Keinginan untuk menjadi pebisnis saat ini sudah semakin besar terutama di kalangan anak muda. Hal ini sesungguhnya merupakan sesuatu yang perlu dibanggakan karena menjadi pengusaha akan memberikan kontribusi positif secara ekonomi bagi tanah air kita seperti misalnya menyerap tenaga kerja dan meningkatkan penghasilan masyarakat. Bila Anda adalah salah satu dari mereka tetapi belum mempunyai ide dalam merintis bisnis, berikut ini adalah 10 ide investasi mudah yang bisa dicoba di rumah.

Untuk mengawali merintis bisnis Anda bisa memulai dari hal-hal kecil di sekitar kita atau kegiatan yang merupakan hobby. Nah, inilah referensinya bagi Anda.

  1. Online shop

Inilah bisnis yang sedang hits bagi anak muda, yaitu berjualan di online shop atau e-commerce. Anda bisa memasarkan berbagai jenis produk di sini mulai dari pakaian, produk elektronik, aksesoris, atau fashion item lainnya bahkan makanan dan minuman. Untuk sukses pada bisnis ini Anda harus mengetahui trik-trik dalam menggunakan fitur yang tersedia pada situs online serta sosial media seperti Twitter, Facebook, serta Instagram.

  1. Reseller

Untuk memulai bisnis memasarkan produk secara online Anda tak harus mempunyai produk sendiri tetapi bisa membantu menjual produk perusahaan lain atau reseller. Selain akan memperoleh penghasilan dari komisi bila Anda sukses menjual suatu produk Anda juga sekaligus bisa mempelajari ilmu-ilmu marketing. Yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui produk yang tengah digemari masyarakat dan apa sesungguhnya produk yang diperlukan.

  1. Bisnis kuliner

Inilah bisnis yang dianggap dapat memberikan profit berlipat dalam waktu relatif singkat. Tetapi tentu saja Anda harus mampu menciptakan produk unggulan yang unik, berbeda dari yang lain, serta bercitarasa lezat. Dengan demikian produk kuliner Anda akan mampu bersaing di tengah ketatnya kompetisi dalam bisnis tersebut. Apalagi saat ini kuliner juga telah menjadi bagian dari gaya hidup dan trend di masyarakat.

  1. Laundry

Merintis bisnis ini juga dapat digolongkan sebagai investasi mudah karena tak membutuhkan keahlian khusus dalam mengelolanya serta peralatan yang tak terlalu rumit. Yang Anda butuhkan hanyallah mesin cuci, setrika, dan jemuran. Bisnis ini akan lebih mudah berkembang pada lokasi-lokasi yang strategis seperti misalnya daerah kos-kosan, kantor, atau perumahan. Upayakan untuk memberikan layanan semaksimal mungkin agar pelanggan betah menggunakan jasa Anda.

  1. Jasa pengetikan

Bila Anda mempunyai keahlian mengetik cepat dengan 10 jari, mengembangkan bisnis jasa pengetikan bisa menjadi alternatif. Bayaran untuk jasa ini pada umumnya adalah per halaman sehingga semakin banyak klien yang Anda layani omset bisnis Anda juga akan semakin besar. Pelanggan akan setia menggunakan jasa Anda bila hasilnya rapi, bebas kesalahan ejaan, dan sesuai dengan keinginan klien.

  1. Kerajinan tangan

Bila Anda mempunyai hobby atau keahlian untuk membuat beragam kerajinan tangan unik, ini juga bisa menjadi alternatif ide bisnis yang bisa dikembangkan. Kerajinan tangan seperti boneka flanel, produk-produk rajutan tangan, kalung atau bros buatan sendiri, aksesori hijab, dan lain sebagainya tentu akan dilirik konsumen bila mempunyai karakter yang berbeda walaupun terdapat banyak produk yang sejenis di pasaran. Jangan lupa gunakan sosial media sebagai sarana promosi produk buatan Anda.

  1. Fotografer

Untuk ide bisnis berikut ini memang membutuhkan keahlian tersendiri serta sentuhan seni dari jiwa yang artistik. Bila memang Anda memiliki hobby fotografi, manfaatkan hobby ini untuk menjadi sumber penghasilan. Anda bisa memulai dari lingkungan sekitar seperti misalnya acara ulang tahun, prewedding foto untuk teman atau saudara, atau yang lainnya.

  1. Les privat

Bila Anda mempunyai kemampuan di bidang akademik menjadi guru les privat untuk siswa SD hingga SMA bisa menjadi alternatif bisnis yang cukup prospektif. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini para siswa sekolah kesulitan mengejar pelajaran di sekolah bila tanpa les tambahan. Beberapa franchise bimbingan belajar dengan omzet ratusan juta rupiah per semester juga dimulai dari memberikan les privat dari rumah ke rumah.

  1. Café

Bila Anda memang mempunyai modal yang dirasa cukup, bisnis café atau kedai kopi boleh dicoba. Apalagi bila kota domisili Anda merupakan kota pelajar dengan jumlah kampus yang cukup banyak. Pada umumnya para mahasiswa sering memilih café sebagai tempat belajar kelompok, mengerjakan tugas, atau sekedar nongkrong di akhir pekan. Jangan lupa sediakan produk makanan dan minuman unik sebagai daya tarik bisnis Anda.

  1. Franchise

Bagi Anda yang belum cukup percaya diri untuk merintis bisnis sendiri, bisnis franchise atau waralaba bisa dicoba. Bisnis waralaba ini telah mempunyai konsep dan formulasi yang telah teruji sehingga kemungkinan untuk gagal bisa diminimalkan. Meskipun demikian Anda harus tetap bekerja keras karena uang tak akan datang sendiri ke kantong Anda walaupun konsep bisnis yang bagus telah berada di tangan tetapi tak diterapkan semaksimal mungkin.

Nah, semoga ulasan ini bisa menjadi inspirasi bisnis Anda.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.