Jenis dan Manfaat bunga diatas deposito – Meskipun deposito sudah ada sejak dahulu, namun masih banyak pula orang yang belum mengetahui pentingnya ataupun manfaat dari deposito.

Banyak yang mengira jika bunga diatas deposito lebih rendah ataupun sama saja dengan tabungan biasa sehingga belum banyak orang yang mau menggunakannya ataupun menginvestasikan dana yang dimiliki dalam bentuk deposito.

Padahal deposito merupakan sebuah bentuk penyimpanan yang sangat aman jauh dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya sehingga keuntungan yang diperoleh jauh lebih nyata dengan resiko kerugian yang kecil.

Meskipun sedikit lemah terhadap inflasi, namun bukan berarti inflasi akan terjadi terus menerus kepada perekonomian negara sehingga nantinya suku bungan bisa kembali dan nilai pokok Anda akan lebih aman sekaligus terjaga.

Bentuk-bentuk dari deposito juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan juga persyaratan yang disediakan oleh pihak bank sebagai berikut:

Jenis dan Manfaat Bunga Diatas Deposito

1. Rekening koran

Rekening koran adalah jenis dari deposito yang sering dijumpai di dalam bank-bank yang terdapat di Amerika Serikat.

Dalam rekening koran masih terbagi menjadi empat bagian deposito yaitu deposito antar bank. Jenis ini adalah sebuah deposito yang disimpan dengan sangat baik oleh bank yang dipilih nasabah sekaligus nasabah yang menerima dana deposito tersebut.

Ada pula tax and loan atau T and accounts. Jenis deposito ini adalah penyimpanan yang dilakukan oleh Amerika Serikat untuk bank yang melakukan perdagangan dan juga bank yang tengah dijadikan sebagai rekening pajak atau bank yang melakukan pinjaman. Oleh sebab itu, di dalam jenis deposito ini terdapat proses pembayaran pajak serta pemberian pinjaman.

Tersedia juga deposito negara dan daerah yang artinya di dalam deposito ini terdapat berbagai macam pembagian elemen politik dengan cakupan sekolah, distrik atau tempat fasilitas publik lainnya. Yang terkahir adalah deposito pemerintahan yang sering disimpan oleh firma ataupun berbagai jenis perusahaan yang memiliki landasan hukum.

2. Time deposit

Sedikit berbeda dengan jenis rekening koran, deposito inilah yang sering digunakan dalam masyarakat dan memiliki jangka waktu beraneka ragam.

Meski demikian, deposito berjangka ini mempunyai ciri-ciri umum dimana adanya kewajiban untuk membayar bunga dalam tingkat rendah karena nasabah membutuhkan jangka waktu tertentu sebelum deposito dapat kembali dicairkan.

Terdapat tiga jenis deposito berjangka yaitu deposito untuk tabungan dan buku kas, sertifikat time, dan rekening terbuka.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan membuka rekening deposito dibandingkan dengan tabungan biasa bagi para nasabah yaitu:

– Bunga deposito yang fleksibel

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh nasabah dari deposito adalah adanya fleksibilitas dari bunga deposito itu sendiri sehingga mampu memudahkan semua nasabah dan menguntungkan bagi mereka. Terdapat banyak bank yang mampu memberikan kemudahan sehingga bunga dari deposirto bisa disimpan saja ataupun disalurkan menuju rekening yang dimiliki nasabah setiap bulannya.

Hal ini memungkinkan nasabah untuk memperoleh penghasilan tambahan sekaligus membuat mereka mampu mengelola dengan baik kondisi finansialnya. Jumlah dari bunga yang disetorkan juga selalu berbeda. Semakin banyak dana yang disetorkan oleh nasabah, maka akan semakin banyak pula bunga yang akan diperoleh.

– Syarat yang lebih mudah

Manfaat lain yang munghkin diperoleh adalah syarat untuk membukanya yang lebih mudah dan tidak ribet. Syarat yang paling utama untuk membuka deposito adalah mempunyai rekening tabungan di bank, kartu identitas diri yang lengkap serta adanya materai untuk mengesahkan bukti tertulis. Bila Anda lupa untuk membawa materai, saat ini pihak bank telah menyediakannya dengan pembayaran administrasi lainnya.

– Bisa diperpanjang

Simpanan yang berbentuk deposito sangat mungkin dan bisa diperpanjang jika batas waktu telah habis atau sebelum batas waktu itu habis. Sebagai contoh jika Anda ingin deposit diperpanjang, maka Anda cukup menghubungi pihak bank yang terkait dan mengatakan maksud dari perpanjangan deposito dengan baik.

Kemudian pihak bank nantinya akan melakukan proses administrasi lagi untuk dijadikan sebagai bukti tertulis atau pencatatan guna memperpanjang deposito milik Anda.

Dengan mengetahui jenis sekaligus manfaat dari bunga di atas deposito, maka Anda bisa memilih jenis terbaik dan merasakan manfaat dari simpanan yang telah Anda lakukan untuk kebutuhan masa depan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.