Bagi para pelaku usaha, belajar berbisnis atau investasi bisa dilakukan tidak hanya belajar secara formal dengan masuk sekolah bisnis, tapi bisa juga dilakukan dengan berbagai cara termasuk juga menonton TV. Menonton TV tidak hanya bersifat menghibur tetapi juga bisa memberikan informasi bahkan menumbuhkan semangat. Tentu, acara TV yang ditonton harus berhubungan dengan strategi investasi atau ilmu bisnis lainnya sehingga waktu Anda tidak akan terbuang percuma. Paling tidak, ada beberapa tontonan yang bisa dilihat bagi setiap pebisnis sebagi acuan ataupun perbandingan setiap usaha yang akan mereka lakukan.

1.) “How I Made My Millions”

Acara TV ini diproduksi oleh TV CNBC dan ada 12 episode yang bisa ditonton. Isinya sangat inspiratif bagi setiap pengusaha. Bercerita tentang orang yang biasa saja yang mulai merintis bisnisnya. Bisnis tersebut dimulai dari nol. Kemudian, ia membesarkannya bahkan hingga bernilai jutaan dolar. Contohnya, ada Maribeth Sanford. Ia membuat logo pada sebuat tas belanja. Ia memiliki kemampuan desain grafis yang unik sehingga saat ini penghasilannya bisa mencapai $ 40 juta tiap tahun.

2.) “TechStars”

Program TV ini sudah banyak dikenal luas. Dengan modal tidak terlalu besar yang diberikan oleh investor bagi perusahan startup kelas pemula, namun kemudian bertransformasi menjadi perusahaan yang menjanjikan. Acara ini bisa dilihat di Bloomberg TV. David Cohen dan David Tisch adalah pembawa acara TV ini. Pernah acara ini mendatangkan mentor bernama Dick Costollo yang merupakan CEO Twitter. Bisnis startup yang dilihat potensial kemudian bisa dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Acara ini sangat bermanfaat bagi setiap pengusaha.

3.) “This Week in Startups”

Acara TV ini disingkat dengan kata TWiST. Acara ini berisi tentang wawancara dengan berbagai perusahaan startup teknologi yang paling kontroversial. Acara ini diselenggarakan oleh CEO Malhao, Jason Calacinis dimana ia juga angel investor. Jason sudah dikenal sebagai sosok yang jujur serta tidak ragu untuk menyuarakan pendapatnya. Wawancara dengannya, walau menghabiskan waktu berjam-jam akan membuka pikiran para pebisnis tentang bagaimana menjadi seorang CEO atau investor termasuk strategi atau langkah apa yang harus diputuskan dan dilakukan dengan tepat.

Acara ini bisa dinikmati oleh siapa saja karena ditayangkan secara online di situs thisweekin.com. Setiap pengusaha, tentunya ingin menjadi investor suatu saat nanti sehingga uang yang akan bekerja untuknya.

4.) “The Office”

Setiap individu, tentunya ingin memiliki sarana dimana ia bisa menyalurkan seluruh uneg-unegnya. Walau banyak yang menilai acara ini jauh dari bisnis karena berisi sedikit tentang komedi, namun acara ini dipandang perlu karena setiap orang yang bergerak di bidang bisnis atau usaha, mereka bisa menemukan sesuatu yang bermanfaat yang bisa dikaitkan dengan diri mereka. Anda juga bisa menonton acara ini sambil bersantai di situs NBC.com.

5.) “Apprentice”

Acara ini memang sangat menarik. Donald Trump, selaku pemilik dari acara ini memberikan tantangan bagi selebriti untuk kemudian bisa bekerja di bawah tekanan di dunia bisnis. Adapun produser acara ini adalah Mark Burnett. Acara ini memang sudah mengalami dramatisasi namun bagi setiap pengusaha, masih ada banyak manfaat yang bisa diambil. Ya, bahkan ada banyak pelajaran seperti bagaimana menjalankan bisnis di bawah tekanan dimana peserta tetap dituntut professional.

6.) Shark Tank

Acara TV ini sangat luar biasa bagi mereka yang suka berinvestasi. Di acara ini dikemukakan tentang bagaimana cara berpikir dari seorang investor dunia. Para pengusaha dikumpulkan dan mempresentasikan ide bisnis mereka pada investor. Investor akan memutuskan sesegara mungkin baik untuk mengabaikan atau membiayai bisnis mereka. Acara ini juga cukup menghibur karena para investor akan terlihat begitu arogan serta ketidaktahuan para pengusaha yang baru membangun bisnis itu juga menghibur.

Tentunya, masih banyak acara TV lain yang menampilkan tentang sebuah bisnis atau investasi sehingga Anda bisa mengambil banyak pelajaran sebagai pengusaha yang ingin memulai bisnis. Ada berbagai karakter investor yang bisa membuat Anda senang atau bahkan sakit hati. Anda juga akan tahu bagaimana strategi investasi yang harus diterapkan dalam kondisi dan waktu tertentu sehingga keputusan Anda akan tepat serta tidak akan menjadi boomerang yang akan merugikan bisnis Anda.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.