Kunci Sukses Mencari Investor Individu Untuk Modal Awal Bisnis

Mencari Investor Bisnis

Ingin mencari investor untuk modal awal bisnis? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Salah satu hal terpenting dalam membangun sebuah bisnis adalah mengumpulkan pundi-pundi untuk modal awal bisnis.

Mengandalkan gaji pekerjaan utama saat ini untuk mengumpulkan modal usaha mungkin memang bisa namun ditengah kesulitan ekonomi seperti sekarang rasanya mengandalkan gaji saja tidak cukup.

Mengingat kini harga kebutuhan hidup maupun juga berbagai macam kebutuhan pendukung seperti pendidikan juga mengalami peningkatan signifikan.

Diperlukan kunci sukses mencari investor individu untuk modal awal bisnis apalagi investor cukup sulit untuk dirayu mengingat uang yang menjadi pertaruhannya dan juga investor belum tentu akan mempercayakan uangnya pada bisnis yang belum berkembang sama sekali.

Namun bukan berarti tak ada investor yang akan menerima bisnis kamu meskipun baru dimulai dari bawah.

Hanya saja, butuh tenaga ekstra keras untuk bisa mendapatkan perhatian dari investor tersebut agar mau menerima bisnis kamu apalagi jika mencarinya secara individu.


Buat Daftar Calon Investor Potensial

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin mencari Investor adalah mengumpulkan nama-nama Investor yang sekiranya bisa kamu yakinkan untuk mempercayakan dananya untuk kamu kelola di bisnis milikmu.

Bagaimana cara mencari calon investor yang sesuai?

Pertama-tama kamu bisa mulai mencari tahu nama-nama Perusahaan Investor yang kian aktif melakukan pendanaan kepada start up di Indonesia.

Dilansir dari CNBC, perusahaan seperti East Ventures, AC Ventures, MDI Ventures, dan Sequoia Capital India merupakan Investor teraktif di tahun 2021.

Jika perusahaan-perusahaan tersebut terlalu besar dan kamu belum memiliki cukup keberanian untuk menargetkan mereka, maka kamu bisa mulai dari mencari Angel Investor yang ada di lingkungan terdekatmu.

Angel Investor merupakan sebutan bagi individu dengan jumlah kekayaan bersih yang tinggi dan dengan memberikan pendanaan kepada perusahaan rintisan, pengusaha kecil, atau startup yang menjanjikan imbalan berupa ekuitas kepemilikan atau royalti.


Buat Proposal Usaha

Untuk mendapatkan investor tentunya banyak hal yang harus dilakukan seperti membuat proposal.

Proposal merupakan jalan pertama yang harus kamu lalui jika ingin memperoleh ACC dari investor, karena melalui Proposal calon Investor bisa mengetahui lebih rinci tentang bisnis yang sedang kamu bangun.

Tidak perlu kamu membuat proposal berlembar-lembar dan setebal kamus karena ketebalan proposal tidak akan berpengaruh pada pikiran sekaligus keyakinan investor.

Belum tentu makalah yang setebal itu langsung mengena pada bagian isi dan bisa saja hanya berputar-putar sehingga membuat investor justru bingung dengan inti dari usaha yang kamu buat.

Buatlah proposal yang singkat namun sangat padat informasi.

Cantumkan profil dari perusahaan ataupun bisnis yang kamu bangun dengan latar belakangnya, perkiraan dana yang dibutuhkan untuk membangun semua usaha agar langsung bisa siap pakai.

Hal terpenting adalah kamu mampu menjelaskannya dengan baik sembari investor melihat-lihat proposal yang kamu buat.

Mengapa demikian?

Karena sebenarnya investor tidak akan membaca keseluruhan isi dari proposal.

Seringkali investor hanya melihat jumlah dana yang dibutuhkan dan selebihnya mengandalkan kemampuan pemilik usaha untuk menjelaskan lebih detail lagi usaha yang dirintis secara tidak langsung.

Jika seandainya bisnis tersebut bukan bisnis rintisan awal, maka kamu diminta menunjukkan arus dana kas perusahaan.

Namun jika bisnis itu adalah bisnis baru, maka kamu bisa memperlihatkan rekening koran atau tabungan yang kamu miliki sekaligus dengan aset pribadi yang memang diatasnamakan dengan nama kamu atau milik sendiri sehingga pihak investor akan semakin percaya.


Presentasikan dengan Sebaik Mungkin

Jika proposal usahamu sudah cukup bagus maka hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempresentasikan proposal tersebut dengan baik dan menarik.

Yakinkan para investor bahwa bisnis yang kamu bangun ini akan mendatangkan keuntungan untuk mereka di masa mendatang.

Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh investor dengan lugas dan tanpa keraguan, karena dengan begitu para calon investor bisa melihat seberapa dalam pengetahuan kamu terhadap rencana bisnis tersebut.

Jangan lupa untuk menjaga kontak mata kepada calon investor karena hal tersebut akan menunjukkan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri yang baik untuk menjalankan bisnis tersebut.

Bisa diibaratkan hal ini sama dengan kamu sedang menjalankan ujian skripsi dimana sebenarnya tak semua dosen membaca skripsi yang kamu buat secara langsung dalam presentasi karena tidak memungkinkan dan waktu yang dimiliki juga tidak banyak.

Tunjukkan diri kamu yang sebenarnya dalam melakukan presentasi di hadapan investor.

Tuangkan semua ide dan juga inspirasi kamu yang mendasari pembangunan bisnis tersebut.

Jelaskan pula semua rencana bisnis mulai dari skala usahanya, produk maupun jasa apa yang akan ditawarkan oleh perusahaan kamu bahkan mengenai jumlah karyawan yang sekiranya dibutuhkan.

Tunjukkan pula tujuan kamu membangun bisnis tersebut dan target apa yang akan dicapai dan dalam jangka waktu berapa lama kira-kira target akan tercapai.

Jika kamu mampu meyakinkan investor dengan berbagai macam ide yang menarik, maka kemungkinan besar pihak investor akan mempertimbangkan untuk menyumbangkan dananya menuju usaha kamu.


Apabila kunci sukses mencari investor individu untuk modal awal bisnis telah kamu ketahui dengan baik, maka kamu hanya perlu mempraktekkannya dan mencoba menarik minat para investor agar mau berinvestasi dengan bisnis kamu.

Perlu dipahami bahwa mencari calon investor yang ingin mendanai bisnis merupakan hal yang tidak bisa dikatakan mudah, tapi tentunya dengan keyakinan dan kegigihan hal tersebut bisa saja terwujud.

Selain bergantung dengan pendanaan investor, kamu juga bisa mengandalkan produk pinjaman modal usaha untuk mulai merintis bisnismu.

Di KoinWorks, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha sampai dengan 2 Miliar melalui produk andalan UKM yaitu KoinBisnis.

Proses pengajuan yang mudah dan bunga pinjaman yang rendah merupakan alasan utama mengapa KoinBisnis kian digandrungi oleh para pelaku UKM.

Simulasikan pinjaman modal usaha kamu dibawah ini, yuk!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.