4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

bahasa tubuh keterampilan komunikasi

4 Prinsip Penting yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba! – Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam pertumbuhan, di mana dengan semakin baik Anda berbagi pesan akan semakin besar kesempatan untuk terus bertumbuh dalam karir dan pekerjaan.

Salah satu jalan terbaik agar bisa menjadi komunikator yang hebat adalah belajar untuk melepaskan kebiasaan buruk.

Baca Juga: 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup dari Gaji ke Gaji

Memperbaiki keterampilan komunikasi akan membantu Anda dalam percakapan dan kemampuan berkomunikasi di hadapan banyak orang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda tentang 4 prinsip penting agar bisa menyempurnakan keterampilan komunikasi.

Mari kita simak penjelasan selengkapnya.

4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Perhatikan Bahasa Tubuh

bahasa tubuh keterampilan komunikasi

Jika bertujuan untuk berkomunikasi agar bisa mendapatkan lebih banyak pengaruh, maka Anda harus bisa menyesuaikan kalimat yang keluar daru mulut dan bahasa tubuh. Itu artinya, Anda harus sadar bagaimana bahasa tubuh terlihat selaras dengan pesan yang disampaikan.

Lenora Billings-Harris, CSP, CPAE mengungkapkan bahwa komunikasi yang efektif jauh lebih dari sekedar kata-kata. Bahasa tubuh yang dimiliki harus sesuai dengan pesan yang akan Anda sampaikan.

Jadilah Berbeda

Jadilah berbeda keterampilan komunikasi

Agar meningkatkan keterampilan komunikasi, maka Anda harus bisa mencari area yang memungkinkan Anda terlihat berbeda. Jadilah orang yang memungkinkan Anda terlihat menonjol dibandingkan orang lain.

Komunikasi pesan yang terlihat unik dan berbeda akan mengarah pada peningkatan berbagi pesan dan juga peningkatan keinginan oleh pendengar untuk mengambil tindakan terhadap pesan tersebut.

Tidak Perlu Menjadi Orang Lain, Jadilah Otentik!

jadilah otentik keterampilan komunikasi

Banyak orang yang berkeinginan untuk meniru orang lain, karena mereka melihat sebagai komunikator yang handal. Mereka akan meniru gaya sampai gerak tubuh orang lain yang menjadikan diri mereka tidak otentik. Padahal agar bisa menjadi seorang komunikator yang handal, Anda harus bisa menjadi diri sendiri dan bersikap otentik.

Marilyn Sherman, CSP, CPAE mengungkapkan bahwa Anda boleh belajar dari yang terbaik, kemudian harus bisa menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi Diri Sendiri

Tidak perlu berusaha untuk menjadi seorang yang sempurna, namun jadilah berharga agar bisa memastikan apa yang dikatakan memiliki nilai tambah di mata para pendengar.

Fokus Pada Pendengar, Bukan Pada Diri Anda Sendiri

fokus pada pendengar keterampilan komunikasi

Jika ingin meningkatkan keterampilan komunik, maka ambil kesempatan untuk mempertimbangkan pendengar Anda.  Pendengar Anda adalah orang yang memiliki masalah dan hal itulah yang harus menjadi fokus.

Saat berfokus pada pendengar, maka pada saat itulah Anda bisa menjadi seorang pembicara yang luar biasa dan bersinar. Hal yang lebih penting adalah para pendengar lebih mungkin untuk mendengarkan, jika Anda fokus mengatasi permasalahan yang sedang mereka hadapi.

4 prinsip di atas merupakan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar bisa menyempurnakan keterampilan komunik.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Bisa Membantu Anda Menjadi Kaya dan Sukses

Selain menerapkan beberapa hal di atas, Anda juga bisa menyempurnakan keterampilan komunik dengan cara belajar dari berbagai sumber.Bisa melalui buku bacaan, mengikuti pelatihan, workshop, atau mendengarkan podcast.

Agar bisa berlatih dengan baik, kami menyarankan Anda untuk mengikuti sebuah pelatihan atau pendidikan. Hanya saja cara seperti ini mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya pendidikan yang cukup mahal.

Apa yang harus dilakukan saat tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya pendidikan tersebut?

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan, saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar. KoinPintar menawarkan pinjaman dana yang bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh KoinPintar, pertama suku bunga yang ditawarkan sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Kedua, pinjaman yang telah Anda ambil bisa diangsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Hal yang tidak kalah penting adalah setiap beban dan bunga akan diinformasikan secara transparan. Sehingga tidak akan ada beban bunga yang tiba-tiba bertambah atau jumlah cicilan yang berubah selama masa pembayaran pinjaman.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Baca Juga: KoinWorks Gandeng Binus Online Learning sebagai Produk KoinPintar

Pelatihan dan pendidikan yang berkualitas akan lebih menyempurnakan keterampilan komunik Anda.

Semoga pembahasan di atas bisa memberikan manfaat dan inspirasi.

Jika Anda memiliki banyak pertanyaan yang berkaitan dengan topik di atas, silahkan bertanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk untuk membantu Anda.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.