Investasi Dengan Modal Rp 1 Juta? Mungkin Kok! Begini Caranya – Saat ini Anda pasti sering sekali membaca suatu artikel atau bacaan yang didalamnya menganjurkan Anda untuk mulai berinvestasi.

Ya, saaat ini Anda memang memasuki zaman dimana jika tidak berinvestasi besar kemungkinan inflasi akan menggerus nilai uang, dan melemahkan kemampuan membeli Anda.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

Pastinya Anda tidak ingin kejadian tersebut menimpa di masa depan kan? Maka dari itu, jangan hanya sekedar membaca dan mengetahui saja, mulailah ambil tindakan sekarang juga!

Jangan khawatir, untuk berinvestasi tidak selalu memerlukan modal yang besar di zaman sekarang.

Baca Juga: Dari 5 Jenis Investasi Populer yang Ada di Indonesia, Anda Pilih yang Mana?

Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda mulai dari modal kecil. Berikut adalah contoh investasi yang dapat dilakukan dengan modal bahkan hanya Rp1 juta saja.

Investasi Dengan Modal Rp 1 Juta

1. Reksadana

jenis investasi - reksa dana

Nominal minimal yang dapat ditabung di reksadana berbeda-beda setiap institusi. Beberapa institusi bank yang ada mungkin akan mewajibkan Anda menaruh minimal Rp500ribu atau minimal Rp1juta. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca Juga: Berapa Jumlah Minimal Untuk Investasi Reksadana

Reksadana juga memiliki beberapa jenis, diantaranya; reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana saham. Setiap jenis memiliki profil risiko dan keuntungannya masing-masing.

Baca Juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Namun, pastikan Anda memilih jenis reksadana yang tepat apabila uang yang diinvestasikan cukup besar karena semakin besar uang investasi, maka semakin besar pula kerugian yang muncul apabila merugi.

Baca Juga: Cara Menjaga Aset Reksadana

Contohnya jika berinvestasi Rp 100.000 dan merugi sebesar 1%, maka nominal kerugian hanya sebesar Rp 1.000.

Tetapi ketika berinvestasi dengan modal Rp1juta, kerugian 1% nilainya bertambah menjadi Rp 10.000. Jadi pastikan agar Anda berhati-hati dalam memilih produk reksa dana yang akan digunakan. Ketahui risikonya sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi melalui reksadana.

2. Logam Mulia

investasi emas

Pergerakan dari logam mulia mungkin tidak akan secepat pergerakan jika Anda menginvestasikan uang melalui jenis investasi lain. Namun, investasi emas dinilai aman tanpa risiko yang besar.

Baca Juga: 4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Anda dapat membeli logam mulia dengan hanya bermodalkan Rp1juta, tergantung berapa besar ukuran yang ingin dibeli. Ukuran logam mulia yang diperdagangkan di pasar bisa beragam, mulai dari 100 gram, 50 gram, 25 gram, bahkan sampai 0,5 gram.

Pada umumnya jika Anda membeli logam mulia yang besar harganya akan cenderung lebih murah dibandingkan dengan membelinya dalam ukuran kecil.

Baca Juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Naik Turun Harga Emas

Hal ini sama seperti prinsip saat Anda membeli barang grosir dalam jumlah banyak harganya pasti lebih murah dibandingkan membelinya dalam jumlah kecil.

Kumpulkan sedikit demi sedikit logam mulia setiap bulannya, tanpa sadar logam mulia Anda juga akan bertambah banyak seiring berjalannya waktu.

3. Peer to Peer Lending KoinWorks

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 6

Anda mungkin sudah sering mendengar kedua jenis investasi yang ada di atas, namun seiring dengan perkembangan zaman semakin banyak jenis investasi baru yang bermunculan.

Baca Juga: Melalui KoinWorks, Kepada Siapa Saja Sebenarnya Investasi Anda Disalurkan?

Salah satu dari jenis investasi yang menguntungkan dengan risiko yang rendah adalah peer to peer lending.

Bahkan Anda dapat memulai investasi pertama hanya dengan nominal Rp 100 ribu. Mekanisme dari investasi jenis ini dimana uang yang diinvestasikan akan diberikan kepada para borrower yaitu, pemilik UKM.

Baca Juga: Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Secara tidak langsung, Anda turut membantu perkembangan UKM di Indonesia. Dengan berinvestasi disini, bunga efektif mulai dari 18% per tahun juga akan menjadi salah satu keuntungan yang didapatkan.

Risiko yang ada melalui jenis investasi ini adalah risiko apabila borrower mengalami gagal bayar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pastinya setiap borrower akan melewati proses cek kelayakan sebelum mengajukan pinjaman.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Hanya saja, pastikan perusahaan P2P Lending yang Anda pilih memang memiliki reputasi yang baik dan benar-benar terpercaya.

Salah satu acuan menilai perusahaan yang memang memiliki reputasi baik adalah dengan terdaftarnya KoinWorks di OJK.

Saat ini, KoinWorks hadir sebagai salah satu platform penyedia peer-to-peer lending yang telah terdaftar di OJK secara resmi.

Baca Juga: Pinjaman Dengan Performa Buruk dan Gagal Bayar, Perlukah Anda Khawatir?

Nah, itulah cara investasi dengan modal Rp 1 juta. Mungkin sekali, kan? Jadi, sudahkah Anda siap untuk berinvestasi? Investasi jenis apa yang menurut Anda paling menguntungkan? Yuk investasi sekarang juga!




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?