Home » Blog » Gaya Hidup » Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

tagihan-bengkak-banyak-stress-tagih-bon-bill-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup-credit scoring

Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman – Sebagai pemberi pinjaman, Anda berhak mendapatkan kembali uang yang dipinjam dalam jangka waktu sesuai perjanjian. Terlepas dari hubungan pertemanan, Anda tetap berhak akan hal itu.

Kesulitannya adalah bagaimana cara menagih utang ke teman yang lupa melunasinya. Padahal sudah ada tenggat waktu yang teman Anda janjikan, atau bahkan sudah melewati batasnya.

Baca juga: Mau Meminjamkan Uang Kepada Keluarga? Ayo Terapkan 6 Tips Bermanfaat Ini!

Pasti banyak alasan yang terkadang membuat Anda jengkel dengan teman seperti itu. Walaupun banyak juga dari Anda yang merasa kasihan mendengar alasan-alasan mereka menunda pelunasan.

Coba perhatikan tips cara menagih utang ke teman berikut ini yuk!


Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Ingatkan Tenggat Waktu Pembayaran

memanfaatkan waktu - produktif - produktivitas

Jangan lupa untuk menentukan deadline pelunasan pinjaman. Di antara Anda dan teman Anda seharusnya sudah mengetahui akibat dari keterlambatan pengembalian. Dari sisi Anda pasti merasa dirugikan, apalagi saat itu kebetulan Anda sedang membutuhkan uang juga.

Baca juga: Kesalahan-Kesalahan Umum Mengajukan Pinjaman Perorangan Tanpa Jaminan

Kalau perlu, buat perjanjian tertulis antara Anda dengan teman Anda sebagai bukti bahwa teman Anda sudah melewati deadline yang telah disepakati bersama. Cobalah berbicara baik-baik dengan teman Anda dan ingatkan tentang hal ini secara sopan.


Beritahu Kebutuhan Anda

Kebutuhan, Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Jika cara pertama diabaikan, Anda bisa mulai memulai percakapan lagi dengan teman Anda di kemudian hari. Ceritakan kebutuhan Anda saat itu, bahwa Anda sangat mengharapkan pelunasan secepatnya.

Baca juga: Penuhi 4 Kriteria ini untuk Rencana Pengelolaan Utang

Uang Anda adalah hak Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan menyinggung perasaan teman Anda selaku peminjam. Sebisa mungkin Anda menyampaikannya dengan baik dan sopan.


Minta Bantuan Pihak Ketiga

Pihak Ketiga, Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Cara ketiga adalah meminta bantuan kepada pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud yaitu teman dekat, sahabat, atau pacar dari teman Anda. Minta tolong pada salah satu dari mereka untuk menagih utang teman Anda.

Baca juga: 6 Hal Berikut Ini Menjelaskan Bahwa Terlalu Baik Bisa Menguras Dompet

Hal ini dilakukan setelah tidak ada kemajuan dari teman Anda yang memiliki utang. Sebab biasanya seseorang akan cepat menyadari kesalahannya ketika ada teman dekat atau pacar yang mengingatkannya secara langsung.


Hubungi Keluarga Dekatnya

Hubungi Keluarga, Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Cara keempat ini sudah masuk ke tahap serius. Jika mulai ada tanda-tanda menjauh dan akan menghilang dari teman Anda, langsung saja Anda hubungi keluarga dekatnya yang tinggal satu rumah dengannya.

Baca juga: Rasakan 7 Hal Luar Biasa Ini Saat Anda Sudah Terbebas dari Utang

Jangan takut, Anda harus berusaha keras mendapatkan hak Anda kembali. Namun, tetaplah berbicara sopan dengan keluarganya. Jangan sampai Anda dicap sebagai penagih utang yang kejam dan jahat.


Datangi Rumahnya

Datangi Rumahnya, Inilah 5 Cara Ampuh Menagih Utang ke Teman

Ini adalah opsi terakhir Anda dalam menagih utang teman Anda. Datangi rumahnya di mana pun ia tinggal. Oleh karena itu, pentingnya bukti perjanjian dalam pinjam meminjam. Sebab jika ada permasalahan seperti ini, Anda tidak kebingungan mencari di mana alamat rumahnya.

Baca juga: Mencari Pinjaman Uang? Berikut Cara yang Bisa Anda Tempuh

Kalau teman Anda tidak ada keinginan untuk membayar, Anda bisa membawa permasalahan ini ke ranah hukum. Dengan syarat, utang teman Anda ada pada nominal yang besar dan butuh pertanggungjawaban.


Demikian cara ampuh menagih utang ke teman yang bisa Anda terapkan. Sekali lagi, cara-cara di atas berlaku untuk nominal yang cukup besar. Lain halnya saat teman Anda berutang saat makan siang, atau saat Anda meminjamkan untuk keperluan transport pulang kerja.

Nah, bagi Anda yang masih takut meminjamkan uang dalam jumlah besar ke teman Anda, alternatif lainnya yaitu Anda bisa melakukan pendanaan di KoinWorks. Selain mendapat keuntungan lebih, pendanaan di KoinWorks cenderung lebih aman dan terpercaya.

Baca juga: 6 Strategi Melunasi Utang untuk Anda yang Punya Penghasilan Fluktuatif

Sebagai lender, Anda bisa langsung mendaftar di sini untuk melakukan pendanaan. Jika merasa sulit registrasi melalui website KoinWorks, silakan download aplikasi KoinWorks untuk memudahkan Anda.

Bagaimana? Berminat untuk memajukan bisnis-bisnis di Indonesia?

Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat