4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi!

dewasa muda - anak muda - remaja - anak millennial - seorang pengusaha belajar berkata tidak - 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan

4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi! – Tidak ada yang salah saat Anda melakukan kesalahan dan kekeliruan, sebaliknya hal tersebut sangat bermanfaat untuk diri Anda.

Saat membuat kesalahan, otak akan membangun jalur syaraf yang baru untuk mencegah Anda mengulangi kesalahan yang sama.

Lalu, bagaimana cara efektif untuk belajar dari kesalahan? Simak pembahasan di bawah ini.

4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan

Mencatat Kesalahan Anda

guru dan tenaga pengajar jurusan matematika - 7 Langkah Mudah Menjadi Karyawan Berprestasi

Setiap saat Anda melakukan pekerjaan untuk pertama kalinya, mulailah mencatat kesulitan yang dihadapi dan apa yang dilakukan untuk mengatasinya.

Anda bisa mencatat hal ini di kertas atau di ponsel yang dimiliki. Catatan yang dimiliki sangat bermanfaat untuk mengingatkan Anda atas kesalahan yang pernah dilakukan.


Belajar dari Kesalahan Rekan Anda

Ikatan sosial yang kuat

Jangan menunggu untuk melakukan semua kesalahan, Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dari kesalahan yang pernah dilakukan teman-teman Anda.

Perhatikan dengan cermat apa yang salah dan bagaimana cara mereka mengatasi masalah tersebut. Belajar tidak harus dengan teman yang berhubungan langsung, Anda juga bisa mendapatkan banyak pengalaman melalui internet dan forum.


Membuat Daftar untuk Diperiksa

mengasah keterampilan mengubah karir - 7 Faktor yang Mempengaruhi Peluang Promosi di Tempat Bekerja

Daftar ini akan didapatkan dari setiap kesalahan yang telah Anda catat di tahap 1 dan 2 seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Inilah saat di mana Anda mulai belajar dari setiap kesalahan yang dilakukan.

Dengan daftar kesalahan yang ada, maka Anda bisa mulai mencegah untuk melakukan tindakan yang berpotensi terjadinya kesalahan di masa depan.


Jangan Pernah Puas

seorang pengusaha belajar berkata tidak - 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan

Setelah Anda mengetahui berbagai kesalahan yang ada, maka jangan berhenti sampai disini dan berpuas diri. Hal yang perlu disadari adalah masalah bisa saja datang dari sudut yang tidak terduga.

Pembahasan di atas menunjukkan bahwa penting untuk selalu mengetahui letak kesalahan Anda. Mengetahui dan memahami setiap kesalahan secara sadar akan menyelamatkan Anda dalam jangka panjang.

Dengan belajar dari kesalahan, maka Anda bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya belajar dari kesalahan saja, Anda juga bisa meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan yang berkualitas.

Pendidikan yang kami maksudkan disini tidak hanya pendidikan formal saja, pendidikan non-formal juga penting untuk menambah keterampilan dan pengetahuan Anda.

Hanya saja, hal yang menjadi kendala dan membuat banyak orang tidak bersedia belajar dan mengikuti pendidikan adalah biaya yang mahal dan memberatkan.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar. KoinPintar merupakan produk pinjaman dana khusus pendidikan yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Prosesnya sangat sederhana. Jika pengajuan pinjaman telah disetujui, maka KoinPintar akan membayarkan biaya pendidikan secara langsung di muka kepada lembaga pendidikan terkait. Selanjutnya, Anda hanya perlu membayar biaya pendidikan tersebut dengan cara mencicil yang bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan.

Hal yang penting untuk diingat adalah suku bunga yang ditawarkan oleh KoinPintar sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. 

Semoga bisa memudahkan Anda untuk senantiasa memperbaiki diri dan menjadi sosok yang lebih baik lagi, ya!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.