Salah satu kendala pengusaha mikro di Indonesia adalah modal. Jika pengusaha kelas kakap butuh dana kas agar bisnisnya tetap berjalan, maka pengusaha kecil dan menengah membutuhkan dana untuk memulai.  Banyaknya hambatan yang ditemukan di lapangan bagi para pelaku usaha mikro ini adalah ketika mereka tidak mampu melayani permintaan dari konsumen hanya kareka kekurangan modal. Dan ini adalah isu yang telah berlangsung bertahun-tahun di dunia pengusaha kecil. Tidak heran kalau pemerintah menerbitkan peraturan agar industri perbankan mengalokasikan dana sebesar 20 persen untuk pengembangan UMKM di Indonesia. Potensinya sendiri mencapai 20 triliun rupiah, sebuah angka yang cukup besar untuk membantu para pemain UMKM mengembangkan usahanya.

Namun jika saat ini banyak usaha yang tidak bankable sehingga tidak bisa menarik minat bank untuk berinvestasi, ada sumber modal lain yang tidak kalah penting dan bisa dijadikan alternatif pendanaan. Konsep ini disebut sebagai peer to peer lending. Kalau kita telah mengenal istilah crowdfunding, maka definisi P2P Lending ini hampir sama, yaitu pinjam meminjam uang antar individu melalui sebuah platform yang mempertemukan kedua pihak. Di dunia offline, ada acara yang bernama Industry Platform yang mempertemukan antara pelaku industri dengan investor. Nah, di dunia online ada KoinWorks yang mempertemukan pelaku UMKM dengan calon pemodalnya. Ini sangat membantu keduanya dalam mengembangkan bisnis maupun menganakpinakkan dana pasif.

Di era ekonomi digital seperti sekarang ini, dunia sudah semakin terhubung. Tidak saja antara negara dengan negara, melainkan juga individu dengan individu. Konsep peer to peer lending ini sendiri diperkenalkan pertama kali di Inggris tahun 2005 yang lalu. Bahkan disusul di negara-negara lain seperti Kanada, Amerika, China, New Zealand, India, Sweia, Israel dan Brazil. Lalu sekarang mulai merambah Indonesia melalui KoinWorks. Mengapa di negara-negara tersebut sukses? Karena pelaku UMKM di sana lebih memilih menggunakan platform UMKM karena prosesnya lebih cepat dan tanpa ada prosedur yang berbelit.

Bagi pelaku usaha mikro, keberadaan KoinWorks menjadi berkah tersendiri karena bisa menjadi sumber modal alternatif ketika sumber-sumber lain sudah mentok. Atau bahkan bisa dijadikan satu-satunya sumber pendanaan. KoinWork telah menjadi bagian dari ekonomi digital yang telah berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi sektor riil di Indonesia.

Bagaimana cara kerja peer to peer lending KoinWorks? Anda bisa memilih apakah mau registrasi sebagai peminjam atau sebagai orang yang meminjamkan. Setelah itu bisa memilih (bagi peminjam) berapa jumlah yang dipinjam dan berapa lama akan meminjam. Tidak perlu khawatir tentang jumlah pinjaman, karena KoinWorks pun menawarkan pinjaman mulai dari 100 ribu rupiah hingga 25 juta rupiah. Sangat membantu bagi pelaku-pelaku usaha mikro yang membutuhkan tambahan modal.  Setelah akunnya disetujui oleh pihak KoinWorks, lalu permohonan pinjaman tersebut akan diposting sehingga calon pemberi modal bisa membaca dan mereview tawaran investasi tersebut. Jika banyak yang tertarik, maka aliran dana sudah mulai masuk dari banyak individu.

Uniknya, peer to peer lending di KoinWorks bunganya relatif lebih murah dari bank. Kalau sering mendengar cerita debitur yang ditagih debt collector berwajah sangar, maka di sini tidak perlu khawatir akan terjadi hal seperti itu. Apalagi karena investornya adalah invididu, relatif lebih “aman” karena tidak menyewa “tukang pukul” seperti layaknya bank. Modal paling utama dalam meminjam adalah kepercayaan.  Untuk para investor sendiri, bisa membandingkan antara bunga deposito dengan bunga dari KoinWorks.

Kelebihan lain untuk pelaku usaha mikro adalah tidak perlu ada yang namanya verifikasi data.  Bandingkan di bank-bank yang mengharuskan calon debitur mengisi data yang sesuai dan apabila terjadi perbedaan maka bisa dianulir aplikasi pengajuan kreditnya. Sementara di KoinWorks yang perlu dilakukan adalah mengisi form aplikasi online. Selebihnya, menunggu persetujuan dan ditampilkan di website.

Jadi bagi Anda pelaku usaha kecil dan menengah yang selama ini sudah mencoba mencari modal dari bank maupun perorangan dan belum menunjukkan hasil positif, ada baiknya mencoba KoinWorks. Selain lebih cepat, mudah, platform peer to peer lending lebih murah bunga pinjamannya.

Selamat berbisnis!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.