9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Sudah Daftar Beasiswa LPDP 2019 Tahap 2? Ini Dia Tipsnya Agar Anda Bisa Lolos!

9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda! – Setelah Anda melewati masa pendidikan dasar sampai menengah atas, maka inilah saatnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu dengan masuk dan belajar di perguruan tinggi favorit.

Hal yang menjadi kekhawatiran banyak siswa adalah mereka merasa tidak yakin untuk bisa masuk dan belajar di perguruan tinggi favorit.

Baca Juga: Pemimpin Perlu Mengetahui 15 Cara Membangun Kepercayaan Pada Tim Kerja

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan peluang Anda agar bisa diterima di perguran tinggi.

Selamat membaca!


9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit

Lakukan Sejak Dini

Ilustrasi Biaya Pendidikan - 9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Mulai mempersiapkan sejak awal memungkinkan Anda untuk mengembangkan rencana untuk menyusun persiapan kuliah di masa depan.

Baca Juga: Jangan Panik! Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Mencari Pekerjaan

Dimana Anda bisa mulai meningkatkan nilai di setiap pelajaran, mengikuti kursus, dan mempersiapkan hal yang lainnya agar bisa lulus dengan mudah.


Kenali Diri Sendiri Dengan Baik

Yuk, Tambah Penghasilan dengan 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini - 9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Sebelum mendaftar untuk masuk ke perguruan tinggi favorit, maka Anda harus benar-benar mengetahui apa tujuan dan ambisi yang dimiliki, kekuatan yang dimiliki, dan alasan mengapa ingin menghadiri perkuliahan.

Baca juga: 6 Saran Agar Menjadi Pembicara Hebat yang Mengesankan

Hal utama yang perlu Anda lakukan saat mengenali diri sendiri adalah fokuslah pada area kekuatan yang dimiliki.


Dapatkan Dukungan dari Keluarga dan Orang Terdekat

7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga - 9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Anda bisa meminta saran dan rekomendasi dari orang tua atau saudara tentang perguruan tinggi favorit untuk Anda. Jangan khawatir dengan masalah keuangan yang sedang Anda hadapi saat ini, sebab ada banyak sekali sumber bantuan keuangan yang tersedia untuk Anda berkuliah.

Baca Juga: Menjadi Seorang Pemimpin Millenial, Berikut 4 Tips yang Bisa Dilakukan

KoinPintar merupakan salah satu sumber pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk membantu biaya perkuliahan Anda.

Tidak perlu takut dengan suku bunga yang memberatkan, sebab KoinPintar menawarkan suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Hal yang tidak kalah menarik adalah Anda bisa mencicil pinjaman dana pendidikan tersebut sampai dengan 12 bulan lamanya. Hal ini tentu saja sangat meringankan beban yang harus Anda tanggung saat akan membayar biaya perkuliahan.


Meminta Saran dengan Guru di Sekolah

Tambah Penghasilan dengan 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini - 9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Anda pasti memiliki sosok guru yang dijadikan teladan dan bisa Anda minta saran berkaitan dengan pendidikan tinggi yang terbaik. Anda bisa bertanya kepada mereka tentang tes standar yang akan dilalui, pameran perguruan tinggi favorit, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Lakukan 5 Aktivitas Ini dan Melatih Otak Menjadi Lebih Sehat

Saran yang diberikan oleh seorang guru akan sangat membantu Anda untuk menentukan jurusan perkuliahan terbaik yang akan diikuti.


Fokuslah Belajar dan Ikut Kursus Untuk Lolos di Perguruan Tinggi Favorit

9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Agar bisa lolos dan diterima di perguruan tinggi favorit, Anda harus melalui tes masuk dan berhadapan dengan siswa lain yang memiliki niat yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi.

Baca Juga: 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi!

Jika mampu mengalahkan pesaing yang ada, maka akan sangat besar kemungkinan Anda untuk diterima dan lolos di perguruan tinggi favorit tersebut.

Pertimbangkan diri Anda untuk mengikuti kursus persiapan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi favorit.


Lakukan Riset Sederhana

Kursus Bahasa Inggris - 9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Sebelum menentukan mana universitas dan perguruan tinggi favorit yang akan dipilih, sebaiknya Anda perlu melakukan riset sederhana berkaitan dengan berbagai pilihan yang tersedia.

Baca Juga: Meningkatkan Keterampilan Bisa Meningkatkan Prospek Karir Anda, Bagaimana Bisa?

Tujuan melakukan riset sederhana ini adalah untuk mempersempit daftar universitas potensial yang akan Anda pilih. Dengan demikian, saat Anda mengetahui universitas yang potensial, persiapan untuk menghadapi tes ujian masuk menjadi lebih baik.


Menghadiri Pameran Perguruan Tinggi

9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Datang dan menghadiri langsung pameran universitas memungkinkan Anda untuk bisa bertemu dengan konselor penerimaan mahasiswa baru dan membuat Anda bisa mendapatkan wawasan baru berkaitan dengan universitas yang akan dituju.

Baca Juga: Meningkatkan Keterampilan Bisa Meningkatkan Prospek Karir Anda, Bagaimana Bisa?

Selain itu, menghadiri pameran perguruan tinggi memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh tentang sebuah universitas.


Fokuslah Pada Beberapa Perguruan Tinggi yang Akan Dibidik

9 Tips Agar Bisa Diterima di Perguruan Tinggi Favorit, Wujudkan Impian Anda!

Jika Anda telah mendiskusikan akademik dan universitas dengan keluarga, guru, dan konselor pendidikan, maka inilah saatnya untuk menentukan daftar perguruan tinggi favorit yang lebih sempit.

Baca Juga: Muncul Perasaan Malas Belajar? Ini 5 Kunci yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasinya

Pilihlah universitas dan perguruan tinggi favorit yang potensial, Anda bisa menentukan universitas pilihan berdasarkan jurusan yang diminati, lokasi, dan kemampuan Anda untuk bersaing di dalamnya.


Anda Bisa Mengunjungi Perguruan Tinggi Atau Universitas Secara Langsung

Jika memungkinkan dan Anda memiliki kesempatan, tidak ada salahnya untuk datang dan mengunjungi kampus yang diinginkan secara langsung. Cara seperti ini perlu dilakukan untuk meningkatkan minat untuk bersaing dan diterima di perguruan tinggi favorit yang Anda inginkan.

Baca Juga: Jangan Menjadi Rata-Rata, Ini 3 Langkah Mengasah Keterampilan Diri

Dengan menerapkan 9 tips yang ada di atas, kami berharap Anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang diinginkan.

Hal yang tidak kalah penting adalah Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal. Sebab, KoinPintar akan membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan yang bisa dicicil sampai dengan 12 bulan lamanya. Tingkat bunga mulai dari 0,75% per bulan tidak akan memberatkan Anda untuk membayar cicilan tersebut.

Semoda berhasil mewujudkan impian dan masa depan Anda!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.