5 Kesalahan yang Dilakukan Oleh Karyawan yang Pensiun Dini – Bagi sebagian orang, mengambil langkah untuk pensiun dini memang tidak bisa dihindari.

Gaji kecil, hubungan dengan karyawan lain tidak baik, atasan tidak menghargai, terlalu banyak beban kerja dan lain sebagainya bisa menjadi beberapa alasan untuk pensiun dini.

Baca Juga:

https://koinworks.com/blog/strategi-untuk-pensiun-dini-di-bawah-40-tahun/

Memikirkan modal pinjaman untuk menjadi pengusaha bisa juga menjadi alasan untuk pensiun dini bagi sebagian karyawan. Namun, sebelum kamu ikut-ikutan pensiun dini, coba perhatikan 5 kesalahan berikut ini dimana biasanya dilakukan oleh karyawan yang pensiun dini.

5 Kesalahan yang Dilakukan Oleh Karyawan yang Pensiun Dini

1. Tidak Menyiapkan Keuangan

Kamu tahu bahwa pensiun dini artinya kamu tidak akan memiliki penghasilan dari pekerjaan dimana kamu akan pensiun. Artinya, kamu tidak akan memiliki penghasilan atau keuangan rutin lagi. Jika kamu tidak menyiapkan keuangan di saat masa menganggur atau sebelum mendapatkan pekerjaan baru, tentu ini adalah masalah.

Baca Juga: 5 Usaha yang Cocok Untuk Pensiunan

Kira-kira, dari mana kamu akan mendapatkan penghasilan usai pensiun dini. Hal baik jika memang setelah pensiun langsung diterima kerja di tempat lain. Bagaimana jika kalau tidak? Kalau waktu menganggur ternyata lebih lama dari yang dibayangkan sebelumnya, lalu kamu akan bagaimana?

2. Tidak Menyiapkan Langkah Selanjutnya

Pensiun dini merupakan langkah besar dalam karir kamu. Sehingga, harus dipikirkan dengan matang. Tidak sedikit karyawan yang ingin pensiun dini tapi tidak tahu langkah selanjutnya mau apa. Biasanya, ketika ditanya, ‘jika pensiun dini, nanti mau apa?’

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Sebelum Pensiun

Jawabannya adalah ‘Tidak tahu, yang penting keluar dulu’. Kondisi pekerjaan yang tidak nyaman dan alasan lain bisa menjadi sebab untuk pensiun dini walau langkah selanjutnya belum diketahui.

Namun, ini merupakan kesalahan. Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki langkah selanjutnya apakah menjadi pengusaha atau karyawan di tempat lain.

3. Pekerjaan Belum Jelas Usai Pensiun Dini

Jika pada poin sebelumnya kamu sama sekali tidak memiliki gambaran buat masa depan kamu, di sini lebih pada memiliki gambaran tapi belum jelas.

Sebagai contoh, kamu melihat ada lowongan pekerjaan di tempat lain dengan gaji yang lebih besar serta pekerjaan sesuai dengan bidang yang kamu minati.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Sebelum Pensiun

Namun, syaratnya kamu harus keluar dari pekerjaan sekarang karena tidak mungkin bekerja di dua tempat di waktu yang sama. Keputusan untuk pensiun lebih dini untuk jenis pekerjaan yang belum jelas bisa menjadi risiko dan masalah tersendiri.

4. Tidak Memotivasi Diri

Memutuskan hubungan kerja bisa membuat kamu de-motivasi. Artinya, motivasi kamu bisa saja kemudian turun drastis.

Bisa dibayangkan jika sebelumnya kamu bisa disiplin karena harus bekerja, mendapatkan training dan lain sebagainya untuk selalu optimis dan termotivasi, maka usai pensiun dini bisa jadi kamu kehilangan motivasi.

Baca Juga: Strategi Berbisnis di Masa Pensiun

Apalagi jika kemudian menyadari bahwa keputusan pensiun dini ternyata kesalahan karena pekerjaan baru tidak kunjung datang dan menjadi pengusaha pun tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Jika kondisi menganggur cukup lama, maka motivasi untuk bangkit akan hilang.

Baca Juga: Tips Menjadi Karyawan Sambil Menjalankan Bisnis

Tidak sedikit mereka yang menyesal namun tidak bisa mendapatkan pekerjaan sebelumnya dikarenakan pihak perusahaan sudah mendapatkan pengganti yang mungkin justru lebih baik dari kinerja kamu.

Maka, kehilangan motivasi bahkan untuk hidup bisa menjadi awal dari gagalnya semua mimpi.

Pada akhirnya, motivasi yang lemah akan memaksa kamu untuk menyerah dan berhenti serta menerima keadaan.

Jika begitu, selanjutnya kamu mungkin akan berpikir mau mencari jenis pekerjaan apa saja yang penting menghasilkan walau tidak sesuai dengan background dan passion. Itulah arti dari kata menyerah.

5. Tidak Meningkatkan Kemampuan dan Kompetensi

Dunia kerja memiliki ritme yang semakin cepat. Maka, dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan serta kompetensi yang tinggi pula untuk mengambilnya.

Bisa jadi, kemampuan yang kamu miliki saat ini juga belum tentu mampu untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat.

Baca Juga: 7 Penyebab Karyawan Berkualitas Mengundurkan Diri

Kamu juga tidak menyadari bahwa untuk mendapatkan posisi kamu saat ini juga cukup sulit. Maka, jika pensiun dini tapi tidak meningkatkan kemampuan serta kompetisi, kamu akan tertinggal.

Jadi, bukan hanya modal pinjaman untuk menjadi pengusaha saja yang kamu pikirkan ketika akan pensiun lebih dini melainkan juga 5 poin diatas. Bahkan, jika pun ingin menjadi pengusaha, uang pesangon yang didapatkan bisa menjadi modal sebenarnya asal kemudian kamu mempersiapkan 5 hal di atas.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.