5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kursus Bahasa Inggris – Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan yang ditetapkan berbagai perusahaan untuk para calon karyawan yang hendak melamar ke perusahaan tersebut. Sayangnya, tidak semua merasa percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Seperti yang diketahui, umumnya bahasa Inggris memiliki 4 aspek penting, yakni writing, reading, speaking, dan listening.

Bagus bila Anda bisa menguasai 4 aspek tersebut. Namun, bagaimana jika ada aspek yang tidak Anda kuasai? Mungkin, ambil kursus bahasa Inggris menjadi salah satu pilihan Anda.

Namun, sebelum ambil kursus bahasa Inggris, ada baiknya Anda mempertimbangkan 5 hal berikut ini.

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kursus Bahasa Inggris

1Tentukan Modul Apa yang Ingin Anda Pelajari

5 Cara Mempelajari Bahasa Baru 10 Kali Lebih Cepat, Tertarik Mencoba?

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari subjek ini. Hal tersebut perlu disesuaikan dengan materi yang ingin Anda dapat.

Katakanlah, Anda ingin meningkatkan kemampuan Anda dalam hal speaking. Karena itu, Anda bisa mengambil Conversation Class di mana Anda akan lebih banyak belajar praktik berbicara dalam bahasa Inggris. Sedikit saran, carilah tempat kursus yang pengajarnya merupakan foreigner.

Untuk Anda yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk tingkat lanjutan. Mengapa tidak mengambil Business English Course? Anda bisa belajar soal kosakata baru yang berkaitan dengan dunia bisnis, lho!


2Ketahui Level Anda

tulis-essay-Sudah Daftar Beasiswa LPDP 2019 Tahap 2? Ini Dia Tipsnya Agar Anda Bisa Lolos!

Ada berbagai level dalam bahasa Inggris, yang pada umumnya menggunakan skala 1 (Beginner) sampai 9 (Very Advanced). Untuk mengetahui kursus bahasa Inggris apa yang tepat untuk mempertajam skill Anda, Anda perlu mengetahui sudah di mana level Anda.

Baca juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat, Tak Perlu ke Luar Negeri!

Biasanya, Anda akan diberikan tes terlebih dahulu untuk mengetahui level Anda. Setelah Anda mengetahuinya, barulah Anda bisa memilih program kursus yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa mengikuti pembelajaran yang memang sesuai dengan kemampuan Anda.


3Ketersediaan Waktu

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! (2)

Sebelum mengambil kursus, Anda juga perlu memahami, apakah Anda memiliki ketersediaan waktu jika ingin ambil kursus bahasa Inggris?

Misalnya, apakah Anda sempat untuk mengikuti kursus bahasa Inggris sepulang kerja? Atau mungkin saat akhir pekan. Atau, apakah Anda ingin menentukan hari kursus sendiri bersama tutor secara privat?

Baca juga: Presentasi yang Baik Itu Diawali dengan 5 Tips Berikut, Sudah Menerapkannya?

Tentunya, hal ini juga mesti disesuaikan dengan ketersediaan tenaga pengajar di tempat Anda hendak mengambil kursus.


4Mampukah Jika Hanya Belajar Otodidak?

menerapkan yang dipelajari cara belajar

Jika Anda masih ragu untuk ambil kursus bahasa Inggris, Anda bisa mulai belajar secara otodidak dulu.

Anda bisa menonton film-film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle-nya, mendengarkan lagu-lagu favorit berbahasa Inggris lalu menerjemahkan liriknya, atau bisa juga belajar lewat video-video di YouTube.

Di internet, ada berbagai sumber yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan pastinya… gratis!


5Biaya Kursus yang Tidak Murah

pendapatan dari gaji - uang - Investasi Dengan Modal Rp 1 Juta - Mengumpulkan Modal Investasi - Faktor Melemahnya Rupiah - 4 Langkah Cerdas Dalam Menggunakan Uang - 5 Cara Menambah Tabungan Tanpa Gaji yang Stabil

Kursus bahasa Inggris tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika Anda mengambil les privat atau belajar dari penutur asli.

Nah, untuk Anda yang mengalami hambatan dalam masalah biaya kursus bahasa Inggris, mengapa tidak mengajukannya di KoinPintar saja? KoinPintar menawarkan alternatif pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Anda Perlu Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Ada Banyak Manfaatnya!

Untuk bahasa Inggris, Anda bisa mengambil kursus di Wall StreetEnglish First, atau lembaga kursus lainnya. Anda bisa menikmati bunga pinjaman dari KoinPintar mulai dari 0,75% per bulan.

Tertarik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda? Jangan ragu untuk mengajukannya ke KoinPintar, ya!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.