Home » Blog » Bisnis & UKM » 3 Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnismu

3 Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnismu

·
2 menit
influencer marketing

Influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang memanfaatkan peran influencer, atau figur publik internet, di dalamnya. Dengan menggunakan strategi influencer marketing ini berarti kamu akan menjalin kerja sama dengan influencer yang akan mempromosikan produkmu melalui konten yang mereka buat dan bagikan di media sosial. 

Influencer marketing menjadi salah satu strategi andalan pada era sekarang. Itu disebabkan oleh tingginya angka penggunaan media sosial di kalangan masyarakat hari ini, kemudahan akses, juga karakteristik pengguna internet yang menyukai juga mempercayai ulasan para influencer. 

Ini 3 alasan mengapa influencer marketing penting buat bisnismu. 


1. Tingkatkan kepercayaan konsumen dengan cepat

Riset lembaga SlickText tahun 2021 menunjukkan, lebih dari 38 persen konsumen mengandalkan ulasan (review) dari para influencer sebelum membeli produk secara online, sementara 30 persen lainnya mengaku terbiasa mendengarkan ulasan produk dari para influencer sebanyak beberapa kali dalam satu hari.

Angka tersebut juga terus berkembang beriringan dengan perkembangan teknologi yang kian pesat di beberapa tahun ke depan. Alhasil, jutaan brand mulai mengandalkan influencer marketing sebagai strategi mereka untuk menarik perhatian sekaligus minat konsumen terhadap produk dan jasa mereka. 

2. Cenderung cepat balik modal

Setiap influencer memasang tarif yang berbeda untuk setiap layanan promosi dan endorse yang mereka tawarkan. Angkanya berkisar antara ratusan ribu sampai dengan puluhan juta rupiah.

Nampak mahal bila dilihat dari segi pengeluaran jangka pendek. Namun, berinvestasi pada influencer marketing cenderung membuatmu cepat balik modal. Itu karena pengaruh iklan seorang influencer yang tepat bisa membuat banyak konsumen langsung tertarik dan membeli produk yang kamu tawarkan. 

3. Menambah followers media sosial bisnis

Dampak lain dari menggunakan influencer marketing untuk bisnis adalah bisa meningkatkan brand awareness konsumen. Selain mengetahui brand beserta produk yang dijual, konsumen juga akan mengikuti media sosialmu untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 


Yuk, segera gunakan strategi influencer marketing untuk meningkatkan eksistensi bisnismu! Gunakan layanan Endorsaja supaya bisnismu makin melejit dan dikenal banyak orang.

Endorsaja adalah marketplace yang mempertemukan influencer dengan brand untuk mengoptimalkan kebutuhan digital marketing.

Dapatkan harga terbaik untuk menikmati layanan Endorsaja di KoinWorks Business Marketplace. Lebih hemat jutaan rupiah, plus berhadiah menarik setiap transaksinya. Klik di sini sekarang juga!

Selma Kirana
Aspiring story-teller. A former journalist being lovestruck in finance industry.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​