6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan – Siapa saja pasti pernah boros dalam menggunakan uang, baik sadar maupun tidak. Tapi seringnya, kesan boros melekat erat dengan wanita. Baik lajang maupun ketika sudah menjadi ibu, wanita kerap terobsesi dengan banyak hal sehingga pundi-pundi uang cepat menipis.

Wanita harus bisa mengelola keuangan karena akan berpengaruh di masa-masa berikutnya. Misalnya ketika seorang wanita sudah menikah, ialah yang akan memegang kendali atas keuangan keluarga nantinya. Ia jugalah yang akan berperan dalam mendidik anak agar mampu mengontrol keuangan, tahu bagaimana cara efektif mengendalikan keuangan.

Oleh karena itu, kemampuan untuk mengatur keuangan tentu sangatlah penting bagi setiap wanita, saat ini atau ketika sudah berkeluarga nanti. Tanpa kamu sadari, inilah berbagai kesalahan yang sering dilakukan wanita dalam mengatur keuangan:

6 Kesalahan Wanita dalam Mengatur Keuangan

1. Tidak Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran sangat penting dalam semua aspek yang membutuhkan uang, baik itu dalam skala perusahaan hingga keuangan pribadi dan keluarga. Tanpa mencatat pengeluaran, kamu tidak akan tahu ke mana saja uang kamu telah dialokasikan.

kamu pasti pernah berpikir, “kok duit yang tadi tinggal segini?” Tanpa catatan pengeluaran yang jelas kamu tidak akan tahu untuk keperluan apa saja uang tersebut telah digunakan. Hal ini jelas mengganggu keuangan.

Dengan mencatat pengeluaran, kamu akan tahu apa yang harus dikurangi dan apa yang harus diutamakan dalam kebutuhan sehari-hari, sehingga kondisi finansial kamu tetap sehat di kemudian hari.

2. Tidak Memprioritaskan Kebutuhan

Wanita lebih sering ‘latah’ dalam membelanjakan uangnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri. Jika berhubungan dengan belanja, wanitalah yang akan sangat responsif dalam menanggapinya.

Latah dalam memenuhi keinginan akan sangat mengganggu keuangan kamu.  Padahal, masih banyak sekali kebutuhan yang harus kamu penuhi sementara keuangan sudah menipis.

Agar keuangan tidak terganggu, prioritaskanlah segala kebutuhan terlebih dahulu. Sisanya bisa kamu tabung, bisa kamu investasikan, atau bisa kamu belikan berbagai keperluan lainnya.

3. Tidak Menyediakan Simpanan Cadangan

Perlu kamu ketahui bahwa setiap orang dalam berbagai keadaan haruslah memiliki simpanan cadangan. Tak terkecuali kamu. Simpanan cadangan itu nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan tak terduga lainnya, misalnya untuk memperbaiki mobil kamu yang tiba-tiba mogok dan sebagainya.

Sisihkanlah uangmu untuk keperluan ini agar simpanan cadangan ini bisa menjadi penyelamat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

4. Tidak Mempersiapkan Tabungan

Seberapa pun uang yang kamu miliki saat ini tidaklah untuk dihabiskan saat ini juga. Milikilah tabungan. Sebaiknya, bukalah sebuah rekening baru khusus untuk menabung.

Setiap kali uang yang kamu miliki tersisa, berapa pun jumlahnya, daripada kamu gunakan untuk keperluan yang tidak terlalu penting, lebih baik ditabung, bukan?

5. Tidak Digunakan Untuk Investasi

Jika menabung adalah salah satu cara mempersiapkan keuangan yang lebih mantap di hari nanti, berinvestasi bisa menjadi alternatif yang lebih baik lagi. Ketika kamu menabung, uang yang kamu simpan bersifat pasif, artinya hanya diam menganggur begitu saja.

Namun, ketika kamu berinvestasi, kamu berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi di mana kamu bisa melipatgkamukan uang hasil investasi yang kamu lakukan.

Oleh karena itu pilihlah media investasi yang cocok untuk kamu, bisa berinvestasi reksadana atau pun berinvestasi melalui KoinWorks, di mana nantinya selain mendapatkan keuntungan besar dari dana yang telah kamu investasikan sebagai pendana, kamu juga turut membantu pengembangan bisnis pengusaha lokal.

Intinya, mulailah berinvestasi untuk lebih memantapkan kondisi finansial kamu.

6. Sembarangan dalam Meminjamkannya

Pada detik ini pun ada banyak sekali orang yang membutuhkan uang di luar sana, tak terkecuali kerabat dekat atau pun keluarga kamu. Namun, jangan sembarangan dalam meminjamkan uang.

Selain kamu harus memahami dengan baik kepada siapa kamu meminjamkan uang, kamu juga harus siap bahwa uang yang kamu pinjamkan tidak akan kembali pada hari ini juga. Jadi, kamu sebaiknya tidak sembarangan dalam meminjamkan uang.

Penutup

Dengan mengetahui beragam kesalahan yang sering dilakukan wanita dalam mengatur keuangan, paling tidak kamu sekarang sadar bahwa apa yang telah kamu lakukan sebelumnya membuat keuangan kamu menjadi lebih kacau.

Pahamilah beragam kesalahan di atas dan cari cara bagaimana menghindarinya agar keuangan kamu bisa lebih teratur. Wanita harus pintar dalam mengatur keuangan ya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.