4 Kiat Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum – Saat sedang berbicara di hadapan banyak orang mungkin saja Anda akan merasakan telapak tangan berkeringat, kaku, dan merasa grogi untuk berbicara.

Hal tersebut sangat wajar terjadi, apalagi jika Anda termasuk orang yang jarang berbicara di hadapan banyak orang.

Baca juga: Gugup Saat Akan Presentasi? Ini 5 Tips Presentasi untuk Menenangkan Diri saat Tampil di Depan Umum

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kecemasan saat berbicara di hadapan banyak orang akan menghalangi Anda memberikan pidato yang bagus. Padahal di sisi yang lain berbicara di hadapan banyak orang akan memberikan kemajuan dalam karier dan pekerjaan.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kiat kepada Anda semua untuk membangun kepercayaan diri dan mengatasi perasaan takut saat berbicara di hadapan banyak orang.

Bagaimana caranya? Simak pembahasannya di bawah ini.

4 Kiat Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

1Atasi Rasa Takut yang Datang

Perhatikan jeda saat berbicara presentasi yang baik - Merasa Diri Istimewa adalah Hal yang Berbahaya! Jangan Pernah Berpikir Seperti Ini - 6 Tips Sebelum Memulai Pidato di Hadapan Banyak Orang - seminar

Daripada Anda berfokus untuk melakukan pidato yang terbaik, kami lebih menyarankan Anda untuk terlebih dahulu fokus mengatasi perasaan takut yang datang menghampiri saat akan berpidato.

Dengan kemampuan untuk mengatasi rasa takut, maka Anda bisa lebih mudah untuk memberikan pidato yang bagus.

Hal yang perlu dipahami disini adalah perasaan takut berasal dari emosional dan bukan berasal dari rasional Anda. Mulailah mengelola emosi saat Anda akan berpidato dan berbicara di hadapan banyak orang untuk mengatasi rasa takut yang dihadapi.


2Miliki Mental dan Pola Pikir yang Positif

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan diri Anda semangat dan pola pikir yang positif.

Baca juga: Introvert Tetap Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Hebat, Lakukan Langkah Sukses Berikut Ini

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan, Anda bisa melakukan meditasi, berdoa, atau sekedar mendengarkan musik. Lakukan hal yang menurut Anda paling berhasil untuk mendapatkan energi yang positif saat akan berbicara di hadapan banyak orang.

Hal lain yang perlu dimiliki adalah pemikiran yang positif. Itu artinya, jika Anda ingin menjadi seorang pembicara yang efektif, Anda harus memiliki kepercayaan diri.

Jika Anda tidak percaya dengan diri sendiri, lalu bagaimana orang lain bisa percaya dengan Anda.


3Mengatasi Ketegangan

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Jika Anda merasa tegang saat akan berbicara di hadapan banyak orang, maka gunakan teknik yang akan sangat bermanfaat untuk dilakukan.

Baca juga: Presentasi yang Baik Itu Diawali dengan 5 Tips Berikut, Sudah Menerapkannya?

Mulailah dengan mengepalkan telapak tangan dan melepaskannya, lakukan hal ini secara berulang. Cara seperti ini sangat berfungsi untuk menghilangkan ketegangan saat akan berbicara.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menghilangkan ketegangan yang ada di leher Anda. Mulailah dengan mengangkat bahu ke atas dan tahan sampai 10 detik sebelum melepaskannya.


4Teruslah Berlatih

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Tidak ada yang hebat yang tidak berlatih dan terus mengasah kemampuan mereka. Jika Anda ingin menjadi seorang pembicara yang hebat, maka latihan adalah hal mutlak yang harus selalu dilakukan untuk mengasahnya.

Anda bisa membayangkan diri sendiri saat sedang berbicara di hadapan banyak orang. Hal ini akan sangat membantu Anda merasa lebih nyaman saat berbicara dan akan meningkatkan kepercayaan diri menjadi lebih besar.

Atau Anda juga bisa memperbaiki diri dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan yang berkaitan dengan public speaking. Ikuti pelatihan berbicara di lembaga pendidikan yang berkualitas dan memiliki mentor yang luar biasa.

Baca juga: 6 Saran Agar Menjadi Pembicara Hebat yang Mengesankan

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan. KoinPintar merupakan salah satu produk pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinWorks dan bisa Anda gunakan.

Produk pinjaman dana pendidikan ini tidak akan memberatkan keuangan Anda karena suku bunga yang ditawarkan sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja, pinjaman tersebut juga bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Hal yang tidak kalah penting adalah setiap beban dan bunga yang ditimbulkan akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga tidak akan ada bunga yang berubah dan jumlah cicilan yang bertambah selama masa pembayaran.

Dengan kemudahan di atas, Anda bisa meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum menjadi lebih baik dari sebelumnya. Semoga pembahasan di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

Silahkan bertanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini, jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan topik di atas. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk untuk membantu Anda.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.