Rajin Simpan Uang Sejak Muda, Naik Gaji Setiap Bulan Pay day atau Tanggal Gajian adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua karyawan. Hal ini yang menjadi alasan banyak orang yg sudah bekerja rela bekerja lebih keras agar pendapatan bulanannya dapat bertambah.

Tetapi apakah hanya gaji yang bisa menambahkan penghasilanmu setiap bulan? Banyak kemungkinan dan kesempatan yang bisa kamu pakai sebagai sarana untuk membuat gaji kamu semakin besar dengan sendirinya. Filosofi inilah yang bisa kamu pakai untuk mencari alternatif investasi tambahan penghasilan, yang tidak hanya membuat pendapatanmu bertambah setiap bulan, tapi juga membuatmu jadi seorang Investor Muda.

Ada beberapa trik dan tips yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif investasi agar kamu yang masih muda bisa naik gaji setiap bulan dan jadi investor. Menabung atau investasi sangat baik dibiasakan saat muda, karena investasi sangat berhubungan erat dengan lama atau waktu. Nah bagi kalian yang masih muda, jangan melewatkan tips ini supaya bisa dapat gaji lebih setiap bulannya.

“Banyak kemungkinan dan kesempatan yang bisa kamu pakai sebagai sarana untuk membuat gaji kamu semakin besar dengan sendirinya.”

Tips Menambah Penghasilan Setiap Bulan

1. Kongsi bisnis dengan teman

berdiskusi tentang ide bisnis bersama teman

Berbisnis menguras sangat banyak waktu dan tenaga, biasanya sangat sulit untuk dilakukan disaat memiliki pekerjaan tetap. Namun kamu dapat mengumpulkan teman-teman sekolah atau kuliah yang memiliki misi hidup yang sama untuk menjalankan suatu bisnis.

Sebuah bisnis biasanya muncul dari ide yang dapat mencoba menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Mencari sebuah tim, membuat perencanaan finansial, sampai menjalankan bisnis itu sendiri.

Kerugian dengan kongsi bisnis adalah kamu tetap harus menyisihkan waktu yang cukup banyak dalam membangun bisnis baru ini. Apabila tidak, bisnis ini bisa saja berjalan diluar kendali kamu. Selalu berhati-hati dan banyak belajar dari pebisnis sukses lainnya.

3. Mencicil tempat tinggal dengan KPR

Berbisnis properti

Kalau kamu memiliki modal yang cukup untuk mencicil tempat tinggal, adalah suatu ide yang cemerlang. Banyak sekali pebisnis yang memulai karirnya dari bisnis Properti. Banyak orang bilang bahwa bisnis jual-beli lahan adalah bisnis yang susah rugi karena semakin lama lahan terutama di Jakarta semakin menipis dengan semakin cepatnya berkembang bisnis properti dan pembangunan dimana-mana.

Salah satu kekurangan KPR adalah down payment atau DP yang cukup tinggi, apalagi dengan ditetapkan pemerintah bahwa minimal DP bagi pembelian tempat tinggal sebesar 20%.

Salah satu trik yang baik saat memilih tempat tinggal untuk investasi adalah mencicil tempat tinggal di daerah yang sedang dikembangkan. Nilai investasi kamu akan semakin meningkat dengan seiring berkembangnya daerah tersebut. Pastikan kamu cukup jeli untuk memilih lokasi yang tepat.

3. Memberi pinjaman dengan bunga

memberi pinjaman dengan bunga

Apakah seorang rentenir adalah orang yang jahat? Tergantung dari sudut pandang kamu melihat. Kamu dapat melihat bahwa seorang rentenir bisa menjadi penyelamat bisnis orang lain. Sebagai bisnis, perputaran uang selalu menjadi masalah yang sering terjadi. Bagi bisnis yang mengalami masalah di perputaran uang, mendapatkan dana tambahan bisa menjadi penyelamat bisnisnya.

Salah satu praktik finansial terbaru adalah masuk ke ranah teknologi dengan mengacu pada proses pinjaman berbunga, yaitu Peer to Peer Lending Platform.

Berinvestasi melalui Peer to Peer Lending atau yang biasa di sebut P2P Lending dapat memberikan berbagai keuntungan selain membantu bisnis yang membutuhkan, mendapat bunga pinjaman, serta pinjamanmu dibayarkan setiap bulan agar kamu dapat melipat-gandakan investasimu. P2P Lending adalah tempat berinvestasi alternatif yang bisa kamu coba untuk menyimpan uang.

4. Membeli barang antik

mengoleksi barang antik

Bagi kamu yang suka menyimpan barang, barang antik bisa menjadi pilihan yang baik untuk melipat gandakan uang. Barang antik, selain menjadi koleksi yang menarik juga dapat menjadi penghasilan yang besar. Banyak sekali komunitas atau pengumpul barang antik yang rela membayar harga tinggi untuk barang yang kamu kumpulkan seperti uang logam, vas, lukisan, ukiran kayu, dan lainnya.

Melihat banyaknya peluang alternatif investasi yang tersedia, apakah kamu sudah siap menyisihkan sebagian gajimu untuk diinvestasikan? Sering kali terjadi saat kita ingin berinvestasi, tetapi gajimu sudah habis di awal bulan. Selain kamu tahu dimana akan menaruh  uang kamu, ikuti langkah-langkah ini untuk dapatkan hasil maksimal!

diagram alokasi gaji

1. Investasi 10%

Selalu sisihkan pertama 10% dari gajimu untuk memilih alternatif investasi yang kamu suka. Jika ada lebih dari 1 jenis investasi yang kamu ingin coba, silahkan bagi dengan rata. Masih bingung mengenai investasi yang perlu dipilih? Ikuti saran dan tips memulai investasi hanya dengan 10% gajimu dari KoinWorks.

2. Sehari-hari 40%

Atur pengeluaran makan dan kehidupan sehari-hari sampai 40% gajimu. Jangan sampai kamu kelaparan ya. Apabila kamu tidak menjaga kesehatanmu dan jatuh sakit, maka akan ada pengeluaran yang tidak terduga. Sebaiknya kamu selalu menjaga kesehatan dengan hidup sehat.

3. Tempat tinggal 15%

Tidak tinggal dengan orang tua? Sisihkan 15% saja dari gajimu untuk tempat tinggal. Hal yang paling penting perlu kamu perhatikan dalam memilih tempat tinggal adalah kebersihan. Pastikan kamu membayar untuk tempat tinggal yang bersih.

Bagi kamu yang masih tinggal dengan orang tua, ada baiknya kamu bisa menyisihkan sebagian untuk menambah alternatif investasi yang kamu gunakan.

4. Belanja 20%

Jangan buat rajin menyimpan menjadi hal yang menyiksa, sisihkan 20% dari gajimu untuk bersenang-senang seperti berbelanja. Berbelanja secara online atau offline adalah kebutuhan dari setiap manusia. Bersikap irit bukan berarti kamu jadi orang yang pelit. Irit adalah menjaga keuanganmu sesuai dengan kemampuanmu

5. Cicilan 15%

Membeli barang dengan cicilan adalah godaan yang paling sulit dielakkan. Atur cicilanmu tidak lebih dari 15% gajimu setiap bulan. Cicilan yang paling populer adalah cicilan telepon genggam, televisi, mobil atau tempat tinggal. Coba untuk selalu menyelesaikan cicilanmu terlebih dahulu sebelum mengambil cicilan baru.

Simple kan pembagiannya? Dengan membagi gaji dan investasi secara cermat kamu bisa mendapat keuntungan yang besar serta berlipat ganda.

Nah gaji kamu tidak akan pernah kekurangan dan bahkan gajimu akan semakin bertambah setiap bulannya. Kalau kamu hitung dengan benar, maka cukup dengan menginvestasikan 6% dari gaji kamu setiap bulannya, kamu bisa dapat 1 bulan gaji tambahan di akhir tahun. Bagi kamu yang penasaran simak perhitungan Sisihkan 6% gaji untuk dapatkan 1 bulan gaji tambahan. Yuk mulai membiasakan menyimpan uang sejak muda agar gaji kamu bisa naik setiap bulan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.