Mau Traveling? Ini 7 Biaya Liburan yang Perlu Kamu Persiapkan

Biaya Liburan

Berlibur perlu dilakukan untuk melepaskan penat dan menyegarkan kembali pikiran, setelah lelah bekerja dan beraktivitas.

Berlibur apalagi mengajak serta keluarga besar untuk pergi, setidaknya kamu membutuhkan banyak biaya untuk dipersiapkan.

Hal ini penting untuk dilakukan agar jangan sampai aktivitas liburan bersama keluarga terganggu karena biaya yang tidak dipersiapkan dengan matang.

Pada penjelasan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa biaya liburan yang perlu dianggarkan sebelum pergi berwisata.

Apa saja?


Biaya Makan

Makan merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa terelakan.

Oleh karena itu penting untuk memperkirakan anggaran yang realistis sesuai dengan kebiasaan kamu makan bersama dengan keluarga.

Kamu bisa terlebih dahulu mencari menu makanan dan restoran secara online untuk meninjau harga menu yang sesuai dengan anggaran kamu.

Dengan mengetahui harga makanan dan minuman di sebuah rumah makan, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan tempat makan yang akan dikunjungi saat liburan.

Kamu juga bisa membaca berbagai blog yang berisi tentang ulasan sebuah restoran dan pengalaman yang pernah dirasakan oleh pengunjung yang sebelumnya.

Hal ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan pilihan rumah makan yang terbaik dan sesuai dengan keinginan.


Transportasi

Transportasi menjadi biaya liburan selanjutnya yang perlu kamu perkirakan saat akan liburan bersama keluarga.

Biaya transportasi di sini meliputi biaya tiket pesawat, taksi, bis, kereta api, dan lain sebagainya.

Jika kamu berencana untuk menyewa kendaraan, jangan lupa untuk memperkirakan biaya bahan bakar.

Periksa juga apakah lokasi wisata kamu dijangkau oleh layanan transportasi online, sebab jenis transportasi ini akan sangat membantu saat liburan dengan biaya yang cukup terjangkau.


Biaya Telepon

Biaya telepon perlu kamu rencanakan untuk memberi kabar keluarga di rumah atau sekedar berbincang dengan keluarga yang jauh.

Jangan pernah melupakan anggaran biaya yang satu ini, meskipun terkesan sepele dan tidak terlalu penting.


Internet atau Paket Data

Tidak semua kota atau lokasi wisata yang kamu kunjungi menyediakan akses internet yang memadai untuk turis yang datang.

Penting untuk mulai mempersiapkan paket internet untuk mencari informasi tentang tempat wisata, menggunakan peta untuk mencari lokasi, dan berbagi momen dengan teman di media sosial.


Biaya Selama Berlibur atau Aktivitas

Aktivitas yang kamu lakukan di tempat wisata akan sangat mempengaruhi jumlah anggaran yang perlu dipersiapkan.

Rencanakan aktivitas apa yang akan kamu lakukan selama berlibur dan mulailah memperkirakan berapa jumlah biaya liburan yang akan dikeluarkan.

Jangan sampai biaya aktivitas tersebut melampaui anggaran yang sudah kamu tetapkan.


Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain di sini ada banyak sekali macamnya, meskipun nilainya kecil, kamu tetap harus memperhitungkannya dengan baik.

Pertama, biaya tarik tunai di ATM yang berbeda. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kamu menggunakan rekening dari bank daerah yang tidak memiliki jaringan atau cabang di kota lain.

Hal ini juga berlaku saat kamu pergi ke luar negeri dan membawa kartu debit ATM dari bank lokal di Indonesia.

Solusi dari masalah di atas adalah kamu bisa menarik uang dalam jumlah yang cukup besar dan sesuai dengan kebutuhan selama berlibur.

Hal ini berguna untuk menghindari biaya penarikan yang membengkak, saat kamu terlalu sering melakukan penarikan tunai di ATM.

Biaya liburan yang selanjutnya adalah biaya parkir tempat wisata yang biayanya bisa lebih besar dari tarif normal parkir.

Jika kamu membawa mobil atau menyewa kendaraan selama berlibur, mempersiapkan biaya parkir saat berwisata sangat penting untuk dilakukan.

Jangan lupa juga dengan uang tip yang harus diberikan saat kamu pergi ke beberapa tempat. Tip biasanya berlaku saat kamu menginap di hotel, makan di sebuah restoran yang berkelas, dan layanan lainnya.


Jangan Lupa Oleh-oleh

Berlibur rasanya kurang lengkap, jika kamu tidak membagi kebahagiaan dengan keluarga lain yang tidak ikut serta.

Penting untuk menganggarkan biaya membeli oleh-oleh, saat kamu akan pergi berlibur dengan keluarga besar.

Tidak perlu yang berharga mahal dan menghabiskan banyak uang, cukup beli barang yang menjadi daya tarik dan menjadi ciri khas di tempat yang kamu kunjungi.

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah dari mana mengumpulkan uang untuk berlibur?

Kamu juga bisa menghitung estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan traveling kamu nantinya dengan kalkulator simulasi biaya traveling berikut ini:

Sudah dapat gambarannya?

Nah sekarang, bagaimana caranya untuk mengumpulkan anggaran tersebut? Jawabannya cukup sederhana, yakni mulai membiasakan diri untuk berinvestasi sedini mungkin, terutama bila rencana traveling kamu masih jauh-jauh hari dari sekarang.

Dengan berinvestasi, nilai uang yang kamu tanamkan di sebuah instrumen investasi bisa bertumbuh lebih baik, dibandingkan kamu menyimpan yang tersebut di tabungan.

Saham, reksa dana, emas, obligasi dan sebagainya bisa kamu pilih. Atau, bila kamu masih ingin belajar, salah satu platform yang bisa dipilih adalah KoinWorks yang merupakan platform peer -to-peer lending

Dengan menggunakan KoinWorks, kamu bisa mendapatkan pemahaman fundamental terkait dunia investasi sembari belajar, juga berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil yang optimal dan mencapai 18% dalam setahun.

Hal yang lebih menarik lagi adalah modal untuk memulai investasi sangatlah rendah dan bisa dijangkau oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia yaitu hanya Rp100.000 saja. Sangat ringan dan terjangkau bukan?

Ditambah lagi dengan berinvestasi di KoinWorks kamu juga turut berpartisipasi mengembangkan UMKM untuk bertumbuh.

Mulai dari sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.