Apabila Anda bertanya mengenai bisnis apa yang tengah berkembang saat ini, maka apa jawabannya menurut Anda? Usaha atau bisnis kulinerlah yang kini sedang berkembang semakin pesat sehingga mampu memberikan keuntungan yang signifikan sekaligus dijadikan sebagai bentuk investasi masa depan. Hal ini disebabkan karena makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh banyak orang. Apalagi jika Anda menilik potensi bisnis kuliner di kota besar jelas sangat berbeda dengan usaha kuliner di kota kecil. Seperti yang Anda ketahui jika banyak sekali orang yang bekerja mulai pagi hingga malam bahkan mereka tak memiliki waktu untuk membuat makanannya sendiri sehingga membeli makanan di luar pun menjadi pilihan. Apalagi jika jam makan siang tiba, banyak karyawan yang lebih sering membeli makanan di luar bersama teman.

Hal yang sama juga dirasakan oleh mahasiswa. Bila mahasiswa itu merantau dan berkuliah di luar kota, maka secara otomatis mereka akan tinggal di kos-kosan atau kontrakan dimana anak kos lebih cenderung membeli makanan di luar karena sibuknya tugas maupun perkuliahan sehingga dengan membeli makanan di luar, maka mereka telah menghemat waktu dan dinilai jauh lebih praktis daripada harus memasak sendiri dan berbelanja bahannya di pasar. Bahkan sekarang makanan tak hanya dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan primer agar manusia dapat hidup dan memiliki energi untuk bekerja karena makanan telah menjadipenunjang gaya hidup seseorang. Semakin mewah makanan yang dimakan, maka semakin tinggi pula status sosial seseorang. Sebaliknya, semakin terjangkau makanan yang dapat dibeli, maka disitulah status sosial akan diketahui meskipun banyak juga orang kaya yang mau membeli makanan murah karena rasanya yang murah.

Banyak orang yang berlomba-lomba setiap harinya mencoba makanan baru dan mengunggah foto makanan tersebut di media sosial sehingga bisa terlihat gaul ataupun keren karena bisa mencoba makanan unik. Apalagi pemilik bisnis pun kini juga telah melek pengetahuan sehingga mampu membuat berbagai macam inovasi atau menciptakan makanan unik lainnya yang enak. Terbukti dengan banyaknya restoran, kedai maupun cafe yang bermunculan sehingga dapat memberikan pilihan bagi konsumen untuk mencoba mana yang mereka inginkan. Namun jika Anda merupakan pemilik dari bisnis kuliner di kota besar, maka sebaiknya perhatikan beberapa tips untuk mengembangkannya sebagai berikut:

  • Harus berani membuat inovasi

Semakin majunya perkembangan dan juga selera masyarakat yang cepat bosan dan mudah berubah-ubah membuat pemilik usaha secara tidak langsung dituntut guna melakukan perubahan atau inovasi. Berikan sentuhan berbeda dari bisnis kuliner yang Anda jalankan dari biasanya dan tinggalkanlah cara lama agar produk yang Anda jual memiliki nilai lebih tinggi dari produk sebelumnya sekaligus dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Inovasi memiliki makna yang cukup luas dan sangat tepat bila diterapkan dalam bisnis kuliner. Inovasi bisa berbentuk apa saja mulai dari nama produk yang unik dan aneh sehingga konsumen tertarik untuk mencobanya, inovasi dalam hal rasa, bentuk dari kemasan maupun sebagainya. Adanya inovasi akan membuat masyarakat menjadi tidak jenuh dan bosan dengan varian yang itu-itu saja apalagi konsumen mempunyai sifat suka mencoba sekaligus mudah dalam menerima adanya inovasi baru. Keberanian dalam hal inovasi memang sangat dibutuhkan oleh para pebisnis demi masa depan dari usaha Anda.

  • Pertimbangkan membuat makanan sehat

Saat ini banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan keuntungan mudah dengan jalan yang instan sehingga banyak ditemukan kasus makanan yang mengandung bahan pengawet atau bahan-bahan yang tidak seharusnya digunakan untuk makanan seperti formalin, boraks, pewarna tekstil dan sebagainya sehingga membuat konsumen merasa was-was untuk membeli makanan. Apalagi jika berjualan di pinggir jalan, maka makanan rawan terkena polusi, asap dan debu yang justru membahayakan kesehatan bila makanan itu masuk ke dalam tubuh. Sangatlah baik bila Anda bisa membuat makanan yang tak hanya sekedar nikmat namun juga memiliki manfaat untuk tubuh apalagi gaya hidup masyarakat modern lebih cenderung mengonsumsi makanan instan yang berbahaya. Adanya makanan sehat akan diterima dengan mudah oleh masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Anda juga bisa bertanya kepada pemilik restoran yang anda anggap sukses mengenai tips menjalankan usaha kuliner. Dengan melihat potensi bisnis kuliner di kota besar, semoga Anda bisa mendapat inspirasi untuk tergerak dalam membangun sebuah bisnis serupa guna yang dapat memberikan keuntungan maksimal sekaligus sebagai cara untuk berinvestasi.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.