3 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Perubahan Karier di Usia 40 Tahun – Jika Anda berpikir bahwa perubahan karier di usia 40 tahun adalah hal yang tidak mungkin, beberapa contoh ini akan lebih membuka pikiran.

Ray Croc telah berusia 59 tahun saat ia membeli McDonald untuk yang pertama kalinya dan Sam Walton membuka Wal-mart untuk yang pertama kalinya pada usia 44 tahun.

Tidak ada yang mustahil jika Anda ingin ada perubahan karier di usia 40 tahunan. Lakukan 3 tips di bawah ini untuk perubahan karier tersebut.


3 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Perubahan Karier di Usia 40 Tahun

1Terus Membangun Jaringan

Tidak Mau Meminta Bantuan? Ubah Cara Pandang Anda dan Dapatkan Pencapaian Lebih Tinggi

Membuat perubahan karier memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Banyak sekali contoh orang yang berhasil membuat perubahan karier dan masuk ke bidang pekerjaan lain karena mereka terus membangun jaringan yang kuat.

Baca Juga: 5 Cara Mempelajari Bahasa Baru 10 Kali Lebih Cepat, Tertarik Mencoba?

Jangan meremehkan kekuatan jaringan, sebab ada banyak sekali peluang yang bisa didapatkan dari hubungan yang berkualitas.


2Memiliki Keyakinan Bahwa Itu Bisa Terjadi

terbuka dan transparan manajer inspiratif

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan banyak orang saat mereka ingin mencoba sesuatu yang baru adalah mereka tidak percaya dan tidak memiliki keyakinan yang kuat.

Jika Anda ingin memulai bisnis seharusnya tidak meminta saran dari seseorang yang tidak pernah memulai bisnis. Jika Anda tetap melakukannya,mereka akan berbicara tentang fakta bahwa sebagian besar bisnis gagal dan banyaknya resiko yang harus dihadapi.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Belajar yang Membuat Albert Einstein Menjadi Jenius

Sebaiknya Anda berbicara dengan seseorang yang telah menjalankan bisnis, maka mereka akan memberikan nasihat tentang kesulitan yang harus dihadapi dalam bisnis.

Tidak hanya itu saja, mereka juga akan memberikan nasihat tentang cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Begitu juga saat Anda ingin mengatasi rasa takut dan ragu terkait dengan perubahan karier di usia 40 tahun. Anda perlu berbicara dengan orang-orang yang telah berhasil mengelola perubahan karier dan pekerjaan.


3Jangan Takut Meninggalkan Zona Nyaman

jangan takut salah tips presentasi - 4 Langkah untuk Mengubah Stres Jadi Kesuksesan yang Luar Biasa

Saat membuat perubahan karier di usia 40 tahunan, kemungkinan besar Anda harus meninggalkan zona nyaman. Jika Anda ingin meningkatkan pengalaman dan memulai karier yang baru, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Lakukan 5 Aktivitas Ini dan Melatih Otak Menjadi Lebih Sehat

Bisa dengan menghadiri acara seminar yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan dituju atau mengikuti pelatihan pengembangan profesional yang dibutuhkan untuk masuk ke bidang pekerjaan lain.

Keahlian, sertifikasi, dan pendidikan sangat diperlukan agar Anda mampu menjalankan pekerjaan dan karier baru dengan lebih baik. Tidak harus dengan mengikuti pendidikan formal, Anda tetap bisa meningkatan keterampilan dan keahlian melalui kursus atau workshop.

Misalnya saja, Anda ingin menjadi seorang guru bahasa Inggris, maka sempatkan diri untuk mengikuti kursus bahasa asing agar Anda memiliki dasar pengetahuan untuk mengajar.

Baca Juga: Merasa Diri Istimewa adalah Hal yang Berbahaya! Jangan Pernah Berpikir Seperti Ini

Atau Anda ingin menjadi seorang make-up artist, maka sisihkan waktu untuk mengikuti kursus kecantikan dan make-up yang banyak tersedia.

Namun, saat akan mengikuti kursus atau pelatihan diperlukan biaya yang harus dibayarkan dan inilah yang menjadi kendala banyak orang.

Biaya yang mahal untuk mengikuti kursus dan pelatihan membuat banyak orang tidak bersedia mengikuti pendidikan yang bermanfaat.

Lalu, adakah solusi untuk mengatasi masalah di atas?

Tentu saja ada, Anda bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman dana khusus pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar. Pinjaman dana ini menawarkan beberapa kemudahan yang akan meringankan Anda dalam membayar biaya kursus atau pendidikan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti

Kemudahan yang pertama adalah KoinPintar menawarkan suku bunga pinjaman yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan saja.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama yaitu sampai dengan 12 bulan ke depan.

Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Kemudahan yang ditawarkan di atas dapat terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal saat akan meningkatkan keterampilan dan kapasitas diri.

Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.