Apa itu Rekening Dormant, Penyebab dan Cara Mengatasinya

apa itu rekening dormant penyebab dan cara menghindari

Bagi kamu yang memiliki tabungan dan akun rekening, kamu harus hati – hati menggunakannya. Jika tidak hati – hati, rekening kamu bisa jadi dormant. Rekening yang dormant tidak akan bisa dipakai lagi.

Biasanya uang di dalamnya bahkan tidak bisa digerakan. Banyak orang terkadang tidak tahu apa itu rekening dormant ataupun penyebab akun mereka menjadi dormant.

Daripada bingung saat hal ini terjadi pada kamu, mari bahas mengenai masalah tersebut dalam artikel ini!


Apa Itu Akun Rekening Dormant?

Rekening dormant adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rekening bank yang tidak aktif atau tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Rekening tersebut mungkin tidak memiliki aktivitas penyetoran atau penarikan dana selama periode waktu yang telah ditentukan oleh bank.

Akun tidak aktif ini dipandang bank sebagai rekening pasif yang tidak beroperasi. Bank tentu memandang akun dormant sebagai beban. Jika akun tidak digunakan, banyak masalah bisa terjadi di dalamnya.

Ketika sebuah rekening menjadi dormant, ini tidak berarti bahwa rekening tersebut telah ditutup. Namun, beberapa bank mungkin memberlakukan biaya administrasi bulanan atau tahunan untuk rekening yang tidak aktif. Biaya ini dapat mempengaruhi saldo rekening kamu.


Apa yang Terjadi Pada Akun Dormant?

Jika sampai dinyatakan dormant, akun kamu artinya diblokir oleh pihak bank. Akun ini akan dihentikan setiap kegiatan perbankannya. Mulai dari transfer, cek saldo, bayar tagihan, terima uang dan berbagai hal lain.

Urusan bunga dan potongan akan berhenti juga. Banyak pihak menyamakan hal ini dengan kondisi pingsan. Rekening kamu belum benar – benar mati karena masih ada di database bank.

Tapi jika dibiarkan dormant dalam waktu lama, akun rekening akan dihapus dari database. Jika sudah begitu, data rekening tidak akan bisa diambil kembali.


Apa Penyebab Akun Rekening Menjadi Dormant?

Banyak hal bisa menyebabkan akun rekening menjadi dormant. Tentu semua ini tergantung juga dari peraturan bank. Umumnya peraturan melibatkan identifikasi dari bank dengan perbedaan prosedur.

Berikut penyebab akun rekening dormant:

1. Salah Transfer

Kesalahan transfer bisa sering terjadi. Human error memasukan kode rekening sangat sering dilakukan banyak orang. Saat kesalahan ini melibatkan banyak uang, akun yang mendapat kiriman salah akan dikunci oleh bank.

Contoh saja saat seseorang membeli gedung dan akan membayar langsung lunas. Harga gedung bisa mencapai puluhan miliar Rupiah, bayangkan uang ini salah masuk ke rekening kamu. Kesalahan seperti ini akan menekan bank harus melakukan tindakan drastis.

Sebelum pihak yang menerima kiriman uang salah menggunakan uang tersebut, bank akan membuat akun tersebut dormant. Kamu biasanya akan dihubungi jika ada uang besar salah kirim ke tempat kamu. Untuk kasus seperti ini, kamu biasanya cukup tunggu tidak lebih dari setengah jam untuk bisa dibuka kembali rekening kamu.

2. Aktivitas Mencurigakan

Masalah aktivitas tidak wajar juga bisa menyebabkan rekening kamu menjadi dorman. Aktivitas tidak wajar ini bisa berupa transfer yang terlalu sering dengan durasi pendek. Selain itu ada akses yang tidak di otoritas terjadi pada akun kamu.

Di dunia digital sekarang ini, hacker menjadi pelaku utama untuk hal ini. Selain itu, masalah penipuan juga bisa menyebabkan hal ini.

Saat ada penarikan jumlah besar yang tanpa pemberitahuan, pihak bank biasanya membutuhkan konfirmasi lebih. Bank akan hubungi kamu dan memastikan ada penarikan besar.

Tapi saat pihak bank gagal menghubungi kamu setelah dicoba beberapa kali, akun kamu biasanya diamankan dengan diubah menjadi dormant.

Daripada kehilangan uang nasabah, hal ini jauh lebih aman dilakukan.

3. Saldo Rekening Kosong

Saat saldo tabungan kamu habis dan tidak terurus selama beberapa bulan, rekening tersebut akan menjadi pasif. Panjang bulan yang berlaku untuk hal ini bisa berbeda tergantung kebijakan tiap bank. Seperti yang kamu tahu, pengurusan rekening biasanya ada biaya bulanan admin.

Saat rekening kosong, biaya ini tidak bisa itarik. Bank tentu tidak ingin rugi mengurusi rekening kosong yang tidak ada aktivitas. Karena itu, mereka akan mematikan akun menjadi dormant dengan kondisi kosong.

Saat akun dormant dan tidak terurus, biasanya database akun tersebut akan dihapus juga. Karena kejadian ini bisa terjadi, pastikan kamu selalu cek saldo. Jangan sampai kamu menarik sampai isi tabungan habis.

Sisakan beberapa ratus ribu agar tetap bisa membayar tanggungan biaya admin. Hal ini lebih baik daripada harus mengurusi lebih rumit untuk akun dormant.

4. Permintaan Pembekuan Pihak Berwajib

Hal terakhir yang bisa sebabkan akun rekening menjadi pasif adalah permintaan dari pihak berwajib. Akun rekening para koruptor yang tertangkap biasanya akan dibekukan. Hal ini dilakukan untuk mengamankan barang bukti uang dan aset dari koruptor tersebut.

Jika tidak dibekukan, pihak tertentu bisa menarik uang yang seharusnya menjadi bukti. Jika sampai bukti diacak – acak seperti ini, masalah peradilan akan lebih berat diurus.

Hal ini juga bisa terjadi pada orang yang terlibat kasus perdata, penipuan ataupun menjadi pendukung finansial organisasi kriminal.


Bagaimana Cara Aktifkan Kembali Akun Rekening Dormant?

Jika akun kamu sampai mendapatkan status dormant, kamu harus segera hubungi pihak kantor bank. Kamu bisa coba pertama dengan telepon untuk dapatkan informasi seputar masalah ini. Tapi ingat, pengurusannya harus tetap dilakukan pada kantor bank.

Saat datang mengurus akun dormant ini, pastikan bawa pernyataan tertulis soal masalah ini, bawa juga bukti identitas seperti SIM atau KTP serta buku tabungan kamu.

Biasanya untuk mengaktifkan kembali, kamu akan dimintai keterangan dan informasi soal alasan dormant. Untuk dormant yang terjadi karena kesalahan transfer ataupun aktivitas mencurigakan, kamu biasanya tidak perlu melakukan banyak hal khusus.

Tapi saat dormant terjadi karena saldo habis ataupun pembekuan pihak berwajib, kamu harus menjawab pertanyaan yang lebih detail agar bisa mendapatkan izin buka kembali rekening tersebut. Setelah semua diperiksa, akun rekening dormant akan diaktifkan kembali.

Tapi biasanya hal ini juga perlu biaya. Biaya yang diperlukan untuk aktivasi akan berbeda – beda tiap bank. Pastikan tanyakan informasinya terlebih dahulu agar lebih jelas soal pembayaran ini.

Kesimpulan

Apakah sudah lebih jelas tentang segala suatu mengenai akun rekening dormant? Hal ini tidak terlalu menakutkan dan memang bisa diurus.

Selama kesalahan tidak diulangi dan memang tidak parah, akun dormant biasanya bisa digunakan secara normal tanpa masalah. Bagi kamu yang sekarang memiliki akun rekening dormant, pastikan segera mengurusnya sebelum terlambat.

Semakin lama kamu tidak mengurusi hal ini, makin sulit prosesnya. Biasanya bank akan tanya – tanya lebih dan bahkan menarik biaya yang lebih tinggi. Jangan sampai hal ini terjadi pada kamu.

Nah kalau kamu sudah bisa menggunakan kembali rekening kamu untuk menabung, jangan lupa juga untuk melakukan investasi.

Alasannya? karena menabung saja tidak cukup lho untuk menghadapi inflasi ke depannya nanti. Banyak instrumen yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi, misalnya investasi saham, reksa dana, investasi cryptocurrency, hingga investasi emas.

Semoga informasi diatas bisa membantu dan berguna bagi kamu, ya. Terima kasih sudah membaca bahasan artikel ini!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Miko

Miko

Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.