Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan – Sejak dirilis tahun 2016 lalu, KoinWorks sudah mendapatkan perhatian khusus dan menarik antusiasme masyarakat untuk mengenalnya lebih dalam.

KoinWorks menyediakan platform investasi online P2P Lending yang mudah digunakan dan bersifat social lending yang sejalan dengan misi utama KoinWorks, yakni membantu masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap kebutuhan finansial yang mudah dan terjangkau.

Setahun berlalu, KoinWorks masih memegang teguh misi yang sama namun dengan tambahan fitur dan teknologi yang semakin canggih tentunya.

Bagi investor, ini artinya semakin mudah untuk menyalurkan dana pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan sekaligus semakin mudah untuk memaksimalkan nilai uang yang diinvestasikan.

Dalam artikel ini, terdapat 5 strategi investasi di KoinWorks yang bisa Anda terapkan demi memaksimalkan bunga keuntungan.

Baik investor yang sudah lama bergabung dan investor baru secara khusus, strategi berikut akan sangat ampuh diterapkan dan terbukti mampu membantu investor memaksimalkan bunga keuntungan. Mari kita simak.

Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

1. Diversifikasi Portofolio Investasi dengan Sedikitnya 100 Pinjaman

Diversifikasi Portofolio Investasi - diversifikasi investasi p2p lending - koinworks

Strategi investasi yang paling sederhana, paling ampuh dan paling penting yang harus dilakukan oleh setiap investor adalah mendiversifikasikan dana investasinya. Belum ada yang bisa menandingi keampuhan strategi yang satu ini.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Alasan utama kenapa orang bisa merugi dalam investasi online P2P Lending adalah karena kegagalan investor dalam memecah-mecah dana investasinya ke beragam peminjam.

Kenapa diversifikasi bisa menolong? Konsepnya sederhana. Ketika Anda memiliki dana sebesar Rp 10 juta dan diinvestasikan pada Pinjaman X, bila Pinjaman X gagal bayar, kerugian Anda terhitung akan sangat besar.

Sementara bila Anda berinvestasi ke 100 Peminjam sekaligus, misalnya, bila ada dua pinjaman yang gagal bayar, masih ada 99 pinjaman lagi yang siap menutup kerugian Anda.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

Meskipun KoinWorks memiliki Dana Proteksi yang secara khusus disediakan demi meminimalisir kerugian gagal bayar, namun perlu diingat bahwa Dana Proteksi memiliki nominal yang terbatas.

Dana tersebut bisa habis sewaktu-waktu dan tidak lagi bisa digunakan apabila gagal bayar terjadi lagi.

Juga, perlu diingat pula bahwa gagal bayar seturut waktu akan terus terjadi. Karena setiap investasi pasti memiliki risiko tersendiri, maka mendiversifikasikan portofolio investasi dapat menjadi solusi untuk meminimalisirnya.

Baca Juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Dan jangan hanya sekedar berdiversifikasi, upayakan pula agar portofolio investasi Anda terisi dengan sedikitnya 100 pinjaman.

Karena di KoinWorks setiap investor bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp 100.000, maka Rp 10.000.000 bisa dibagi ke dalam 100 pinjaman sekaligus.

2. Pastikan Tidak Ada Dana yang Menganggur di Akun Anda

Seturut berjalannya waktu Anda akan menerima pengembalian yang dilakukan oleh peminjam, itu artinya, setiap bulan dana yang Anda investasikan akan kembali dalam bentuk pokok dan bunga.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Dengan begitu, Anda perlu rutin memeriksa saldo yang tersedia di dalam akun Anda, dan bila sudah mencukupi untuk diinvestasikan, segeralah investasikan.

lender dashboard koinworks

Jangan pernah biarkan ‘menganggur’ diam di akun Anda tanpa menghasilkan keuntungan apa-apa dan justru membuat tingkat keuntungan keseluruhan menurun.

Selain tidak seharusnya dibiarkan diam, menginvestasikan kembali pengembalian bisa membantu memaksimalkan bunga keuntungan investasi Anda di KoinWorks.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai Dengan Risk Tolerance

Dalam hal ini, menginvestasikan kembali pengembalian yang didapat akan memudahkan Anda dalam memanfaatkan efek compounding. Karena, bunga yang telah Anda dapat akan terus menghasilkan bunga bila diinvestasikan kembali.

Coba hitung sendiri potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menginvestasikan kembali keuntungan yang telah Anda dapat dengan kalkulator efek compounding berikut ini:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Future Value:
Bunga Keuntungan:

Bisa dimengerti bahwa tidak semua investor memiliki waktu untuk menginvestasikan kembali dana pengembalian yang tersedia di akunnya.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Oleh karena itu, KoinWorks menyediakan fitur Multi Auto Purchase demi mempermudah investor dalam mengotomatisasikan investasinya sesuai dengan preferensi yang ditetapkan. Kita bahas selengkapnya di poin berikutnya.

3. Gunakan Fitur Multi Auto Purchase

Multi Auto Purchase

Fitur Multi Auto Purchase sudah cukup lama eksis, dan sangat efektif dalam memaksimalkan keuntungan investor.

Baca Juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Selain menghemat waktu, fitur ini juga memudahkan setiap investor dalam mengatur preferensinya untuk membangun portofolio investasi yang menguntungkan.

Selain itu, fitur ini akan membantu mengurangi ‘campur tangan yang berlebihan’ yang mampu mengganggu keputusan investasi.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Menurut penelitian, keputusan kala berinvestasi bisa terganggu bila terlalu lama membuat pertimbangan.

Hal ini dikarenakan setiap investor sebenarnya sudah memiliki analisa dan mendapatkan keputusannya sendiri, dan bila kembali menghabiskan waktu untuk membuat pertimbangan, keputusan yang dihasilkan kemudian malah tidak sesuai dengan analisannya.

Baca Juga: Pinjaman Dengan Performa Buruk dan Gagal Bayar, Perlukah Anda Khawatir?

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengotomatisasikan investasi Anda demi mengurangi ‘campur tangan yang berlebihan’ tersebut.

Dengan fitur Multi Auto Purchase, Anda bahkan bisa mengotomatisasikan investasi berdasarkan lima preferensi yang berbeda-beda, baik dari segi tingkat risiko dan keuntungan, jangka waktu, hingga tipe pinjaman.

Baca Juga: Apa Pentingnya Mengotomasikan Investasi? Tips Berinvestasi Secara Otomatis

Selengkapnya mengenai pemanfaataan fitur Multi Auto Purchase di KoinWorks, silakan rujuk video berikut:

4. Beranikan Diri Untuk Berinvestasi di Pinjaman dengan Risiko Tinggi

tingkat bunga di koinworks

Dalam investasi, setiap investor pasti mengenal istilah ‘high risk, high return’. Semakin tinggi risiko, semakin tinggi pula potensi keuntungan yang akan didapat.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Menciptakan Portofolio Investasi yang Low-Risk, High Return?

Karena di KoinWorks Anda bisa memilih sendiri peminjamnya berdasarkan kriteria yang ada, Anda bisa memilih untuk berinvestasi ke pinjaman dengan grade yang lebih berisiko, seperti C, D, maupun E.

Hal ini juga bisa Anda masukkan sebagai bagian dalam strategi diversifikasi portofolio Anda. Jadi mulai sekarang, hindari bermain aman dengan berinvestasi hanya di Grade A dan B, dan mulailah jadikan hal ini sebagai salah satu strategi investasi di KoinWorks.

5. Jangan Lewatkan Berinvestasi di RoboLending

RoboLending

Apa itu RoboLending? RoboLending, merupakan fitur terbaru yang akan mempermudah investor dalam memaksimalkan return investasi sesuai jangka waktu yang dikehendaki.

Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan, Tinjau Kembali Akun KoinWorks Anda dan Lakukan 4 Hal Ini

Di setiap fitur RoboLending, potensi keuntungan sudah diestimasi lengkap dengan jangka waktunya sehingga investor dapat dengan mudah memilih untuk menginvestasikan modalnya hingga potensi keuntungan tersebut tercapai.

RoboLending akan mengotomatisasikan seluruh proses investasi, mengalokasikan dana investasi yang sudah ditentukan mulai dari Rp 100.000 hingga tingkat keuntungan terpenuhi sesuai jangka waktunya.

Setelah menggunakan RoboLending, setiap investor akan mendapatkan pengembalian sesuai bunga yang tadinya tertera di setiap fitur RoboLending di akhir jangka waktunya, menggunakan metode pengembalian Lump Sum.

Baca Juga: Dana Proteksi KoinWorks, Sebuah Inisiatif Demi Menjamin Keamanan Investasi

Hadirnya fitur ini merupakan terobosan baru dalam dunia peer to peer lending tanah air. Fitur investasi ini juga melengkapi komitmen KoinWorks dalam menghadirkan inovasi demi inovasi dalam kerangka layanan peer to peer lending yang disediakannya.

Selengkapnya mengenai fitur RoboLending bisa Anda baca di artikel berikut. Atau Anda juga bisa menonton bagaimana cara kerja RoboLending di video berikut:

Nah, itulah strategi investasi di KoinWorks yang bisa Anda terapkan dari sekarang demi memaksimalkan bunga keuntungan Anda. Masih bingung bagaimana cara kerja KoinWorks? Silakan baca artikel berikut:

Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Ingin melihat tips lain dalam berinvestasi di KoinWorks? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

Intinya, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk memaksimalkan return investasi Anda.

Dan selain menguntungkan, setiap investor yang tergabung di KoinWorks juga akan merasakan nikmatnya membantu sesama dalam hal finansial sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Selamat berinvestasi!




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?