5 Cara Mempersiapkan Keuangan Menjelang Libuan

traveling bersama teman - 9 Langkah Penghematan Saat Anda Ingin Mempersiapkan Liburan Impian - Mampukah Anda Berlibur Saat Punya Utang? Berikut Penjelasannya... - 4 Mitos Tentang Berlibur yang Harus Mulai Anda Tinggalkan - 4 Tips Supaya Bisa Menghemat Uang untuk Berlibur - mempersiapkan keuangan jelang liburan

5 Cara Mempersiapkan Keuangan Menjelang Liburan – Tidak ada yang tidak suka liburan. Bahkan kalau pun ada yang tidak suka, orang tersebut tetap akan membutuhkan jatah liburan dari kesibukannya.

Liburan, meskipun hanya untuk sekedar menikmati jeda di tengah-tengah rutinitas harian, akan sangat bermanfaat alam menyegarkan kembali pikiran.

Baca Juga: Demi Mempersiapkan Keuangan di Masa Mendatang, 18 Ceklis Ini Bisa Diterapkan Sekarang

Namun, ada kalanya seseorang ingin menikmati liburan panjang, dan tentu akan membutuhkan biaya. Demi mempersiapkan keuangan menjelang liburan, coba terapkan tips ini dan mulai persiapkan dari sekarang.

5 Cara Mempersiapkan Keuangan Menjelang Liburan

mempersiapkan keuangan menjelang liburan dengan investasi - 1

Tetapkan Anggaran Untuk Liburan

pengelolaan arus kas yang baik - keuangan menjelang liburan

Bijaklah kita ketika menetapkan anggaran untuk liburan yang telah kita rencanakan. Rencanakan dulu semua perjalanan Anda (itinerary) dan hal tersebut secara khusus akan membantu Anda menetapkan anggaran yang harus dimiliki selama perjalanan.

Baca Juga: Tips Keuangan Untuk Anak Millennial: Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan

Mulai dari estimasi biaya transportasi, penginapan, makan, trip, oleh-oleh, dan lain sebagainya

Jangan lupa juga menyiapkan dana darurat. Dengan begitu, Anda bisa membuat kondisi keuangan menjadi lebih terkendali di hari H nanti.


Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

metode pembayaran yang mudah - kartu kredit

Coba tinjau ulang rekening bank atau pun tagihan kartu kredit Anda. Untuk keperluan apa uang Anda lebih banyak dan sering terkuras?

Coba cek lagi, apakah keperluan tersebut memang menjadi prioritas atau hanya dibutuhkan sesekali nyatanya Anda lakukan dengan sering?

Baca Juga: Tips Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

Mengurangi konsumsi kopi di kafe-kafe mahal, misalnya, dapat membuat Anda berhemat dengan nilai yang signifikan. Ketimbang terus nongkrong di kafe mahal, lebih baik uangnya dijadikan anggaran untuk liburan, bukan?

Sekecil apapun uang yang bisa Anda sisihkan akan sangat penting pengaruhnya terhadap anggaran liburan Anda.


Buat Daftar Kebutuhan dan Prioritaskan

catatan keuangan - Mempersiapkan Keuangan di Masa Mendatang

Coba buat daftar kebutuhan dan urutkan berdasarkan tingkat kebutuhannya menjelang liburan, kemudan prioritaskan kebutuhan tersebut dengan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Misalnya, bila Anda masih memerlukan backpack maka Anda harus memenuhinya dulu, atau kamera, dan lain sebagainya.


Catat Pengeluaran Anda Selama Liburan

rencana keuangan

Baik menggunakan Microsoft Excel atau Google Spreadsheet atau bunga akutansi tradisional, cobalah untuk mencatat pengeluaran selama Anda menjalani liburan.

Jangan remehkan pengeluaran kecil karena efeknya akan menjadi lebih besar bila rutin dilakukan, maka dari itu, jangan lewatkan pengeluaran kecil sekalipun dari catatan pengeluaran Anda.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini, Maka Uang Anda Tidak Akan Terbuang Dengan Percuma

Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi untuk kebutuhan liburan mendatang.

Anda juga bisa menjadikannya bahan rujukan untuk mengetahui berapa total pengeluaran selama liburan dan berapa sisanya dari anggaran liburan yang sebelumnya sudah ditentukan.


Bantu Mempersiapkan Anggaran dengan Investasi

mempersiapkan keuangan menjelang liburan dengan investasi

Jangan pernah remehkan apa yang bisa terpenuhi hanya dengan berinvestasi. Bila Anda selama ini menghindari investasi karena dianggap terlalu ribet dan mahal, maka Anda ketinggalan.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Pendanaan Fintech Lending

Ada banyak instrumen investasi yang kini bisa dimulai hanya dengan Rp 100.000 dan bisa sepenuhnya dilakukan secara online.

Cobalah investasi peer to peer lending KoinWorks mulai dari Rp 100.000 dengan bunga keuntungan efektif per tahun hingga 21% per tahun.

Dengan rutin berinvestasi, Anda bisa mempersiapkan keuangan menjelang liburan, bahkan Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana untuk liburan atau pun untuk kebutuhan lain.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Dengan melakukan 5 tips di atas, Anda pun bisa mempersiapkan keuangan menjelang liburan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimana menurut Anda?


Bacaan Selanjutnya:

Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.