Home » Blog » Gaya Hidup » 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

·
4 menit
investasi perkembangan perekonomian indonesia - jenis jenis saham

7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi – Mahasiswa yang belajar di jurusan ekonomi akan mengumpulkan, menginterpretasikan data, dan menggunakan rumus matematika untuk membuat suatu perhitungan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga bisa memprediksi dampak investasi, tren industri, dan kebijakan yang sudah dibuat di masa lalu.

Baca Juga: Kapan Usia yang Tepat Bagi Anak-Anak untuk Belajar Bahasa Inggris?

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa mahasiswa ekonomi mampu menganalisis masalah dan memberikan sebuah solusi atas setiap permasalahan yang terjadi.

Mereka juga memiliki kemampuan untuk menerjemahkan hal kompleks ke dalam format yang mudah dipahami oleh semua orang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 7 bidang pekerjaan yang bisa dilakukan oleh sarjana ekonomi.

Apa saja?


7 Bidang Pekerjaan Sebagai Sarjana Ekonomi

Analis Riset Pasar

ahli statistik jurusan matematika - 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Bidang pekerjaan untuk sarjana ekonomi ini mencakup penilaian bagaimana produk atau layanan bisa berjalan dalam berbagai kondisi ekonomi. Analis Riset Pasar akan mengumpulkan serta menganalisis data dan memaparkan informasi yang mudah dipahami.

Baca Juga: Belajar di Perguruan Tinggi Tidak Selamanya tentang Gaji Tinggi, Simak Alasan Berikut!

Ada banyak keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang analis riset pasar seperti penggunaan perangkat lunak, keterampilan menulis, dan statistik.

Mereka juga harus bisa berpikir kritis tentang produk dan layanan serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan pemasaran.


Konsultan Ekonomi

Mengelola keuangan - 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Konsultan ekonomi perlu menggunakan keterampilan analitis dan peneltian untuk melakukan studi tentang skenario ekonomi.

Mereka bertugas untuk menganalisis tren yang sedang terjadi dalam sebuah industri dengan tujuan membantu perusahaan meningkatkan kinerja.

Baca Juga: 7 Tips yang Bisa Diterapkan Untuk Memilih Universitas Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Ada banyak industri yang membutuhkan konsultan ekonomi, termasuk bisnis, keuangan, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan. Dan Anda sebagai sarjana ekonomi dapat memilih bidang pekerjaan ini sebagai profesi Anda.


Aktuaris

Kemampuan riset harus dimiliki setiap orang. - 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Seorang aktuaris akan menerapkan keterampilan matematika dan statistik tingkat lanjut untuk menentukan kemungkinan kejadian yang bisa diasuransikan, seperti kebakaran, kematian, penyakit, dan kegagalan bisnis.

Baca Juga: Merasa Tidak Termotivasi? Mungkin Ini Alasannya!

Mereka akan mempertimbangkan beberapa variabel saat menganalisis profil resiko untuk menetapkan struktur yang menguntungkan atas polis asuransi. Bidang pekerjaan ini juga dapat Anda pilih sebagai sarjana ekonomi.


Analis Kredit

7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru! - 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

 

Seorang Analis Kredit akan melakukan analisis mikroekonomi dari calon klien untuk menilai sebuah resiko yang terkait dengan meminjamkan dana kepada orang lain atau bisnis.

Mereka akan memperhitungkan faktor ekonomi yang akan mempengaruhi industri calon klien.

Baca Juga: Berdasarkan Penelitian Ini 5 Ciri-Ciri Orang Bodoh, Perbaiki Diri Segera!

Analis Kredit akan mempersiapkan laporan ekonomi yang merangkum temuan mereka dan menyarankan suku bunga yang sesuai dengan profil resiko seorang klien.


Analis Keuangan

7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru! - 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Analis keuangan akan membutuhkan keterampilan kuantitatif lanjutan yang dipelajari oleh para sarjana ekonomi.

Analis keuangan akan menggunakan perangkat lunak dan model komputer untuk membantu proses analis yang mereka lakukan.

Baca Juga: 5 Kiat Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Jangan Salah Menentukan Masa Depan!

Mereka akan mempersiapkan laporan dan presentasi untuk pihak pemangku kepentingan agar bisa membuat keputusan akhir tentang investasi, penawaran saham, atau akuisisi.


Analis Kebijakan

7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Analis kebijakan akan menganalisis sebuah masalah yang akan berdampak pada masyarakat dan memberikan saran kepada pemerintah untuk mengatasi sebuah masalah.

Pengetahuan ekonomi yang baik penting untuk bisa memahami banyak masalah dan menciptakan solusi yang terjangkau.

Baca Juga: Inilah Manfaat Bahasa Inggris yang Perlu Anda Ketahui!

Ilmu ekonomi yang didapatkan bisa digunakan untuk menganalisis masalah pajak atau perdagangan internasional dengan negara lain.

Seorang analis kebijakan perlu memiliki keterampilan menulis yang baik agar bisa memberikan rekomendasi kepada badan legislatif terkait temuan penelitian yang didapatkan.


Reporter Bisnis

investasi saham - menjadi investor - full time investor - investor pemula - 7 Bidang Pekerjaan yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Sarjana Ekonomi

Reporter Bisnis merupakan seseorang yang menulis atau menyiarkan berita tentang sebuah perusahaan, tren industri, pasar keuangan, dan perkembangan ekonomi yang sedang terjadi.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Reporter Bisnis, maka kemampuan menulis tentang masalah ekonomi dalam bahasa sederhana dan mudah dipahami sangat penting untuk dimiliki. Cocok juga bagi Anda sebagai seorang sarjana ekonomi.

Baca Juga: Mengatur Dana Untuk Pendidikan Anak? Ikuti Tipsnya!

Apakah Anda tertarik dengan pilihan karir di atas?

Selain 7 bidang pekerjaan di atas, sebenarnya masih sangat banyak bidang pekerjaan yang tersedia untuk seorang Sarjana Ekonomi. 7 contoh di atas merupakan beberapa bidang pekerjaan yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda semua.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa perguruan tinggi membuat Anda berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang tinggi.

Baca Juga: 6 Keterampilan Kerja yang Bisa Membantu Anda Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Jadi, mulai saat ini jangan pernah berpikir bahwa pendidikan tinggi tidak perlu didapatkan. Peluang kerja akan terbuka sangat luas bagi Anda yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan.

Hal yang menjadi masalah selanjutnya adalah biaya pendidikan sering menjadi kendala seseorang untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Padahal, saat ini sudah ada solusi praktis yang bisa membantu Anda untuk membiayai pendidikan tinggi dan mendukung cita-cita anda sebagai sarjana ekonomi.

KoinPintar menjadi salah satu platform yang menyediakan pinjaman dana pendidikan dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Hal yang menarik lainnya adalah cicilan pinjaman yang Anda ambil bisa diangsur dalam waktu 12 bulan ke depan. Hal ini tentu saja jauh lebih ringan daripada Anda harus membayar biaya pendidikan di muka.

Kami berharap penjelasan di atas bisa memberikan banyak manfaat dan menginspirasi Anda yang telah membacanya.

Jangan pernah berpikir bahwa pendidikan dan keterampilan itu tidak penting!

Semoga bermanfaat!

Wahyu Utama
Freelance Content Writer

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG