Home Daily Belajar Keuangan Dari Drama Korea Itaewon Class, Yuk!

Belajar Keuangan Dari Drama Korea Itaewon Class, Yuk!

Belajar Keuangan Dari Drama Korea Itaewon Class Yuk! – Apakah kamu sudah menonton Korean Drama Itaewon Class? Drama yang tayang di stasiun TV Korea JTBC dan layanan streaming Netflix ini cukup memiliki banyak penggemar lho.

Drama yang diperankan oleh Park Seo Joon (sebagai Park Sae Ro Yi) dan Kim Da Mi (sebagai Jo Yi Seo) ini berhasil mengalami kenaikan peringkat di setiap episodenya.

Puncaknya di episode terakhir, Itaewon Class berhasil meraih 16,548 persen untuk rating nasional di Korea dan 18,328 persen untuk rating di kawasan Seoul.

Lalu, apa sih yang membuat Itaewon Class menjadi viral diperbincangkan?

Itaewon Class sendiri menceritakan tentang seorang anak muda yang merupakan mantan narapidana karena meninju perundung. Ayahnya pun terbunuh dalam suatu kecelakaan.

Selama di penjara, ia bertekad untuk membalaskan dendamnya dan mewujudkan mimpi sang ayah dengan membuka kedai usaha. Kerja kerasnya membuahkan hasil dengan didirikannya franchise dengan nama perusahaan Itaewon Class.

Itaewon Class memiliki konsep dan jalan cerita yang dinilai bagus dan unik. Karena, keseluruhan cerita lebih banyak bercerita tentang realita kehidupan yang biasa terjadi di sekitar kita.

Itaewon Class juga mampu meleburkan plot twist, scene melow, lucu, dan serius di saat yang bersamaan tanpa merusak suasana hati penonton.

Tidak hanya itu, Itaewon Class juga mengajarkan beberapa nilai kehidupan bagi para penontonnya, tak terkecuali tentang finansial.

Untuk lebih lanjutnya, yuk simak pembelajaran finansial dalam K-Drama Itaewon Class ini.


Belajar Keuangan Dari Drama Korea Itaewon Class, Yuk!

1
Investasi Sejak Dini

itaewon class-keuangan

Setelah ayahnya meningga akibat kecelakaan ditabrak oleh temannya yang merupakan anak dari pemilik Jangga, saham Jangga mengalami penurunan drastis.

Sang tokoh utama, Park Sae Ro yi pun kemudian mengambil inisiatif untuk menggunakan seluruh uang kompensasi kematian ayahnya dengan melakukan investasi ke Jangga.

Saat itu, Park Sae Ro Yi sendiri adalah seorang murid SMA yang terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikan.

Dari cerita tersebut bisa disimpulkan bahwa melakukan investasi sejak dini tidak ada salahnya. Tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab seseorang enggan untuk melakukan investasi sejak dini adalah dengan terbatasnya pemasukkan.

Namun, di era teknologi saat ini, hal tersebut tentunya tidak menjadi masalah lagi. Karena kamu sudah bisa berinvestasi di berbagai macam intrumen meskipun dengan nominal yang kecil.

Salah satunya adalah KoinP2P persembahan dari KoinWorks. Di KoinP2P kamu bisa mendanai hanya dengan Rp100.000 dan mendapatkan imbal hasil mulai dari 18% per tahunnya.

Selain itu di KoinP2P kamu tidak hanya sekedar mendanai, karena kamu juga turut membantu dan memberdayakan masyarakat pembuat perubahaan sembari mewujudkan impian finansialmu sekaligus.

Kamu juga tidak perlu khawatir ketika mendanai di KoinP2P, karena KoinWorks tentunya  Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK).


2
Cari Pemasukan Tambahan

itaewon class- keuangan

Meskipun sudah melakukan investasi sejak muda, Park Sae Ro Yi juga bertekad untuk menjadikan DanBam, kedai kecil miliknya menjadi sebuah perusahaan franchise nomor satu di Korea menyaingi Jangga.

Mencari pemasukan tambahan tentunya menjadi hal yang penting. Terlebih lagi jika pemasukan yang kamu miliki cukup pas-pasan. Terdapat sebuah riset yang menunjukkan bahwa idealnya seseorang harus memiliki tiga penghasilan, yaitu penghasilan aktif, pasif, dan portofolio.

Baca juga: 5 Cara yang Bisa Dihasilkan Untuk Mendapat Uang Tambahan 

Bagi kamu yang ingin memiliki tambahan, tidak harus membuka kedai seperti Park Sae Ro Yi. Kamu cukup memanfaatkan skill yang kamu miliki. Seperti membuka jasa freelance grafis desain, penerjemah dan lainnya.


3
Merdeka Finansial

itaewon class-keuangan

Berbicara mengenai merdeka finansial tentunya akan berbeda arti dan tujuannya bagi setiap orang. Jika secara umum, merdeka finansial adalah merasa bebas dalam melakukan apapun tanpa merasa khawatir mengenai kondisi keuangan.

Salah satu tokoh dalam Itaewon Class, yaitu Oh Soo Ah teman masa remaja Sae Ro Yi mengajarkan kita tentang usahanya untuk mencapai merdeka finansial. Yang mana ia memutuskan untuk keluar dari perusahaan Jangga lalu membuka sebuah restoran.

Baca juga: 3 Tips Investasi dari Film Parasite 

Keadaan tersebut bisa dibilang sebagai bagian dari merdeka finansial lho. Lalu bagaimana dengan kamu? Apakah sudah mencapai merdeka finansial versi kamu sendiri?


4
Sukses Tidak Didapat Secara Instan

itaewon class- keuangan

Bagi penggemar drama Itaewon Class, mungkin kamu mengenal Jang Dae Hee, yang mana ia adalah musuh besar Park Sae Ro yi.

Namun, dibalik sifat liciknya tersebut, Jang Dae Hee mengajarkan kita bahwa kesuksesan tidak bisa diraih secara instan.

Jang Dae Hee menghabiskan masa mudanya untuk menghidupi adik-adiknya karena keluarganya sendiri adalah keluarga yang tergolong kurang berada.

Secara perlahan, ia membangun perusahaan mulai dari kedai yang berukuran kecil, bukan langsung mewah dan penuh saham seperti pengusaha lainnya.

Oleh karena itu, ketika ia sudah meraih kesuksesan, ia tak akan segan untuk mempertaruhkan nyawanya demi melindungi perusahaan yang sudah ia bangun dari nol.


Berikut tadi adalah empat pelajaran finansial yang bisa kamu dapatkan dari drama korea Itaewon Class.

Jika kamu ingin belajar seputar finansial, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai instrumen, baik seminar, buku ataupun film. Kamu pun bisa mendapatkan pembelajaran finansial, mulai dari investasi sampai dengan gaya hidup di sini. 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X