Kebiasaan Buang Duit yang Sering Tak Disadari – Anda mungkin bingung, kenapa belum genap satu bulan, namun uang Anda sudah mau habis? Padahal Anda merasa tidak banyak berbelanja dan hanya menghabiskan untuk hal-hal umum.

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda telah melakukan satu atau lebih dari kebiasaan-kebiasaan di bawah ini. Berikut adalah kebiasaan buang duit yang mungkin Anda tidak sadari.

Kebiasaan Buang Duit yang Sering Tak Disadari

kebiasaan buang duit

1. Tidak Membuat Rencana Keuangan

rencana keuangan

Bagaimana mungkin cuma karena tidak membuat budget untuk keuangan menjadi penyebab kantong kosong di akhir bulan?

Namun pada kenyataan nya, rencana keuangan Anda sangatlah penting. Sebaiknya, rencana anggaran harus dipersiapkan sebelum Anda mendapat gaji. Setiap bulannya, Anda harus tahu keperluan-keperluan yang wajib di bayar dan tidak wajib.

Baca Juga: Agar Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Dari anggaran tersebut, Anda bahkan bisa mulai memutuskan berapa yang Anda akan pakai untuk sehari-hari dan berapa yang harus anda tabung. Dengan begini, Anda tidak akan pusing lagi dengan uang yang kurang di akhir bulan.  

2. Membeli Barang yang Tak Perlu

Rajin Simpan Uang Sejak Muda, Naik Gaji Setiap Bulan

Kalau yang ini, Anda pasti sudah terlalu sering mendengar kalau membeli barang yang tak perlu adalah salah satu penyebab membuang-buang uang.

Baca Juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Memang, kalau melihat barang yang diskon terlihat sangat menggiurkan, tapi kalau tidak perlu-perlu amat, buat apa dibeli? Toh pada akhirnya barang tersebut tidak terpakai dan hanya jadi ornamen rumah.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Kalau Anda tipe yang tidak bisa menahan godaan berbelanja barang diskon atau shopaholic, Anda mungkin boleh membuat self-reminder kalau uang anda harus diinvestasikan untuk masa depan Anda yang lebih baik.

3. Tergiur Untuk Membeli Barang Elektronik Baru

tips investasi di tahun 2017

Di jaman serba digital ini, tak heran kalau barang elektronik akan terus berkembang. Banyak barang yang sebelumnya dilakukan manual, sekarang sudah bisa dilakukan dengan mesin elektronik.

Baca Juga: Punya Duit Rp 100.000? Ini yang Bisa Dilakukan Agar Duit Anda Semakin Produktif

Banyak diantara kita masih tergiur dengan adanya barang elektronik yang baru. Padahal, teknologi tidak akan pernah berhenti berkembang. Mengikuti arus perkembangan teknologi dengan terus-menerus membeli barang elektronik baru akan membahayakan keadaan keuangan Anda.

4. Membeli Kuota Internet Berlebihan

internet teknologi smartphone

Sebelas dua belas dengan hal sebelumnya, hal kecil seperti kuota internet juga bisa membuat keuangan Anda bermasalah. Mungkin Anda tidak sadar dan berpikir pengeluaran untuk kuota memang normal dan tidak akan mempengaruhi dompet Anda.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Padahal, membeli kuota lebih dari dua kali dalam kurun waktu sebulan bisa dihitung sebagai hal yang berlebihan.

Mungkin mulai sekarang, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan internet. Jika perlu, pakailah modem yang periode bulanan dengan harga mungkin lebih murah.

5. Tidak Menabung

modal usaha - menyelesaikan hutang kta - kredit tanpa agunan

Cliché but true. Kalau tidak menabung, bagaimana cara nya Anda bisa mempunyai uang? Penulis buku “Become Your Own Boss in 12 Months”, Melinda Emerson mengatakan ia bisa menabung sampai 20% dari seluruh penghasilannya.

Ia juga menyisihkan uang cadangan, jika bisnisnya mandeg dan klien tidak membayar tagihan. “Jadi saya tidak pernah bangkrut,” demikian tandas Emerson.

Baca Juga: 5 Tips Mencapai Financial Freedom

Menyisihkan uang Anda sekian persen untuk masa depan tidak akan ada ruginya. Selain menabung manual atau di bank, sudah banyak cara lain yang lebih mudah dan aman untuk mempunyai tabungan.

Salah satu nya adalah berinvestasi. Berinvestasi di tempat yang tepat dan aman seperti KoinWorks, bisa menjadi awal yang baik untuk keuangan masa depan Anda.

Baca Juga: Masalah Keuangan yang Sering Dihadapi Profesional Muda dan Solusi untuk Mengatasinya

Salah satu keuntungan dari investasi di KoinWorks selain bisa memilih tujuan uang Anda, KoinWorks sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia sehingga tidak perlu ragu keamanannya. Melalui cara investasi ini, Anda sudah satu langkah untuk menjaga keuangan Anda tetap stabil walaupun di akhir bulan. (DN)

Investasi Sekarang


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.