5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti – Saat Anda menjadi seorang pemimpin di dalam perusahaan atau organisasi, maka jadilah seorang pemimpin yang dibutuhkan oleh tim dan bukan pemimpin yang Anda inginkan.

Ada beberapa cara yang bisa mengubah kebiasaan Anda agar bisa menjadi seorang pemimpin yang dibutuhkan tim. Bagaimana caranya?

Berikut ini 5 cara menjadi pemimpin yang dihormati, bukan pemimpin yang ditakuti.

5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti

1Tunjukkan Kepada Anggota Tim Bahwa Anda Manusia Biasa

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - Investasi Minim Risiko

Sebagai seorang manusia biasa, berbuat sebuah kesalahan adalah hal yang biasa terjadi. Hal yang penting untuk dilakukan adalah mengakui dan menyadari kesalahan yang telah diperbuat.

Mungkin saja Anda berpikir bahwa mengakui kesalahan akan membuat diri terlihat lemah dan merasa Anda tidak layak untuk berada di posisi tersebut. Padahal faktanya adalah mengakui kesalahan adalah bukti yang menunjukkan bahwa Anda mempercayai anggota tim.


2Memanfaatkan Bakat Anggota Tim yang Anda Miliki

Anda berkesempatan bertemu banyak orang kalau masuk perguruan tinggi - 7 Kiat Ini Bisa Dilakukan untuk Memulai Percakapan yang Efektif

Saat Anda mempekerjakan semua orang di dalam tim, itu artinya Anda tahu bahwa mereka cocok dengan pekerjaan tersebut.

Baca juga: 7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Seorang Supervisor Hebat, Jadilah Pemimpin yang Lebih Baik!

Bukan hanya itu saja, Anda juga menerima bahwa mereka mau melakukan pekerjaan tersebut dan mampu melakukannya. Saat Anda mempercayai sesuatu hal dengan anggota tim, maka anggota tim akan lebih mempercayai Anda.

Menjadi seorang pemimpin artinya Anda memiliki sifat kepemimpinan, dihormati, dan layak diikuti. Bukan artinya Anda harus melakukan pekerjaan seorang diri dan membiarkan karyawan tidak diberdayakan.


3Adil Kepada Semua Orang

5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti - Jangan Lengah! Ini 5 Strategi Mempertahankan Bisnis yang Makin Tumbuh

Setiap perusahaan atau organisasi pasti mempunyai prosedur atau kebijakan di dalamnya. Saat bekerja sebagai anggota tim, karyawan harus menghormati aturan yang ada di dalam perusahaan atau organisasi tersebut.

Hal yang penting untuk diingat adalah jadilah seorang pemimpin yang mampu memberikan contoh agar orang yang Anda pimpin mau mengikuti.

Jika Anda melihat ada anggota tim yang tidak datang tepat waktu atau melakukan kesalahan, maka Anda jangan sampai membiarkan hal tersebut menjadi kebiasaan.


4Persahabatan dan Profesionalisme Terpisah

perhatikan wajah dan nada bicara lawan bicara saat komunikasi saat berkomunikasi di tempat kerja

Seorang pemimpin bisa saja melakukan percakapan santai dengan anggota tim yang lain di luar jam kerja atau dalam pertemuan apapun. Hal ini sangat luar biasa dan membantu Anda membangun kepercayaan.

Baca juga: 5 Cara Mempelajari Bahasa Baru 10 Kali Lebih Cepat, Tertarik Mencoba?

Namun, Anda juga harus mengetahui kapan harus memisahkan persahabatan dan profesionalisme.

Saat ada karyawan melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu hal yang berdampak buruk pada bisnis, maka jangan sampai Anda tidak menegur mereka dengan alasan hubungan yang baik.

Ajak mereka berbicara di ruangan yang tertutup untuk membicarakan masalah yang terjadi dan jelaskan akibat buruknya terhadap bisnis.


5Semua Orang Saling Membutuhkan di Dalam Tim

Ini 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mau Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah! - membangun bisnis keluarga

Tidak ada orang yang bisa berkembang dan tumbuh seorang diri, itu artinya Anda membutuhkan anggota tim yang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tidak ada orang yang sempurna dan bisa melakukan semua hal seorang diri.

Selalu ada ruang untuk melakukan perbaikan dan prinsip inilah yang harus dipegang oleh seorang pemimpin.

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda diharapkan bisa menjadi seorang pemimpin yang layak untuk dihormati dan bukan pemimpin yang ditakuti.

Jika beberapa cara di atas dirasa masih kurang, Anda bisa meningkatkan keterampilan kepemimpinan melalui berbagai sumber pengetahuan. Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, pelatihan kepemimpinan, dan lain sebagainya.

Bukankah mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan membutuhkan biaya?

Benar, namun Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan untuk mengikuti pendidikan leadership.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan. KoinPintar menawarkan pinjaman dana pendidikan dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun

Hal yang lebih meringankan adalah pinjaman tersebut bisa diangsur sampai dengan 12 bulan ke depan.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Dengan demikian, Anda bisa mengikuti pelatihan dan pendidikan kepemimpinan dengan lebih mudah dan tidak perlu bingung dengan biaya pendidikan yang mahal.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada Anda semua!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.