7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Seorang Supervisor Hebat, Jadilah Pemimpin yang Lebih Baik! – Seorang supervisor harus memberikan dukungan kepada anggota tim, itu artinya mereka harus memahami setiap peran masing-masing karyawan dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan pekerjaan tersebut.

Supervisor hebat juga harus bisa memberikan motivasi dan memastikan anggota tim melakukan pekerjaan dengan baik untuk tujuan bersama.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Agar Anda bisa memberikan kinerja yang optimal sebagai seorang supervisor hebat, kami akan menjelaskan tentang 7 keterampilan penting yang perlu dikuasai.

Simak penjelasannya di bawah ini.


7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Seorang Supervisor Hebat

1Memiliki Sikap Proaktif

berikan penekanan pada tiap kalimat presentasi yang baik

Supervisor diperlukan oleh anggota tim agar bisa memberikan arahan dan memberikan dukungan saat ada yang salah.

Itu artinya Anda harus bisa berada selangkah lebih maju dari karyawan dan harus siap dengan instruksi dan jawaban yang tepat.

Baca Juga: Tertarik Masuk Jurusan Matematika? Berikut 6 Peluang Kerja yang Bisa Anda Dapatkan

Supervisor hebat dan proaktif selalu memiliki rencana ke depan dan memecahkan masalah dengan segera setelah mereka menemukannya.


2Kreativitas

Manfaat bahasa Inggris bagi otak

Seorang supervisor selalu ditantang dengan masalah dan sasaran baru yang harus dicapai. Dengan demikian, Anda harus bisa menjadi orang yang kreatif untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

Agar bisa menjadi supervisor hebat pemecah masalah yang kreatif, Anda harus selalu terbuka dengan ide-ide baru dan selalu berpikir tentang cara meningkatkan kinerja.


3Berpikir Cepat

Kiat memilih jurusan kuliah yang pertama adalah dengan merenungkannya baik-baik

Di dalam perusahaan akan selalu ada perubahan yang akan dihadapi dan harus ada kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, seorang supervisor hebat harus bisa menangkap ide-ide baru dan bisa dengan cepat menangani masalah yang ada.

Baca Juga: 5 Tujuan Keuangan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Keterampilan berpikir cepat bermanfaat untuk menghadapi tantangan baru dan mengatasi berbagai masalah yang muncul.


4Keahlian Teknis

tips ampuh negosiasi gaji

Supervisor hebat perlu memiliki keahlian yang baik agar bisa memastikan pekerjaan anggota tim sudah memenuhi standar yang diperlukan.

Baca Juga: 4 Masalah Pendidikan yang Banyak Dihadapi Banyak Orang, Bisakah Diperbaiki?

Supervisor hebat pasti memiliki pengetahuan teknis yang komprehensif untuk setiap bidang pekerjaan yang mereka dukung. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memiliki kualifikasi yang tepat dan berpengalaman untuk mengukur pekerjaan dari anggota tim yang lain.


5Pribadi yang Selalu Belajar

Simulasi kesehatan otak

Standar dan teknologi selalu berubah seiring waktu dan hal inilah yang mengharuskan seorang supervisor untuk terus belajar.

Keinginan untuk terus belajar akan menyegarkan pikiran Anda dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang lebih baik.

Baca Juga: Berdasarkan Penelitian Ini 5 Ciri-Ciri Orang Bodoh, Perbaiki Diri Segera!

Seorang supervisor hebat, harus bisa mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini dengan membaca studi yang berhubungan dengan bidang pekerjaan.

Selalu mengikuti pelatihan dan meningkatkan kualifikasi secara teratur. Anda juga perlu menemukan ide-ide baru yang bisa bermanfaat bagi anggota tim.


6Berkomunikasi Dengan Baik

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor

Menjadi seorang supervisor mengharuskan Anda untuk bisa mendukung anggota tim. Anda harus bisa menjelaskan kepada mereka apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan, bisa dalam bentuk nasehat, informasi baru, atau penjelasan penting.

Dalam menyampaikan semua hal di atas, Anda membutuhkan keterampilan berkomunikasi yang baik dan hebat.

Baca Juga: 5 Manfaat Pengembangan Diri Untuk Kesuksesan, Jadi Orang yang Lebih Baik!

Sebagai seorang supervisor hebat, Anda harus memastikan untuk secara teratur berbicara dengan semua anggota tim dan melakukan pertemuan dengan karyawan. Jelaskan kepada karyawan tentang masalah yang sedang dihadapi, keberhasilan yang dicapai, dan metode baru yang akan dijalankan.

Selalu bersikap mendukung kepada karyawan agar mereka bisa menghasilkan kinerja terbaik dalam pekerjaan.

Jika Anda merasa belum menguasai keterampilan berkomunikasi dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan atau pendidikan non-formal agar bisa melatih kemampuan tersebut.

Baca Juga: 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Anda bisa menyisihkan sebagian waktu dalam satu minggu untuk mengikuti kelas yang akan melatih keterampilan berkomunikasi.

Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk mengikuti pendidikan tersebut, ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. KoinPintar bisa menjadi solusi pinjaman dana pendidikan non-formal dan formal yang bisa digunakan oleh semua orang.

KoinPintar akan menawarkan pinjaman dana yang selanjutnya bisa Anda angsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Tidak perlu khawatir dengan suku bunga yang tinggi, sebab KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Baca Juga: Meningkatkan Keterampilan Bisa Meningkatkan Prospek Karir Anda, Bagaimana Bisa?

Membayar biaya pendidikan dengan cara mengangsur jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan langsung di muka.

Hal yang tidak kalah penting adalah semua biaya yang harus dibayarkan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang ditutupi. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan cicilan yang tiba-tiba bertambah atau tambahan biaya yang lainnya.


7Kemampuan Mendengarkan

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor

Seorang supervisor hebat tidak hanya berperan untuk memberi tahu apa yang dilakukan anggota tim atau menjelaskan kesalahan yang terjadi.

Anda juga harus bisa membantu anggota tim untuk memecahkan masalah dan menjadi orang yang lebih baik dalam pekerjaan mereka.

Baca Juga: 12 Keterampilan yang Perlu Diasah Untuk Mengembangkan Bisnis, Sudah Punya?

Agar bisa menjadi pendengar yang baik, Anda harus memastikan untuk bisa dengan mudah didekati oleh anggota tim yang lain. Sehingga bisa dengan mudah memahami apa yang dibutuhkan oleh anggota tim.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat agar Anda bisa menjadi supervisor hebat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.