Melalui KoinWorks, Kepada Siapa Saja Sebenarnya Investasi Anda Disalurkan? – Ketika Anda berinvestasi dalam rangka menyalurkan investasi melalui KoinWorks, kepada siapa saja Anda sebenarnya menyalurkan pinjaman tersebut?

Tim KoinWorks menerapkan prosedur underwriting yang sangat ketat dan mutakhir agar sesuai dengan nilai uang yang diinvestasikan oleh ribuan investor ke peminjam yang tepat.

Baca Juga: Biar Tidak Bingung, Apa Sebenarnya Pengaruh Peningkatan Inflasi Terhadap Uang Anda?

Agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan investor, standar keamanan yang kami terapkan dan demi meminimalisir risiko kerugian gagal bayar, kami menerapkan dan menetapkan berbagai kondisi yang harus terpenuhi sebelum kami benar-benar menyetujui sebuah pengajuan pinjaman.

Sederhananya, sebelum sebuah pinjaman terbit ke dalam platform P2P Lending KoinWorks, setiap pengajuan pinjaman harus lolos berbagai tahap yang sangat ketat untuk kemudian didanai oleh ribuan investor.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi

Peminjam potensial harus melewati tahap-tahap pengecekan kredit dan berbagai tahap lainnya, jadi tidak ada jalur cepat untuk mendapatkan pinjaman melalui KoinWorks.

Secara ringkas, setiap peminjam harus memenuhi kriteria minimum seperti:

  1. Paling tidak sudah berusia minimal 21 tahun
  2. Visibilitas riwayat kredit, semisal riwayat pinjaman yang pernah didapatkan.
  3. Laporan keuangan yang sehat, baik personal maupun perusahaan/bisnis
  4. Memiliki riwayat pembayaran segala hutang/pinjaman yang sehat bila dilihat dari segi kemampuan (dan juga itikad/komitmen)
  5. Merupakan WNI, dibuktikan dengan kartu identitas resmi yang masih valid
  6. Memiliki pendapatan tetap yang alurnya sehat dan stabil, dari segi personal maupun bisnis
  7. Dan masih banyak lagi

KoinWorks juga masih mempertimbangkan berbagai hal lain seperti tanggung jawab/komitmen keuangan seperti pengeluaran dan hutang-hutang lain dan membandingkannya dengan tingkat pendapatan.

Tujuan/Kebutuhan Keuangan Apa Saja yang Dimiliki oleh Peminjam di KoinWorks?

Pinjaman Online Tanpa Agunan Bunga Rendah KoinWorks

KoinWorks memiliki tiga varian produk utama, yakni pinjaman bisnis, pinjaman kesehatan, hingga pinjaman pendidikan.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Berinvestasi

Jadi, dari tiga jenis produk pinjaman tersebut, setiap peminjam umumnya memiliki kebutuhan finansial dari segi modal usaha, kebutuhan kesehatan, dan kebutuhan pendidikan.

Mengkategorikan Pinjaman Berdasarkan Grade

Setelah melakukan proses credit assessment (standar 4C) terhadap setiap pengajuan pinjaman, KoinWorks akan mengkategorikan pinjaman berdasarkan Grade, mulai dari Grade A1 hingga Grade E5 (berisi total 25 Grade).

Investasi Menguntungkan dan Aman Online KoinWorks

Bagi setiap investor, Grade tersebut juga menentukan tingkat risiko dan bunga keuntungan potensial yang akan didapatkan oleh investor. Bila peminjam memiliki Grade A1, itu menunjukkan bahwa pinjaman tersebut yang paling aman dari segi risiko gagal bayar.

Baca Juga: KoinWorks Resmi Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Semakin mendekati Grade E5, maka pinjaman tersebut semakin berisiko. Dan untuk mengkompensasinya agar investor bersedia mendanai pinjaman tersebut, investor berkesempatan untuk mendapatkan bunga keuntungan yang lebih tinggi, termasuk bunga efektifnya. Hal ini juga merujuk pada prinsip dasar investasi yakni high risk, high return.

Meminimalisir Risiko Kerugian Pada Portofolio Investasi Melalui KoinWorks

fintech lending koinworks

KoinWorks memungkinkan Anda untuk memitigasi risiko investasi dengan mudah. Anda sebagai investor dapat memilih sendiri target peminjam berdasarkan tujuan peminjaman, tenor, tingkat risiko dan keuntungan berdasarkan grade, hingga nominal yang hendak diinvestasikan ke setiap peminjam.

Hal tersebut juga didukung dengan nominal minimum yang rendah untuk mulai berinvestasi, yakni mulai dari Rp 100.000.

Demi meminimalisir risiko kerugian pada portofolio investasi apabila ada pinjaman dengan performa buruk atau pun gagal bayar, Anda sebaiknya melakukan diversifikasi investasi agar keuntungan investasi Anda bisa lebih maksimal sekaligus meredam risiko.

Untuk selengkapnya mengenai hal ini, Anda bisa membaca dan mempraktikkan isi yang tertuang dalam artikel berikut:

Diversifikasikan dana investasi Anda ke beragam peminjam sekaligus agar bila Pinjaman A gagal bayar, Anda masih bisa meraup keuntungan dari Pinjaman B, C, dan seterusnya.

Anda juga bisa menghemat waktu dalam mendiversifikasikan dana investasi dengan mengotomasikan investasi Anda di KoinWorks.

Penutup

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - investasi melalui koinworks

Dengan investasi melalui KoinWorks, Anda bisa membantu permodalan bisnis UKM agar bisnisnya semakin berkembang dan terus maju.

Semakin maju bisnis mereka maka semakin cepat roda perekonomian Indonesia berputar. Hal tersebut akan berpengaruh pada perekonomian dalam tingkat nasional.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang Anda Danai di KoinWorks?

Belum lagi, UKM sebagai ‘palang pintu’ perekonomian Indonesia sudah terbukti manakala krisis moneter terjadi pada tahun 1997 silam.

Selain itu, dana investasi Anda juga tersalur ke peminjam dengan kebutuhan pendidikan. Dengan pendidikan yang semakin baik akan meningkatkan generasi yang lebih terampil dan siap pakai di perusahaan manapun.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Selain bekerja di perusahaan, mereka pun berpotensi untuk membangun perusahaan sendiri sehingga tingkat pengangguran nasional bisa terus berkurang.

Pinjaman yang Anda berikan kepada peminjam dengan kebutuhan kesehatan juga akan membantu meningkatkan generasi yang sehat sehingga produktivitas terus terjaga dan bisa berefek ke banyak bidang sekaligus.

Baca Juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Beberapa peminjam KoinWorks yang telah merasakan betapa bermanfaatnya dana investasi yang Anda salurkan antara lain:

Berikan kontribusi Anda terhadap berbagai bidang yang berdampak dalam skala nasional dengan berinvestasi melalui KoinWorks.

Jangan khawatir dengan risiko tidak kembalinya dana investasi Anda karena sejak di ‘pintu masuk’ sekalipun, KoinWorks sudah menetapkan standar penilaian yang ketat terhadap setiap pengajuan pinjaman yang diterima.

Baca: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Anda pun bisa memitigasi risiko investasi Anda dengan memilih peminjam berdasarkan tujuan, tenor, hingga tingkat Grade dan melakukan diversifikasi. Jadi, jangan pernah ragu investasi melalui KoinWorks! Ada banyak orang yang bisa Anda bantu, dan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi Anda.




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?