Kuasai 5 Keterampilan Komputer Ini Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Kuasai 5 Keterampilan Komputer Ini Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Kuasai 5 Keterampilan Komputer Ini Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja – Teknologi telah mengubah dunia bisnis saat ini, semakin banyak perusahaan yang bergantung dengan teknologi saat ini.

Hal ini membuat mereka yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang komputer sangat dibutuhkan.

Dengan keterampilan komputer yang baik, Anda juga bisa mendapatkan pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan yang layak.

Pada pembahasan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang 5 keterampilan komputer yang perlu dikuasai agar bisa bersaing di dunia kerja.

Kuasai 5 Keterampilan Komputer Ini Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Keterampilan Spreadsheet

Salah satu keterampilan pekerjaan yang paling banyak dicari di pasar tenaga kerja. Agar bisa diterima bekerja, Anda perlu memiliki kemampuan untuk menyimpan data dan mengaturnya, menerapkan rumus matematika rumit, dan lain sebagainya.

Beberapa keahlian yang diperlukan diantaranya adalah Microsoft Excel, Statistik, Sistem Manajemen Database XML, MATLAB, dan lain sebagainya.


Media Sosial, Email, dan Blogging

tren media sosial

Meskipun banyak orang yang aktif secara sosial, tetapi tidak semua orang mengetahui cara menggunakan media sosial secara profesional.

Baca juga: 7 Tindakan yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Kaya Dengan Lebih Cepat

Ada banyak sekali perusahaan yang bersedia merekrut tenaga kerja yang bisa menulis email yang menarik dan mengelola media sosial yang menarik banyak orang.

Beberapa keahlian yang setidaknya perlu Anda kuasai adalah CMS, Google Analytic, Email Marketing, WordPress, dan SEO.


Desain Grafis

7 Karakteristik Desainer Hebat yang Bisa Anda Miliki

Desain grafis memungkinkan perusahaan untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang mudah dibaca dan lebih menarik.

Tingkatkan keterampilan Anda dalam hal Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, AutoCAD, Corel Draw, dan lain sebagainya.


Software dan Hardware Developer

Software dan hardware developer berhubungan dengan merancang, menerapkan, dan menguji perangkat lunak dan keras di komputer.

Salah satu keterampilan komputer yang sangat menguntungkan dan banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda ambil pada bidang ini.

Menguasai keterampilan HTML, C++, Java, Python, UI/UX, dan SQL perlu Anda kuasai dengan baik agar bisa sukses melakukan pekerjaan ini.


IT Troubleshooting

Bekerja di bidang ini mengharuskan Anda untuk mampu menyelidiki masalah yang berkaitan dengan komputer.

Hal ini sangat penting dilakukan karena ada banyak karyawan atau mahasiswa yang bekerja dengan sistem komputer dalam kehidupan sehari-hari, tetapi bingung saat berurusan dengan program yang salah.

Beberapa keterampilan yang perlu Anda kuasai diantaranya adalah Backup Management, End User Support, Client Server Management, Tech Support, dan lain sebagainya.

Baca juga: Microsoft Educator Exchange: Sumbangsih Bill Gates Untuk Para Guru Di Dunia

Keahlian komputer apa yang paling menarik dan ingin Anda kuasai dengan baik?

Kemampuan Anda dalam bidang komputer akan memberikan Anda peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang banyak dibutuhkan di pasar tenaga kerja.

Jadi mulailah dari sekarang untuk melatih keterampilan di atas dan meningkatkannya. Menguasai keterampilan di atas tidak harus dengan mengikuti pendidikan formal, sebab ada banyak sekali kursus yang memungkinkan Anda untuk bisa menguasai keterampilan.

Namun, bagaimana dengan biayanya?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, Anda tetap bisa mengikuti kursus keterampilan dengan bantuan dana pendidikan dari KoinPintar.

Suku bunga pinjaman dari KoinPintar tidak akan memberatkan keuangan Anda, sebab suku bunga yang ditawarkan mulai dari 0,75% per bulan saja. Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan lebih lama sampai dengan 12 bulan ke depan.  

Sangat menarik bukan?

Selain untuk pendidikan non-formal, Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman dana dari KoinPintar untuk mengikuti pendidikan formal. Jadi, mulai saat ini jangan menjadikan biaya pendidikan sebagai kendala untuk tidak mengikuti pendidikan yang berkualitas.

Jangan pernah berhenti belajar!

Teruslah meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda melalui kursus, workshop, seminar, mendengarkan podcast, dan membaca buku.

Karier dan pekerjaan akan sangat sulit berkembang, jika Anda tidak mau belajar dan meningkatkan keterampilan diri menjadi lebih baik.

Semoga informasi di atas memberikan manfaat!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih