Steve Jobs memang sudah tiada. Tahun 2011 silam, ia tutup usia karena kanker pankreas yang sudah ia alami sangat lama. Tahun 2000 an, penampilannya memang sudah berbeda. Tahun 2009, ia menjalani transplantasi hati. Ya, hal itu tidak bertahan lama karena tahun 2011 menjadi tahun gelap untuk keluarganya dan pecintanya.

Sebelumnya, Steve Jobs juga pernah memberikan nasehat di depan sarjana muda, saat acara wisuda Stanford University yang merupakan salah satu sekolah bisnis terbaik di dunia. Dalam teks pidato lengkapnya, ia bercerita banyak hal dari mulai karirnya, pemecatannya, sampai dengan penyakitnya yang mengarah pada kematiannya. Semua orang yang mendengar atau membacanya, tentu merasa sangat terinspirasi. Ya, semua ini tidak bisa dilupakan karena ia merupakan innovator di bidang teknologi. Bahkan, Anda bisa saja meniru kesuksesannya dan memulai usaha dengan modal yang ada seperti halnya Steve Jobs yang tidak memikirkan pinjaman modal kerja karena percaya pada kemampuannya.

“Design is not just about what it looks like and feels like. Design is how it works.”

Artinya, desain bukan hanya tentang bagaimana ia terlihat atau terasa seperti apa. Desain adalah tentang bagaimana hal itu bekerja. Ketika merancan sesuatu, penampilan dan perasaan memang penting, tapi tentang bagaimana hal itu bekerja, tentunya itu lebih penting. Maka, jika Anda sudah terbiasa dengan iPad, Anda tidak akan merasa grogi ketika menggunakan iPhone.

“Simple can be harder than complex. You have to work hard to get your thinking clean to make it simple.”

Artinya, kesederhanaan itu bisa menjadi lebih sulit jika dibandingkan dengan hal yang kompleks. Anda harus bekerja keras agar pikiran Anda jernih sehingga bisa membuatnya lebih sederhana. Jadi, orang yang cerdas memang mampu membuat sesuatu yang tadinya sulit dijelaskan atau dilakukan menjadi lebih mudah dijelaskan atau dilakukan karena pikiran yang bersih.

“Your time is limited; don’t waste it living someone else’s life.”

Artinya, waktu Anda terbatas, jangan sia-siakan waktu Anda dengan menjadi atau menjalan kehidupan orang lain. Waktu Anda adalah untuk kehidupan Anda sendiri. Percayalah pada kemampuan diri Anda sendiri sehingga kita mampu memaksimalkan potensi dalam diri kita. Bukan memaksakan diri untuk mengikuti kemauan orang lain sehingga seakan hidup Anda tertekan atau terdikte orang lain.

“Sometimes life hits you in the head with a brick. Don’t lose faith.”

Artinya, terkadang kehidupan begitu keras memukul Anda tepat dikepala dengan batu bata. Tapi, jangan kehilangan iman. Ya, seringkali kehidupan memang memberikan pukulan sangat telak di kepala. Namun, bukan berarti Anda akan kehilangan kepercayaan. Jika Anda berpegang teguh pada keimanan dan prasangka baik akan aturan-Nya, tentu Anda akan selalu mendapatkan yang terbaik.

“Stay hungry, stay foolish” –

Artinya, teruslah lapar dan teruslah merasa bodoh. Ya, ketika Anda merasa terus lapar dan bodoh, maka Anda akan selalu berkembang. Berbeda jika Anda merasa sudah berada di atas orang lain, maka Anda akan berhenti belajar karena sudah merasa puas. Perbaikan diri bisa saja terlupakan.

“The only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do.”

Artinya, Satu-satunya cara untuk benar-benar memuaskan diri Anda adalah dengan melakukan apa yang benar-benar Anda percaya bahwa hal itu merupakan kerja yang luar biasa hebat. Dan satu-satunya cara untuk melakukan kerja yang hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda kerjakan. Tampak jelas bahwa Anda harus memulai dengan apa yang Anda sukai untuk menciptakan karya yang besar.

Ingat, karena jasanya, Apple juga selalu memberikan teknologi yang sangat mempengaruhi perkembangan teknologi di dunia. Tentu, deretan prestasi tidak bisa diungkapkan disini. Namun, ada banyak pesan yang sangat menginspirasi bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis atau bahkan untuk membuat lebih sukses lagi. Bisa jadi, apa yang Anda inginkan seperti pinjaman modal kerja untuk memulai usaha bisa dipikirkan kembali ketika membaca nasehat inspiratifnya.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.