Mau Liburan Hemat Sesuai Budget? Ikuti Tips Berikut Ini! – Sudah mendekati akhir tahun nih, pasti Anda sudah memiliki rencana liburan bersama orang-orang terdekat.

Liburan memang pilihan yang tepat untuk melepas penat setelah sekian lama bekerja. Ingin rasanya menjauh sejenak dari hiruk pikuk dan kesibukan di perkotaan. Kira-kira itulah yang mungkin Anda rasakan saat ini.

Namun, tidak sedikit orang yang mengeluh “tidak punya uang untuk berlibur”. Kalau memang niat, Anda bisa kok menabung agar liburan Anda terwujud.

Bagi Anda yang sudah berusaha keras menabung, tapi uang yang terkumpul jumlahnya tidak banyak, Anda tetap bisa liburan kok!

Penasaran bagaimana caranya?

Simak beberapa tips liburan hemat budget di bawah ini yuk! Dijamin menguntungkan dan akan tetap terasa menyenangkan!


Mau Liburan Hemat Sesuai Budget? Ikuti Tips Berikut Ini!

1Menghindari Musim Liburan

Menghindari Musim Liburan

Tahukah Anda? Liburan di “musim liburan” justru malah merugikan Anda, lho.

Seperti saat akhir pekan, hari raya, tahun baru, dan tanggal merah lainnya. Anda akan kesulitan mencari tiket akomodasi yang harganya murah. Selain itu, harga penginapan atau hotel juga akan lebih mahal dari hari biasa.

Bahkan selain harganya yang melonjak naik, keadaan tempat-tempat wisata di lokasi liburan pasti terasa sangat ramai dan penuh sesak.

Oleh karena itu, cobalah cari jadwal liburan di hari biasa dan bukan di “musim liburan”. Sudah pasti biaya yang dikeluarkan tidak akan melebihi budget maksimal Anda.

Anda tenang, liburan Anda pun jadi lebih menyenangkan.


2Cari Penginapan dan Transportasi yang Murah

Cari Penginapan dan Transportasi yang Murah

Ketika liburan, jangan lupa mencari tempat yang nyaman untuk menginap. Pilihlah homestay yang budget-nya lebih murah dibandingkan dengan hotel mewah.

Saat ini juga sudah banyak penginapan low budget tapi masih terbilang nyaman untuk ditempati. Ditambah lagi tawaran promo dan diskon menarik yang bisa Anda gunakan untuk meminimalisir budget liburan.

Selain penginapan, Anda juga perlu mencari tiket akomodasi yang harganya murah dan aman. Berbagai platform telah menawarkan tiket akomodasi ke destinasi liburan Anda dengan promo cahsback atau potongan harga yang menggiurkan.

Pada intinya, manfaatkanlah diskon dan promo di sekitar Anda selagi itu menguntungkan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan sisa budget Anda ke hal lain yang cenderung lebih penting dan memiliki urgency lebih tinggi.


3Tentukan Destinasi Wisata yang Tepat

Tentukan Destinasi Wisata yang Tepat

Mudah dalam menentukan destinasi liburan, namun belum tentu lokasi wisata yang ingin Anda kunjungi itu sesuai dengan budget Anda.

Lakukan survei terlebih dahulu sebelum Anda menentukan. Mulai dari jarak lokasi dari penginapan Anda, apa yang bisa Anda nikmati di sana, dan berapa biaya tiket masuk tempat wisata yang diperlukan.

Jangan sampai Anda menyesali pilihan Anda sendiri, karena tempat wisata yang Anda kunjungi tidak sesuai dengan harapan. Baik dari sisi lokasi maupun budget.

Kini, sudah banyak situs travel dan mesin pencari yang menyediakan berbagai informasi tentang tempat-tempat wisata menarik.


4Nikmati Kuliner Lokal

Nikmati Kuliner Lokal

Jika tujuan Anda berlibur adalah untuk mencicipi kuliner, Anda perlu memperhatikan hal yang satu ini.

Usahakan memilih tempat makan yang letaknya di pinggir jalan. Seringkali makanan-makanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima, rasanya jauh lebih enak ketimbang yang ada di restoran.

Harganya pun cenderung terjangkau, alias murah meriah bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan. Jenis makanannya juga lebih bervariasi, cocok untuk Anda yang gemar “kulineran”.

Misalnya saja, di Yogyakarta, harga makanan di angkringan berbeda-beda. Tergantung di mana Anda membelinya.

Jika Anda membelinya di pinggir jalan yang sepi penduduk, Anda akan mendapatkan harga sangat murah. Berbeda jika Anda membelinya di pusat perkotaan, harganya tidak akan manusiawi alias mahal.

Jadi, pintar-pintarlah memilih lokasi kuliner demi mewujudkan liburan hemat budget!


5Membatasi Pengeluaran

Membatasi Pengeluaran

Tips terakhir ini penting untuk disimak.

Mulai atur budget pengeluaran sebelum Anda berlibur. Mulai dari transportasi, homestay, makan, hingga wisata. Rencanakan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Alangkah lebih baiknya, cairkan uang Anda dalam bentuk cash. Dengan begitu, pengeluaran Anda jadi lebih terkontrol dengan baik.

Serta, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui budget liburan yang tersisa di dompet Anda.

Sebaiknya, gunakan kartu debit/kredit Anda di saat-saat tertentu dan mendesak saja. Jika Anda menggunakannya sehari-hari pada saat liburan, dijamin, tanpa Anda sadari pengeluaran Anda akan membengkak.

Namun, walaupun Anda liburan tetap pastikan menyisihkan dana untuk berinvestasi. Jangan sampai, liburan jalan terus tapi Anda tidak mempunyai dana untuk masa depan.

Sebagai alternatif, Anda bisa langsung mengalokasikannya ke KoinWorks dengan tujuan mendanai.

Perusahaan fintech peer-to-peer lending ini merupakan langkah awal yang baik untuk Anda melakukan pendanaan. Karena selain mendapat imbal hasil hingga 21.32% per tahun, Anda juga turut berkontribusi mengembangkan berbagai UMKM yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk keamanannya, Anda tidak perlu khawatir. KoinWorks sudah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, ayo ikuti tips-tips di atas untuk mewujudkan liburan hemat sesuai budget! Dengan begitu, Anda juga bisa mendanai dengan menggunakan sisa budget liburan Anda. Hitung-hitung investasi untuk masa depan, lho.



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.