tidak memberikan hasil yang optimal terhadap perkembangan usaha.

Apa yang salah dari hal di atas?

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda tentang 4 kesalahan dalam pelatihan yang harus dihindari para pemimpin bisnis.


4 Kesalahan Dalam Pelatihan Karyawan yang Harus Dihindari

1Salah Memilih Pelatih Atau Menggunakan Pelatih yang Sama

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! - 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Selalu Mengembangkan Diri - 4 Tips yang Membuat Anda Menjadi Sosok Mentor Luar Biasa

Saat Anda memberikan karyawan pelatihan yang sama dengan apa yang dilakukan pesaing, maka Anda tidak akan bisa memiliki keunggulan kompetitif dan akan kesulitan untuk melampaui keunggulan yang mereka miliki.

Baca Juga: 3 Langkah Ini Untuk Mengatasi Suka Menunda Pekerjaan

Pelatihan yang tepat adalah pendidikan yang bisa membuat karyawan Anda memiliki kelebihan dari para pesaing.

Anda bisa merekrut spesialis yang fokus pada keterampilan yang spesifik untuk memberikan pelatihan kepada para karyawan.

Langkah seperti ini jauh lebih memungkinkan untuk mengalahkan pesaing dan kinerja karyawan akan sangat berperngaruh terhadap laba yang didapatkan.


2Pelatihan Hanya Fokus Melatih Keterampilan yang Rendah

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (25) - 5 Alasan Mengapa Produktivitas Menurun, Ubah Kebiasaan dan Jadi Lebih Baik! - 4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar - 7 Latihan yang Membantu Seseorang untuk Mengingat Lebih Mudah

Hampir sebagian besar pelatihan yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk memperbaiki kelemahan yang dimiliki karyawan dan bukan untuk meningkatkan keterampilan mereka menjadi lebih baik.

Cara seperti hanya akan membuat Anda mendapatkan karyawan dengan keterampilan rata-rata, bukan karyawan dengan keterampilan yang luar biasa.

Baca Juga: Strategi Diversifikasi Usaha Agar Tetap Menguntungkan

Anda harus melatih karyawan agar mereka bisa menjadi pemain terbaik dan membawa mereka memiliki pengaruh yang hebat terhadap perkembangan bisnis.

Keterampilan karyawan yang luar biasa inilah yang kemudian akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha di masa depan.


3Pelatih Tidak Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Pada kenyataan di lapangan, sebagian besar pelatih memiliki latar pendidikan yang sangat berbeda dengan karyawan Anda.

Hal inilah yang membuat pelatih tersebut sering menggunakan bahasa atau istilah yang berbeda dari karyawan Anda.

Jika karyawan Anda tidak memahami apa yang disampaikan oleh pelatih tersebut, maka mereka tidak akan bisa mendapatkan hasil yang optimal atas pelatihan yang diikuti.

Baca Juga: 6 Prinsip Agar Bisa Sukses dan Mencapai Potensi yang Optimal

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih pelatih yang mengetahui bahasa yang mudah dimengerti oleh sebagian besar karyawan Anda.

Sebab, kemampuan seorang pelatih untuk menyampaikan pesan dengan mudah akan sangat berpengaruh terhadap hasil pelatihan yang dilakukan.


4Pelatihan Tidak Tepat Untuk Dilakukan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (15) - 3 Kesalahan yang Membuat Anda Tidak Mencapai Tujuan Besar

Banyak perusahaan yang mengeluarkan banyak biaya untuk melatih karyawan mereka dengan keterampilan yang salah atau tidak tepat.

Padahal agar bisa memberikan hasil yang positif terhadap perusahaan, pelatihan harus dilakukan di waktu yang tepat dan keterampilan tersebut harus sesuai dengan peran pekerjaan karyawan.

Baca Juga: Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan? 4 Hal Ini Membuat Anda Perlu Memikirkannya Lagi

Oleh karena itu, Anda harus memfokuskan kebutuhan pelatihan secara spesifik dan benar-benar diperlukan di dalam perusahaan.

Anda harus paham siapa yang perlu dilatih dan apa keterampilan yang diperlukan agar mereka bisa berkontribusi lebih baik untuk perusahaan.

Pastikan juga Anda memahami bahwa karyawan yang telah dilatih bisa langsung menerapkan keterampilan mereka untuk berkontribusi terhadap perusahaan.

Menganalisis kebutuhan pelatihan dengan tepat sebelum mengirimkan karyawan ke program pelatihan akan memberikan manfaat dan pengembalian investasi yang besar terhadap perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Memperbaiki Diri Secara Berkelanjutan, Berikut 3 Langkah yang Bisa Anda Lakukan

Dengan memperhatikan 4 hal di atas, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan hasil positif dan signifikan atas pelatihan yang dilakukan terhadap karyawan.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tempat pelatihan atau kursus yang perlu Anda sediakan untuk para karyawan.

Bagaimana jika perusahaan tidak memiliki anggaran yang memadai untuk melatih karyawan?

Karyawan bisa mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan non-formal secara mandiri untuk melatih keterampilan mereka.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan bisa memberatkan keuangan keluarga.

Sebab, ada solusi yang akan memudahkan Anda untuk membayar biaya pendidikan tersebut.

KoinPintar merupakan solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan para karyawan untuk membayar biaya pendidikan yang diikuti.

KoinPintar akan terlebih dahulu membayarkan dana pendidikan di muka dan selanjutnya para karyawan bisa mencicil pinjaman tersebut sampai dengan 12 bulan ke depan.

Baca Juga: 7 Tindakan yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Kaya Dengan Lebih Cepat

KoinPintar memberikan kemudahan dengan suku bunga rendah yaitu mulai dari 9% per tahun atau hanya sekitar 0,75% per bulan.

Suku bunga yang sangat rendah, jika dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lain.

Semua biaya disajikan secara transparan dan tidak ada yang ditutupi, sehingga Anda tidak akan mendapatkan cicilan yang tiba-tiba bertambah atau adanya tambahan biaya dari pinjaman tersebut.

Dengan bantuan dana pendidikan dari KoinPintar, Anda bisa mendapatkan pelatihan berkualitas yang bisa bermanfaat untuk perkembangan karir dan perusahaan di masa depan. Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.