Apa  yang Anda pikirkan ketika mendengar kata artis Hollywood? Kehidupan mereka yang glamour? Tapi, tidak semua sisi artis Hollywood demikian. Ada banyak artis Hollywood yang juga merangkap menjadi seorang pengusaha. Ada banyak dari mereka yang sukses, namun tidak sedikit pula dari mereka yang gagal.

Memang benar, bagi mereka yang lebih suka investasi aman seperti deposito bank, tentu mereka tidak mau investasi di dunia bisnis karena resiko kegagalan yang tinggi. Namun, bagi mereka yang memiliki jiwa wirausaha yang kuat, kegagalan adalah bagian dari kesuksesan karena dengan kegagalan Anda akan lebih berinovasi lagi. Disinilah pentingnya belajar dan mengamati kegagalan termasuk dari kegagalan 3 artis Hollywood berikut ini.

  • Kanye West

Kanye West, seorang penyanyi hip hop yang juga merupakan seorang pengusaha Clothing Line wanita dengan nama DW adalah contoh pertama. DW sendiri mulai diluncurkan pada tahun 2011 silam. Debut DW dimulai pada saat event Paris Fashion Week bulan Oktober. Sayangnya, bisnis ini tidak berjalan seperti yang ia harapkan. DW sendiri langsung terdepak dari pasaran. Ada beberapa alasan logis kenapa bisnisnya bisa hancur secepat itu. Beberapa hal tersebut ternyata tidak berhubungan dengan pakaian melainkan image dirinya.

Ya, waktu itu image West masih buruk terutama bagi wanita. West pernah melompat di atas panggung kemudian merebut mikrofon yang sedang di pakai Taylor Swift di ajang MTV Video Music Awards tahun 2009. Taylor Swift sendiri terlihat ketakutan saat itu. West sendiri menyumpah serapah bahwa seharusnya yang menang adalah Beyonce. Selain image tersebut, harga yang ditawarkan oleh West untuk bisnis pakaiannya terbilang lebih mahal dibandingkan dengan selebriti pebisnis lain. Disini dapat diambil pelajaran bahwa image adalah sesuatu yang penting untuk sebuah kesuksesan.

  • Jennifer Lopez

Siapa yang tidak kenal dirinya? JLo, begitu nama panggilannya, tidak hanya sukses dibidang entertainment melainkan juga di bidang bisnis. Ia memiliki dua Clothing Line sekaligus yang secara bersamaan berhenti berproduksi. Clothing Line pertama bernama JLo by Jennifer Lopez yang diluncurkan tahun 2001 silam. Awalnya, bisnis ini terlihat berjalan baik hingga tahun 2007. Tahun 2007, Clothing Line pertama ditutup dan berganti nama JustSweet. Namun, Clothing Line kedua tutup dua tahun kemudian yakni di tahun 2009.

Alasan yang diungkapkan JLo adalah karena ia ingin mendesain ulang koleksinya untuk masa depan. Namun, yang menjadi alasan utamanya adalah kritik keras oleh PETA lantaran JLo menggunakan bulu-bulu binatang sebagai bahan pelengkap desain pakaiannya. Kabarnya, bisnis ini masih berjalan namun berada di luar Amerika Serikat. Kemudian dia mencoba bisnis lain seperti kuliner dengan membuka restoran aneka masakan Latin tepatnya di Pasadena, California namun kemudian tutup lagi.

Pelajaran yang bisa diambil adalah bijak dalam menjalankan bisnis. Tidak etis menjalankan bisnis tanpa memiliki rasa kepedulian terhadap sesama, binatang dan tumbuhan. Lingkungan juga harus tetap dijaga. Selain itu, tetap optimis dengan bisnis baru lainnya, tidak mudah menyerah.

  • Britney Spears

Britney Spears membuka restoran bernama NYLA yang berarti New York dan Louisiana pada bulan Juni 2002. Restoran ini berpusat di Manhattan. Sayangnya, hanya butuh waktu enam bulan bisnis kuliner ini gulung tikar. Sebabnya adalah Spears hanya ingin masakan yang berasal dari daerah asalnya, Louisiana sedangkan sang koki tidak setuju dengan hal itu. Koki tersebut akhirnya membuka jalan sendiri. Makanan gaya Italia disajikan. Hanya saja, masalah utamanya ada pada pelanggaran kode etik kesehatan yang bisa dibilang sangat kronis.

Koki baru memang direkrut untuk memperbaiki keadaan. Sayangnya, apa yang sudah terjadi tidak bisa diperbaiki dengan cepat hingga bisnisnya hancur berantakan. Pelajaran yang bisa diambil adalah ada asap ada api. Artinya, segera selesaikan masalah internal sebelum muncul ke permukaan.

Jadi, layaknya pebisnis pada umumnya, kegagalan juga dialami oleh mereka. Namun, yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa belajar dari kegagalan mereka sehingga kegagalan yang sama tidak akan terjadi pada bisnis Anda. Ingat, mengambil langkah mudah dan aman seperti bisnis investasi deposito bank memang menguntungkan tapi baiknya pelajari lagi seluk beluknya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.