5 Keterampilan Komunikasi untuk Menjadi Salesman Sukses

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak? - 5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Bidang Apapun

5 Keterampilan Komunikasi untuk Menjadi Salesman Sukses  – Menjadi seorang Salesman mengharuskan Anda untuk bisa menjelaskan suatu produk dan layanan serta melakukan teknik persuasi kepada calon konsumen.

Anda harus bisa menjadi seorang komunikator yang handal agar bisa dengan mudah meyakinkan para konsumen.

Baca Juga: 3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Kemampuan komunikasi yang lebih baik akan memungkinkan Anda untuk bisa menjual lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan berkomunikasi, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang 5 keterampilan berkomunikasi untuk menjadi Salesman sukses.


5 Keterampilan Komunikasi untuk Menjadi Salesman Sukses

Belajar Menguasai Bahasa Tubuh

tubuh komunikasi lawan bicara

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lebih dari separuh komunikasi adalah non-verbal.

Komunikasi non-verbal seperti gerakan tangan, senyuman, ekspresi, perubahan intonasi akan memberikan sinyal kepada orang yang Anda ajak berbicara.

Baca Juga: Memiliki Mentor Penting untuk Kesuksesan, Ini Cara Mendapatkannya.

Hal yang tidak disadari adalah bahasa tubuh bisa Anda kirimkan setiap saat, meskipun saat sedang tidak berbicara.


Belajar Untuk Berempati Dengan Pelanggan

Empati menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memahami masalah mereka dan peduli untuk membantu mereka menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Hal yang menjadi permasalahan adalah banyak tenaga penjualan yang mencoba untuk berempati dengan pelanggan hanya dengan menyetujui mereka.

Anda hanya mendengar masalah mereka dan selanjutnya menyajikan produk yang ditawarkan sebagai solusi terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Agar Anda Menyukai Hari Senin, Jangan Malas Lagi!

Anda tidak menyadari bahwa pelanggan tidak bodoh dan mereka bisa dengan mudah mengetahui kapan orang lain benar-benar memahami permasalahan mereka.

Pendekatan di atas akan membuat tenaga penjual memberikan produk yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Mulailah berempati dan pahami dengan baik setiap permasalahan yang dihadapi oleh para pelanggan Anda.


Mengetahui Produk Dengan Baik

memborong produk saat diskon - membeli produk secara bulk - produk sukses

Seorang tenaga penjual sangat penting untuk mengetahui produk dan layanan yang ditawarkan dengan baik.

Pengetahuan yang baik tentang produk dan layanan akan membuat Anda bisa dengan mudah mengkomunikasikannya dengan para pelanggan.

Baca Juga: 4 Cara Menjadi Orang yang Lebih Baik Lagi

Tenaga penjual yang baik bisa dengan mudah menjelaskan fitur dan manfaat khusus yang paling menarik untuk para pelanggan.

Anda juga pasti bisa menjelaskan produk dan layanan tersebut dengan detail dan spesifik.

Jika memungkinkan, Anda bisa juga memperkuat penjelasan dengan angka dan data statistik yang bisa lebih dipercaya oleh para pelanggan.

Hal yang sangat penting untuk dijelaskan adalah manfaat yang berkaitan dengan penghematan biaya, kenyamanan, dan manfaat yang memudahkan hidup para pelanggan.


Berkomunikasi Dengan Jujur Tentang Apa yang Tidak Diketahui

Lakukan 4 Kebiasaan Seorang Jenius Ini agar Anda Lebih Sukses 9 - 5 Tips Mudah Mengatasi Kesulitan Saat Berkomunikasi - 5 Cara Menciptakan Kesan Pertama untuk Para Pebisnis Online

Para pelanggan sangat memahami bahwa tidak semua orang bisa mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan produk dan layanan yang sedang ditawarkan.

Jika ada sesuatu hal yang tidak Anda ketahui dari produk atau layanan yang sedang ditawarkan, maka tidak ada salahnya untuk menyampaikan hal tersebut dengan pelanggan.

Baca Juga: 5 Keputusan yang Menghancurkan Karier Anda Sebagai Pemimpin

Berkomunikasilah dengan terbuka dan jujur sebagai bentuk pendekatan yang efektif dengan para pelanggan.

Peluang Anda untuk mendapatkan penjualan akan terbuka lebih lebar saat bersikap jujur daripada menjelaskan sesuatu yang tidak ada di dalam produk atau layanan yang Anda tawarkan.


Jadilah Seseorang yang Selalu Ingin Tahu

fokus pada pendengar keterampilan komunikasi berkomunikasi di tempat kerja rasa hormat

Kesalahan yang berulang kali dilakukan oleh para tenaga penjualan adalah mengucapkan kalimat yang sama di lapangan dan monoton.

Cara seperti ini akan membuat Anda berhenti terlibat dengan para pelanggan dan tidak berusaha untuk mengetahui apa yang menjadi permasalahan para pelanggan.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengasah Ketegasan Dalam Diri Untuk Pekerjaan Anda

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh tenaga penjualan adalah tidak mengajukan pertanyaan kepada para pelanggan potensial.

Padahal dengan bertanya, Anda bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan para pelanggan dan belajar mengetahui apa yang mereka inginkan.

Tidak hanya itu saja, bertanya kepada para pelanggan akan membuat Anda memahami kebutuhan mereka dari waktu ke waktu, pemahaman tentang bagaimana pasar berubah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tidak Ada Kegagalan! Hanya Perlu Belajar Meraih Kemenangan Tersebut

Saat Anda menguasai 5 teknik dan keterampilan berkomunikasi di atas, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan konversi penjualan yang lebih baik dari sebelumnya.

Saat penjualan semakin meningkat, itu artinya potensi penghasilan yang Anda dapatkan akan semakin meningkat.

Jika Anda tertarik untuk menguasai keterampilan di atas ada berbagai cara yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan mengikuti sebuah workshop, membaca buku, atau mengikuti pendidikan non-formal yang berkaitan dengan keterampilan komunikasi untuk tenaga penjualan.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan bisa memberatkan keuangan Anda setiap bulan.

Sebab, saat ini Anda bisa meminjam dana pendidikan tersebut dan mengangsur biaya pendidikan sampai dengan 12 bulan ke depan.

KoinPintar memfasilitasi pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan dengan menawarkan tingkat suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan saja.

Baca Juga: Ini 6 Perilaku yang Menunjukkan Anda Termasuk Manajer yang Buruk

Hal yang tidak kalah menarik adalah jumlah cicilan yang akan dibayarkan setiap bulan nilainya tetap dan tidak akan berubah atau meningkat.

Ini bisa terjadi karena KoinPintar memberikan semua informasi berkaitan dengan biaya pinjaman secara transparan dan terbuka.

Segera asah keterampilan komunikasi dan jadilah tenaga penjual yang lebih baik!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.