8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah – Apakah Anda ingat sebuah nasihat di masa lalu yang selalu memperingatkan agar Anda berhati-hati dalam berhutang sebab bunga yang ada akan terus bergulung menagih Anda tanpa henti bahkan saat Anda tidur.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Meskipun Anda tidur, bunga yang ada akan terus terhitung tanpa henti. Lalu, bagaimana jika kemudian keadaan dibalik dimana Anda yang menghasilkan passive income melalui bunga?

Apakah saat ini uang Anda telah berhasil mendapatkan passive income di luar pekerjaan utama Anda?

Apakah itu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Karena kita masih hidup di era internet, tidak sulit mendapatkan uang tambahan melalui pekerjaan sampingan.

Baca Juga: Menurut Para CEO Dunia, 8 Hal Ini Harus Anda Lakukan Di Saat Usia 20-an

Dengan pemikiran tersebut, berikut adalah 8 cara agar Anda benar-benar bisa mendapatkan passive income dengan mudah:

8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah

cara mendapatkan passive income

1. Memulai Sebuah Blog

membuat sebuah blog

Mungkin cara yang paling populer untuk mendapatkan passive income adalah dengan memiliki blog Anda sendiri.

Baca Juga: Kisah Sukses Gina Trapani, Blogger Wanita Terkaya Di Dunia

Hanya butuh waktu beberapa menit untuk menyiapkan dan modal yang murah untuk memulai – cukup beli nama domain Anda dan bayar untuk hosting.

Setelah itu, mulailah membuat konten yang akan membuat orang tertarik untuk membaca atau berbagi. Misalnya, jika Anda seorang akuntan yang telah membantu pemilik usaha kecil dengan pajak mereka, maka itu bisa menjadi blog Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Blog

Pastikan topik yang Anda tulis sangat populer. Setelah mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa mulai menghasilkan uang dari blog Anda dengan menghasilkan komisi sebagai afiliasi.

Di sinilah Anda mengiklankan produk atau layanan orang lain di situs Anda. Pastikan produk atau layanan ini relevan dengan blog Anda.

Misalnya, blog akuntansi bisa menjadi afiliasi untuk perangkat lunak akuntansi atau faktur. Setelah Anda menemukan mitra afiliasi Anda akan diberi kode unik sehingga setiap kali pengunjung mengklik link di situs Anda, Anda akan mendapatkan komisi Anda.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Hal kedua adalaha dengan menemukan sponsor. Ini sedikit berbeda dengan hanya menjual iklan di situs Anda. Sponsor dapat berupa konten disponsori satu kali atau logo permanen yang disematkan di footer.

Pemberi sponsor tentunya harus membayar kepada Anda jika ingin logonya ditampilkan di situs yang Anda miliki.

2. Jual Produk yang Informatif

video tutorial - ebook - informatif - panduan

Jika Anda memiliki pengetahuan di area tertentu, Anda dapat mulai membuat produk seperti eBook atau video tutorial dan menjualnya di blog atau toko online Anda.

Baca Juga: Perbesar Bisnis Online Anda dengan Memahami Konsep SEO

Mungkin diperlukan banyak upaya untuk menciptakan dan memasarkan produk informatif Anda, tapi begitu semua pekerjaan selesai, Anda bisa mengatur dan mengumpulkan hasilnya yang pastinya menguntungkan.

3. Dapatkan Royalti

komisi royalti investasi

Jika Anda seorang musisi, aktor, atau penulis berbakat, Anda bisa mendapatkan royalti dari pekerjaan Anda. Dengan kata lain orang akan membayar Anda untuk menggunakan karya atau aset kreatif Anda.

4. Buat Komunitas Keanggotaan

komunitas keanggotaan audiens ramai

Jika Anda telah membuktikan diri Anda sebagai figur otoritas, Anda dapat membuat komunitas keanggotaan tempat Anda membayar biaya bulanan untuk menerima konten berkualitas tinggi dan informasi tambahan yang tidak tersedia bagi yang bukan anggota.

Baca Juga: 10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing yang Perlu Anda Tahu

Salah satu contoh favorit saya adalah Timothy Sykes yang menghasilkan pendapatan pasif lebih dari $100.000 (Rp 1.324.500.000) per bulan melalui anggota komunitasnya yang membahas bagaimana orang bisa menghasilkan uang dalam perdagangan saham.

5. Jual Beli Domain atau Website

jual website jual domain

Jika Anda telah memasukkan waktu dan usaha untuk membangun sebuah situs web dan Anda telah mendapatkan banyak pengunjung, Anda mungkin bisa menjualnya ke pihak yang berkepentingan dengan mencantumkan di pasar seperti Flippa.

6. Jual Produk Fisik

Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Sama seperti dengan situs blogging, ada beberapa cara untuk mendapatkan passive income dengan menjual produk fisik. Mungkin salah satu cara yang paling dikenal adalah menjual produk bekas lama Anda di eBay.

Baca Juga: Menjajal Bisnis Franchise? Berikut 7 Strategi dan 10 Peluang Bisnis Franchise yang Wajib Anda Coba

Tetapi bahkan jika Anda tidak memiliki barang yang tersisa untuk dijual, Anda bisa mulai berbelanja. Di sinilah Anda menjual produk untuk sebuah perusahaan di Tokopedia, Shopee dan mereka akan mengurus sisanya – termasuk pengiriman.

Anda juga bisa meluncurkan toko online Anda sendiri dengan memanfaatkan banyak marketplace yang sudah tersedia saat ini. Mereka benar-benar memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk menjual produk secara online.

7. Berinvestasi dalam Peer to Peer Lending

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 4

Saat ini KoinWorks hadir sebagai salah satu platform online terpercaya yang memungkinkan setiap orang untuk menjadi pemberi pinjaman.

Baca Juga: Masih Ragu Untuk Investasi di Peer to Peer Lending? Baca Ini Dulu!

KoinWorks akan mencocokkan Anda dengan konsumen yang mengajukan pinjaman untuk modal usahanya. Anda bisa mendapatkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi atas pinjaman yang Anda keluarkan karena disini Anda berhadapan langsung dengan peminjam.

Bunga mulai dari 18% per tahunnya akan Anda dapatkan melalui investasi peer-to-peer lending dari KoinWorks.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Di samping itu, untuk mulai berinvestasi juga tidak memerlukan biaya yang besar, Anda juga hanya memerlukan modal investasi mulai dari Rp 100 ribu.

Setelah Anda berinvestasi, dan terjadi efek compounding maka passive income yang didapatkan akan terus bertambah menjadi semakin banyak.

Baca Juga: Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Silakan hitung sendiri estimasi uang Anda dengan di masa depan setelah memanfaatkan efek compounding dengan kalkulator berikut:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Future Value:
Bunga Keuntungan:

Sangat menarik, bukan?

8. Sewa Properti

rumah - gadai rumah - investasi properti

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyewakan properti yang Anda miliki. Dalam hal ini, tentunya Anda harus memiliki sebuah properti dahulu sebelumnya.

Baca Juga: Supaya Bisa Investasi Sedari Muda, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Untuk membeli sebuah properti mungkin akan dibutuhkan modal besar di awalnya, namun jika Anda membeli aset di lokasi yang tepat, percayalah bahwa aset ini akan menghasilkan passive income yang besar bagi Anda dikemudian hari.

Nah, itulah tadi 8 cara menghasilkan passive income dengan mudah. Pilihlah cara mana saja yang menurut Anda paling mudah dan nyaman untuk dijalankan. Yuk mulai ciptakan passive income sekarang juga!




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?