Tips Memulai usaha Puding yang Bikin Kangen

Puding adalah makanan yang enak tapi memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Oleh karena itu, sesungguhnya memulai usaha puding bisa sangat menarik dan mudah untuk dilakukan.

Mengapa bisnis puding?

Pada dasarnya puding adalah salah satu jenis makanan yang sangat mudah dalam hal pembuatannya. Puding hanya perlu dipanaskan dan didinginkan untuk bisa menjadi sebuah produk. Mudahnya pembuatan puding menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini adalah bisnis yang menarik.

Selain itu, masih banyak lagi alasan mengapa bisnis puding adalah sebuah bisnis yang menarik untuk digeluti. Keuntungan ini antara lain adalah :


  • Banyak yang suka puding

Salah satu alasan mengapa bisnis puding menarik adalah banyaknya orang yang menyukai puding. Puding adalah makanan yang sehat dan segar. Sehat karena banyak serat dan segar karena kamu bisa memakannya dengan tetap nikmat meski dimasukkan ke dalam lemari es.

Selain itu, puding juga merupakan salah satu makanan yang bisa ditemukan dalam banyak rasa. Hal inilah yang membuat makanan ini menjadi banyak peminatnya. Banyaknya peminat puding membuat makanan ini menjadi salah satu hidangan yang sangat cocok untuk digunakan sebagai usaha rumah tangga.


  • Puding bisa dibentuk dengan banyak bentuk

Selanjutnya, puding adalah makanan yang menarik karena kamu bisa membuatnya menyerupai banyak bentuk. Banyaknya bentuk yang bisa kamu dapatkan dari puding ini membuat produk ini bisa dibuat untuk banyak keperluan.

Contohnya, puding bisa digunakan untuk pengganti kue ultah, bisa untuk hadiah, dan bisa juga dibuat dengan model apapun. Hal ini disebabkan karena puding merupakan produk yang dibuat dari bahan cair yang kemudian dikeraskan.


  • Banyak tutorial buat puding unik

Selanjutnya, jika kamu adalah orang yang ahli dalam membuat makanan dessert seperti puding atau bahkan menempuh sekolah khusus maka kamu bisa membuat kreasi puding sendiri. Tapi jika kamu tidak memiliki background pendidikan masak, kamu juga bisa mencari referensi dari youtube untuk desain puding yang lebih kreatif.

Bagaimana, banyak banget bukan keuntungan yang kan kamu dapatkan jika mulai bisnis puding? Untuk kamu yang tertarik memulai bisnis puding ini kamu harus tahu bahwa bisnis puding bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini.


Jenis bisnis puding 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis membuat puding adalah sebuah bisnis yang bisa dilakukan dengan banyak cara. Beberapa cara membuat bisnis puding ini antara lain adalah

  • Bisnis puding rumahan

Bisnis puding pertama yang bisa kamu coba adalah bisnis puding rumahan. Bisnis puding ini adalah usaha yang bisa kamu lakukan dengan cara membuka bisnis kamu di rumah. Kamu bisa membuka bisnis puding baik dengan tanda ataupun bisnis dari mulut ke mulut.

Bisnis puding rumahan juga ada 2 jenis yaitu bisnis puding dengan ukuran besar dan puding dengan ukuran kecil-kecil. Bisnis puding dengan ukuran besar bisa dijual dengan sistem pre order sedangkan bisnis puding kecil bisa di simpan di kulkas kamu bisa dititipkan ke tempat jualan lain.


  • Bisnis puding cafe

Jika kamu ingin lebih serius dalam memulai usaha puding, kamu juga bisa mencoba bisnis puding cafe. Bisnis puding cafe adalah bisnis puding yang bisa kamu coba dengan cara membuat cafe dengan hidangan utama puding.

Jika kamu memiliki bisnis seperti ini maka puding yang kamu buat harus benar-benar istimewa. Selain itu, jenis puding harus beragam dan disertai minuman-minuman yang enak untuk menarik lebih banyak konsumen.


Tips memulai bisnis puding 

Selanjutnya kami akan membahas mengenai tips untuk berjualan puding. Apa saja tips yang bisa digunakan untuk membuat bisnis puding kamu makin banyak menarik perhatian? Berikut ini adalah ulasannya.

  • Buat puding yang banyak disukai

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis puding, pastikan kamu tahu jenis puding seperti apa yang banyak menarik perhatian. Contohnya adalah silky puding. Jenis puding ini adalah jenis puding yang banyak disukai. Jenis puding ini enak dan sangat lembut sehingga banyak penggemarnya.

Bukan hanya jenisnya saja. Tapi perhatikan juga mengenai rasa puding yang populer. Kamu juga bisa menambahkan fla pada puding kamu sehingga puding kamu lebih menarik dan lebih banyak disukai.


  • Gunakan bahan yang berkualitas

Selanjutnya, untuk kamu yang ingin membuat puding yang akan dijual kembali pastikan kamu membuat puding dengan bahan yang berkualitas. Membuat puding dengan bahan yang berkualitas akan membuat puding lebih enak. Jika puding kamu lebih enak maka akan lebih banyak orang yang memesan kembali puding buatan kamu.


  • Gabungkan dengan produk lain

Selanjutnya untuk membuat puding kamu lebih menarik lagi, kamu tidak hanya bisa menggabungkannya dengan makanan pelengkap seperti fla. Selain membuat pelengkap seperti fla, kamu juga bisa menggunakan produk lain untuk digabungkan dengan puding kamu. Salah satu contohnya kelapa muda atau menggunakan kue atau cake.

Menambahkan produk lain akan membuat produk kamu lebih unik dan istimewa. Akan tetapi pastikan kamu tahu terlebih dahulu mengenai hasil kombinasi makanan yang sudah kamu buat. Pastikan rasanya enak dan bisa diterima oleh lidah para pecinta puding.


  • Lakukan edukasi

Selanjutnya adalah melakukan edukasi. Jika kamu akan membuat sebuah bisnis puding atau makanan lain, melakukan pemasaran dengan sosial media akan sangat membantu. Jika kamu sudah memiliki sosial media, pastikan kamu menggunakan sosial media ini tidak hanya untuk promo tapi untuk edukasi.

Seperti yang kita tahu, puding adalah makanan yang dibuat dengan bahan yang berserat tinggi. Hal ini membuat makanan ini menjadi makanan yang sangat sehat. Akan tetapi tidak banyak orang yang memperhatikan manfaat dari puding ini.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis puding kamu bisa membuat edukasi mengenai apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen puding. Hal ini akan membantu kamu untuk meningkatkan value dari bisnis kamu.


  • Buat model puding yang unik dan menarik perhatian

Selanjutnya adalah belajar membuat model puding yang unik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, puding adalah jenis makanan yang bisa dibuat dengan banyak model.

Hal ini memberikan keuntungan bagi kamu karena kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memudahkan pembuatan puding yang unik. Cari saja tutorialnya, ada banyak sekali model puding baru yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Untuk kamu yang kreatif dan memperhatikan detail, kamu juga bisa membuat puding seni dengan gambar didalamnya. Jika kamu bisa membuatnya maka sudah pasti bisnis puding kamu akan sangat populer dan sangat diminati untuk acara spesial.

Nah, jika demikian ulasan yang bisa kami berikan untuk kamu yang ingin sukses dalam memulai usaha puding ini. Semoga ulasan mengenai pembuatan puding ini bisa membantu kamu untuk membuat puding dengan gaya dan rasa yang terbaik.

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Miko

Miko

Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.