6 Tips Meminjamkan Uang Kepada Keluarga – Masalah keuangan merupakan hal yang sangat sensitif, apalagi berhubungan dengan keluarga yang sedang mengalami masalah finansial.

Sebab kita tidak pernah tahu, jika suatu saat ada keluarga Anda yang mengalami masalah keuangan dan harus meminjam dana.

Baca Juga: Mengalokasikan Gaji untuk Hobi Itu Mudah, Ini 3 Jurusnya!

Apa yang harus dilakukan saat hal di atas terjadi? Tidak perlu khawatir, ada 6 tips yang bisa diterapkan sebelum Anda meminjamkan uang kepada keluarga. Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

6 Tips Meminjamkan Uang Kepada Keluarga

1. Berpikir dengan Matang, Apakah Anda Benar-Benar Bisa Membantu Mereka?

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Dalam urusan meminjamkan uang kepada keluarga, banyak orang yang langsung berkata iya dan memebrikan uangnya. Hal tersebut banyak dilakukan karena adanya hubungan dekat dan ikatan emosional di dalam keluarga.

Hal ini tidak sepenuhnya salah, sebab yang harus Anda lakukan adalah terlebih dahulu mempertimbangkan apakah ada kegunaan lain yang sudah direncanakan untuk menggunakan dana tersebut.

Baca Juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Memberikan pinjaman dengan menggunakan dana lebih yang tidak digunakan bukanlah masalah.

Hal yang menjadi masalah adalah di saat Anda meminjamkan dana kepada keluarga menggunakan dana darurat atau dana untuk tujuan penting lainnya, misalnya dana pensiun atau dana sekolah anak-anak.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Melakukan hal di atas sangatlah tidak bijak dan sangat membahayakan keamanan keuangan Anda sendiri. Apalagi jika suatu saat pinjaman yang Anda berikan tidak kunjung dilunasi oleh mereka.


2. Jangan Memutuskan Sendiri,  Diskusilah Bersama Pasangan

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Jika Anda sudah menikah dan memiliki pasangan, maka sangat dianjurkan untuk membicarakan masalah ini dengan pasangan.

Dengan membicarakannya dengan pasangan, maka bantuan keuangan bisa Anda dapatkan dari mereka.

Baca Juga: 8 Tips Hemat Ala Seorang Perencana Keuangan

Membicarakan masalah pinjaman uang dengan pasangan sangat penting, karena hal ini bisa sangat mengganggu cadangan kas yang dimiliki.

Jika Anda tidak jujur dan berterus-terang dengan pasangan, maka masalah ini bisa sangat membebani pernikahan Anda.


3. Sebaiknya Meminjamkan Uang Sebesar yang Mampu Anda Relakan

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 3

Memberikan pinjaman kepada keluarga akan membuat Anda merasakan dilema dan sulit untuk memutuskan. Memberikan pinjaman kepada mereka sama dengan bertaruh yang artinya bisa saja uang yang dipinjamkan tidak akan kembali ke tangan Anda.

Baca Juga: Hemat! Ikut 7 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Ini

Karenanya, jangan meminjamkan uang kepada keluarga secara tunai apabila Anda benar-benar sedang membutuhkannya. Sangat disarankan agar Anda untuk memperlakukan uang pinjaman tersebut sebagai hadiah yang diberikan kepada keluarga.

Dengan cara seperti ini, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi saat mereka tidak membayar kembali uang yang dipinjamkan.


4. Buat Kesepakatan Secara Tertulis

syarat pengajuan pinjaman - syarat koperasi pinjaman meminjam uang dari koperasi

Hal ini mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal, tapi yakinlah hal ini akan sangat bermanfaat jika suatu saat Anda akan memberikan pinjaman kepada keluarga dalam jumlah besar.

Buat kesepakatan dengan keluarga yang akan meminjam tentang jangka waktu, jadwal pembayaran pinjaman, dan apa yang akan terjadi saat pinjaman tidak dibayarkan oleh mereka.

Baca Juga: Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Beberapa hal di atas akan sangat bermanfaat untuk menghindari kesalahpahaman antara Anda dan keluarga di kemudian hari.

Apalagi jika keluarga yang meminjam uang kepada Anda meninggal suatu saat dan Anda harus menagihnya ke ahli waris.


5. Ingatlah, Membantu Keluarga Tidak Selalu dengan Uang!

kebiasaan buang duit

Saat anggota keluarga ingin meminjam uang, bukan berarti Anda harus selalu memberikannya dengan mudah.

Misalnya, suatu saat ada sepupu Anda ingin  meminta bantuan untuk membayar utang mereka yang terlambat dibayar.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka

Saat hal ini terjadi, maka ada baiknya Anda mengajari mereka cara membuat anggaran yang baik dan mengelola keuangan dengan benar.

Ajarkan kepada mereka untuk selalu menyisihkan pendapatannya agar bisa berinvestasi. Yakinkan kepada mereka bahwa berinvestasi merupakan hal yang sangat penting untuk masa depan dan bisa dilakukan dengan dana yang sangat minim sekali pun.

Ajak mereka untuk berinvestasi di KoinWorks yang merupakan peer-to-peer lending dan bisa diakses di mana pun dan kapan pun.

Baca Juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Hanya dengan bermodalkan dana Rp100.000, anggota keluarga Anda bisa berinvestasi setiap bulannya dengan tingkat imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan dan juga deposito.

Dengan mengajarkan mereka berinvestasi di Koinworks, maka anggota keluarga Anda akan memiliki uang yang terus bertumbuh yang bisa mereka manfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Baca Juga: KoinWorks, Investasi Online Menguntungkan Mulai dari Rp 100.000

Cara seperti ini sangat perlu Anda lakukan, karena dengan memberikan keterampilan dalam mengelola keuangan bisa membuat mereka terhindar dari masalah keuangan di masa depan.

Dengan demikian, mereka tidak perlu lagi meminta pinjaman dari Anda dan anggota keluarga tersebut bisa mengatasi masalah keuangan yang dialami.


6. Belajar Berkata Tidak dengan Cara yang Baik

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Jika Anda dalam posisi yang benar-benar tidak bisa membantu mereka keluar dari masalah keuangan, maka belajarlah untuk mengatakan tidak. Tolak dengan baik-baik permintaan mereka.

Baca Juga: Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang, Lebih Untung Mana?

Dengan mengatakan tidak, Anda tidak perlu merasa dilema saat uang yang Anda miliki harus dipinjamkan, karena uang tersebut memang untuk keperluan yang sangat penting.

Agar tidak membuat perasaan anggota keluarga Anda sakit hati dan merasa tersinggung, maka sebaiknya rencanakan apa yang harus dikatakan kepada mereka.

Baca Juga: Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja? Simak 5 Cara Mengatasinya!

Demikianlah tips sederhana dan mudah untuk diterapkan saat ada anggota keluarga yang datang untuk meminjam dana kepada Anda. Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


  • 19
    Shares
There are currently no comments.